Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Disclaimer Blog Bahasa Indonesia

Disclaimer adalah sebuah pernyataan kepada publik, khususnya untuk pengguna atau pengunjung pada suatu situs dan blog. Dislclaimer dibuat oleh pengembang masing-masing situs maupun blog yang kalimat nya atau isi didalamnya adalah penyataan bahwa konten yang dibuat hanya untuk informasi belaka yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sepenuhnya kepada sang penulis atau pemilik situs blog tersebut.

contoh disclaimer
Hal ini berguna untuk membuat sang penulis memiliki keringanan dari hukuman-hukuman yang yang berat dari pelanggaran tertentu. Mungkin dari gambar yang digunakan, atau konten yang kurang akurat dan tidak lengkap. Selain itu, ini mungkin bisa menjadi bahan pelindung sang penulis dari hukuman jika konten yang ditulisnya bisa menyesatkan orang lain.

Walaupun begitu, disclaimer tidak sepenuhnya dapat membuat Anda tidak bisa di hukum karena melanggar kebijakan suatu negara tertentu yang didasari oleh undang-undang. Di Indonesia ada UU ITE yang merupkan pedoman hukum negara ini, walaupun disclaimer sudah ada tetapi tidak menutup kemungkinan Anda dapat terhindar dari hukuman.

Selama konten yang dibuat tidak menyesatkan tidak masalah menurut Sepokat Indonesia, yang terpenting konten yang Anda buat bermanfaat, informatif dan relavan. Disclaimer ini bisa menutupi Anda dari hukuman-hukuman ringan, mungkin adalah penggunaan gambar yang di ambil di situs lain. Biasa Anda tidak akan dihukum sampai ke penjara, biasanya pemilik asli hanya meminta untuk menghapus gambar tersebut atau memberi sumber gambar jelas.

Disclaimer bisa juga tidak dapat berfungsi untuk melindungi Anda dari hukum, jika konten yang dibuat benar-benar menyesatkan dan merugikan pihak yang benar-benar tidak mempunyai kaitan tertentu dengan konten yang dibuat, misalnya berita hoax yang memang sengaja Anda sendiri untuk menjatuhkan pihak tertentu.

Kira-kira seperti itu yang Sepokat Indonesia paham tentang apa yang dimaksud dengan disclaimer ini. Di sisi lain, dislcaimer sering ditujukan untuk kegiatan komersial, khusus money site. Ini sangat berperang penting terhadap situs yang ingin di monetasi, misalnya dengan menjadi publisher Google AdSense.

Selain itu, disclaimer mampu memberi nilai lebih kepada situs Anda, salah satunya adalah untuk membuat situs tersebut menjadi terlihat lebih profesional. Lalu bagaimana cara membuatnya? Simak cara dibawah ini sampai habis.

Cara membuat disclaimer

Ada dua metode yang bisa digunakan untuk membuat disclaimer, yaitu membuatnya secara manual (mungkin mereferensi dari situs lain), atau dengan cara otomatis (generate menggunakan tool). 

Sepokat Indonesia membuat tutorial dengan cara generate, yang pasti otomatis tanpa berpikir. Jika Anda ingin membuat secara manual bisa juga mereferensi dari hasil disclaimer yang buat secara otomatis ini. Berikut cara lebih lengkapnya.

  1. Buka webiste Tool Dislcaimer Generator.
  2. Isi formulir informasi situs dan kontak dengan data-data yang benar.
  3. Selanjutnya klik Generated Disclaimer jika mengisi formulirnya.
  4. Buka dashboard blog Anda, masuk menu Halaman dan klik Halaman baru.
  5. Ubah mode compose menjad mode HTML, lalu tempel kode yang tadi sudah disalin.

Jika langkah di atas sudah dilakukan, sekarang tinggal berikan judul Dislcaimer pada halaman tersebut. Berikutnya hanya perlu klik publikasikan untuk menerbitkan halaman tersebut. Kalau ingin menjadi bahasa Indonesia, Anda harus membuat secara manual. Mungkin dengan mentranslate dan merapihkan tulisannya menjadi lebih benar lagi (jika ada yang salah), kira-kira hasilnya seperti berikut.

Contoh disclaimer bahasa indonesia

Dengan mengakses Blog ini, Anda dianggap telah memahami dan menyetujui semua syarat dan ketentuan yang berlaku untuk penggunaan blog ini, seperti yang tercantum di bawah ini:

Sepokat Indonesia membuat blog ini untuk belajar menulis & berbagi artikel, baik dalam bentuk pengalaman dan pemikiran pribadi atau informasi yang berguna bagi pembaca yang dirangkum dari blog / situs web lain.

Di setiap artikel ada tanggal, bulan & tahun penulisan. Informasi yang tersedia di blog ini hanya akan digunakan untuk referensi atau referensi. Sepokat Indonesia menulis berdasarkan apa yang Sepokat Indonesia ketahui hanya pada tanggal, bulan & tahun penulisan artikel.

Sepokat Indonesia tidak menjamin bahwa semua informasi yang disajikan di blog ini akurat dan lengkap sehingga Sepokat Indonesia tidak bertanggung jawab atas kesalahan dan keterlambatan memperbarui informasi, atau kerugian yang timbul dari tindakan terkait dengan penggunaan informasi yang terkandung di blog ini.

Sepokat Indonesia sangat berterima kasih jika ada pembaca yang ingin memberi tahu Sepokat Indonesia tentang artikel yang tidak diperbarui atau tidak relevan yang telah Sepokat Indonesia tulis di blog ini melalui kolom komentar.

Di blog ini ada beberapa tautan ke situs lain yang Sepokat Indonesia maksud untuk melengkapi informasi tulisan Sepokat Indonesia pada saat penulisan dan yang masih relevan pada saat itu. Karena itu, Sepokat Indonesia tidak bertanggung jawab atas konten atau perubahan pada konten situs yang Sepokat Indonesia tautkan.

Setiap pembaca blog ini diperbolehkan memberikan komentar. Dengan catatan bahwa komentar yang ditulis adalah tanggung jawab masing-masing komentator. Tulisan-tulisan di Blog ini adalah pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan dari sikap agensi atau pihak mana pun.Terima kasih telah mengunjungi Blog ini, silakan kunjungi lagi.

Nah seperti itu kira-kira hasilnya, jika masih ada yang kurang silahkan untuk di ubah atau dikreasikan sendiri oleh Anda. Jika Anda bingung untuk memilih menggunakan versi bahasa indonesia atau yang bahasa inggris, menurut Sepokat Indonesia silahkan disesuaikan dengan bahasa blog yang Anda gunakan, fungsinya agar relavan dengan bahasa pembahasan konten yang sudah dibuat.