Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Sitelink Sesuai Pedoman Google

Sitelink adalah bagian sub-page dari home page yang tampil di SERP (search engine result pages), dengan kata lain halaman-halaman atau juga artikel tampil di bawah nama situs pada hasil penelusuran di mesin pencari. Kolom kotak pencarian atau tulusuri juga termasuk sitelink.

sitelink
Sitelink merupakan hadiah dari masing-masing mesin pencari, terutama Google. Jika situs atau blog yang Anda kelola tidak mendapatkan sitelink janganlah bingung untuk mendapatkannya, disini Saya akan membagikan cara supaya situs Anda dapat sitelink yang sudah di tulis lengkap pada artikel ini.

Sitelink sangat membantu untuk membuat situs Anda agar dapat terus dipercaya kredibilitasnya oleh pengunjung. Selain itu, dengan adanya site link menandakan situs tersebut cukup SEO Friendly serta mampu bersaing di SERP dan meningkatkan lalu lintas pengunjung.

Secara khusus, sitelink ditujukan untuk membantu pengguna search engine untuk menemukan halaman yang ada pada situs yang mereka cari di search engine tersebut dengan mudah. Namun ada yang beranggapan sitelink tidak penting, kenapa begitu? Karena pada dasarnya kebanyakan orang hanya mencari informasi berupa artikel, bukan situs, benar juga sih. Tetapi menurut saya penting kok, berikut ini penjelasannya.

Kenapa sitelink itu penting?

Seperti yang tadi di bilang, ada yang mengatakan sitelink itu tidak penting dan menurut saya malah penting. Kok bisa berbeda pendapat gitu sih? Ya wajar saja, mungkin yang bilang tidak penting adalah mereka yang hanya fokus terhadap artikel-artikel mereka, bukan situsnya.

Sedangkan, menurut saya sitelink merupakan salah satu tanda keberhasilan pengembang situs dalam mengotimalkan situsnya di mesin pencari. Jadi, itu menurut saya penting, karena sitelink yang ada pada mesin pencari mampu menjadi navigasi instan yang bisa langsung dibuka melalui mesin pencari tanpa harus membuka halaman beranda situs tersebut terlebih dahulu.

Kalau tidak penting kenapa perusahaan sebesar Google menyediakan fitur sitelink untuk mesin pencarinya? Apa hanya karena iseng? Kan tidak mungkin seperti itu. Jadi intinya sitelink sangat penting, yakni untuk memperjelas navigasi dari sebuah situs. Dengan begitu, ini akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi pada situs yang bersangkutan.

Apa fungsi sitelink yang sebenarnya?

Ternyata sitelink tidak hanya berperan untuk membuat navigasi situs mudah di jangkau oleh pengunjung dari mesin pencari saja, melainkan masih ada banyak lagi fungsi yang hampir sama pentingnya dengan dengan hal yang sudah di tulis sebelumnya di atas. Berikut dibawah ini adalah fungsi sitelink lainnya.

  • Meningkatkan CTR (click through rate)
  • Mencakup SERP yang lebih luas
  • Membangun sebuah nama, bisa disebut reputasi
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung

Itu dia fungsi-fungsi sitelink yang mungkin sebelumnya tidak diketahui oleh banyak orang. Dengan demikian saya rasa Anda sudah mengerti apa itu sitelink dan kemampuannya secara lengkap. Sekarang waktunya Anda untuk mendapatkan itu, silahkan baca cara dibawah ini sampai habis untuk mendapatkan sitelink yang seperti Anda inginkan.

Cara mendapatkan sitelink

Sitelink tentu saja tidak bisa Anda dapatkan secara manual, dengan kata lain klik-klik langsung jadi. Seperti yang saya bilang di awal, sitelink merupakan hadiah dari masing-masing mesin pencari. Jadi sitelink diberikan secara otomatis oleh mesin cari dengan alasan yang tidak bisa dianggap mutlak. Dengan kata lain, mesin pencari tidak memberitahukan secara pasti mengapa sebuah situ bisa memiliki sitelink di hasil penelusuran mesin pencari.

Banyak pakar SEO yang berkata bahwa sitelink diberikan kepada situs yang sudah memiliki banyak pengunjung, memiliki umur yang sudah tua, dan mempunyai banyak konten bermanfaat di dalamnya. Tetapi disini saya akan memberi cara lebih dari itu, mungkin cara ini bisa jadi lebih cepat dibandingkan seperti yang oleh kebanyakan pakar SEO. Sebut saja ini cara singkatnya, silahkan praktekkan cara-cara dibawah ini untuk membantu situs Anda memiliki sitelink.

Gunakan template yang SEO Friendly

Cara yang paling ringan untuk dilakukan adalah mengganti template yang kurang SEO Friendly dengan template yang lebih SEO Friendly lagi. Ini merupakan syarat utama sebelum syarat-syarat selanjutnya. Jika template yang digunakan tidak SEO Friendly maka akan percuma saja, sitelink akan tampil.

Anda bisa menggunakan template pihak ketiga yang sangat berkualitas dan yang pasti SEO Friendly dengan cara mencari-cari di google dengan kata kunci “template blogger seo friendly” untuk menemukannya. Sayangnya rata-rata template tersebut berbayar, alias tidak gratis. Anda bisa mengganti kata kunci pencarian dengan “template blogger gratis seo friendly”, ya terserah bagaimana cara Anda menemukannya, judulnya yang penting SEO Friendly.

Membuat halaman penting

Selanjutnya adalah membuat halaman penting seperti Contact Us, About, Privacy Policy, Disclaimer dan semacamnya. Ini sangat diperlukan untuk membuat situs Anda mendapatkan kepercayaan lebih di mata pengunjung, utamanya untuk mesin pencari agar mendapatkan sitelink. Sitelink merupakan indikator bahwa situs Anda mungkin bisa dipercaya. Samanya dengan halaman penting seperti yang telah saya sebut di atas, itulah alasan saya untuk menganjurkan membuat halaman tersebut.

Buat sistem navigasi yang baik dan benar

Template yang SEO Friendly dan halaman penting tidak cukup untuk menutupi bahwa Anda akan mendapatkan sitelink dengan mudah. Bayangkan saja bagaimana mesin mencari melacak halaman Anda yang akan di tampilkan di mesin pencari untuk dijadikan sitelink jika sistem navigasi tidak beraturan. Pasti mesin pencari tersebut tidak memberikan Anda sitelink dengan alasan sistem navigasi tidak benar, alias ngawur.

Tips dari saya dalam membuat navigasi yang baik dan benar, yaitu dengan membuatnya tersusun secara rapih dan mudah untuk digunakan. Anda bisa membuat menu kategori di bagian atas (header) pada blog, kemudian letakkan halaman penting pada bagian bawah (footer) blog, dan yang terakhirnya adalah tidak memasang widget secara berlebihan.

Buat konten yang berkualitas

Perhatikan konten yang telah Anda buat selama ini, apakah kualitasnya baik atau tidak. Algoritma mesin pencari pada zaman dulu dengan yang sekarang itu berbeda, mungkin dulu backlink adalah faktor terpenting, tetapi sekarang kualitas adalah hal utamanya.

Jika Anda berhasil membuat konten yang berkualitas, konten tersebut sudah dipastikan akan tampil pada halaman pertama hasil penelusuran di mesin pencari. Itu bisa membangun sebuah kepercayaan kepada blog atau situs Anda, bukan hanya pada artikelnya saja. Dengan begitu konten yang berkualitas akan mendorong Anda untuk mendapatkan sitelink.

Rutin posting konten

Jika keempat langkah di atas sudah dijalankan, waktunya tinggal terus membuat konten. Mungkin Anda bisa membuat satu konten perhari untuk membantu membangun sitelink dalam waktu singkat. Bisa saja Anda mendapatkan sitelink walau tidak membuat postingan secara rutin, namun dengan begitu pasti akan lama untuk memperolehnya, jadi memposting konten secara rutin adalah untuk mempercepatnya saja.

Memang memposting artikel yang secara rutin adalah hal yang cukup berat untuk dilakukan, apa lagi harus membuat artikel yang memiliki kualitas yang sangat tinggi. Mungkin tidak cukup 1 atau 3 jam, bisa-bisa mencapai 8 jam hanya untuk membuat 1 artikel yang berkualitas, bagaimana harus ditambah dengan membuat postingan secara rutin?

Rutin yang saya maksud disini bukanlah membuat artikel sebanyak-banyaknya untuk setiap hari, tetapi maksudnya adalah konsisten untuk terus membuatnya. Misalnya selama seminggu boleh memposting empat artikel, atau bahkan satupun tidak jadi masalah. Yang terpenting untuk tetap terus membuat artikel dengan teratur dan terjadwal, jangan serentak 10 artikel 1 hari dan meninggalkannya begitu saja berbulan-bulan, itu salah.

Jika sudah menerapkan cara di atas maka tidak akan lama lagi sitelink akan menghampiri situs Anda. Biasanya sitelink akan muncul setelah 1 bulan jika Anda sudah benar-benar menerapkan cara di atas, itu berdasarkan pengalaman saya saat memulai membangun blog yang sedang Anda baca ini. Kalau sitelink tidak kunjung muncul gimana? Coba baca lagi sampai habis artikel ini ke bawah.

Hal yang menyebabkan gagal mendapatkan sitelink

Apakah situs Anda tidak pernah mendapatkan sitelink? Padahal situs tersebut sudah dikelola selama berbulan-bulan atau bahkan sudah bertahun-tahun. Ada beberapa faktor yang membuat situs Anda tidak kunjung mendapatkan sitelink, diantaranya adalah dibawah ini.

Nama situs menggunakan kata kunci konten

Jika nama situs maupun blog dan alamat url-nya menggunakan kata kunci konten yang sering di caring orang, tentu saja Anda tidak akan pernah mendapatkan sitelink sampai kapan pun. Contohnya jika Anda membuat situs, lalu memberi nama situs tersebut “tutorial blog” dan memberi alamat url-nya “tutorial.blog” itu salah.

Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan sitelink sampai kapanpun, sebab banyak orang-orang akan mencari artikel “tutorial blog”, bukan situs Anda. Jadi, “tutorial blog” seharunya untuk nama atau judul konten, jika digunakan untuk alamat domain ataupun nama situs itu salah besar. Jadi cobalah untuk membuat nama situs yang unik, yang bisa jadi brand.

Belum mendaftar ke Search Console atau Webmaster

Yang satu ini biasanya sering terjadi pada orang-orang yang baru saja terjun dalam dunia blogger. Banyak blogger pemula yang belum mengetahui mendaftarkan ke webmaster itu penting. Sama seperti saya dulu, waktu itu saya berfikir blog saya dan isinya akan tampil di Google dengan sendirinya, padahal itu salah jika Anda berniat ingin menjadikan blog tersebut money site (menghasilkan uang dari situs/blog).

Pastikan Anda sudah mendaftarkannya ke webmaster atau search console, Anda bisa mendaftarkannya di berbagai mesin pencari. Jika ingin mendapatkan sitelink di google, maka Anda bisa mendaftarkan blog/situs miliki Anda terlebih dahulu ke Google Search Console.

Situs melanggar peraturan dan pedoman Webmaster

Pelanggaran ini juga sering dilakukan oleh blogger pemula, dimana mereka sering membagikan produk berlisensi (berbayar) secara gratis kepada publik. Hal itu jelas-jelas melanggar peraturan dan pedoman webmaster, situs yang membagikan produk berbayar secara gratis akan di black list oleh mesin pencari.

Copy paste atau mrnduplikat konten orang lain bisa juga jadi pemicu situs Anda tidak akan pernah diberikan site link, pasalnya situs tersebut sudah rentan akan terkena hukuman sandbox. Contoh hukumannya seperti pada paragraf di bawah ini.

Ada banyak sekali hukuman yang bisa didapat jika Anda melakukan hal seperti contoh kasus di atas, mulai dari hilangnya artikel dari mesin pencari, hilangnya keberadaan situs di mesin pencari, dan penghapusan artikel secara permanen (jika Anda pengguna hosted).

Selain itu, kegiatan rewrite atau spinner artikel jika menjadi salah satu pelanggaran peraturan dan pedoman webmaster. Ini akan menghambat tumbuh kembang situs Anda miliki, contohnya untuk mendapatkan sitelink.

Nah itu dia cara mendapatkan sitelink, Saya rasa Anda benar-benar sudah mengetahui dan menguasai cara yang sebenarnya untuk mendapatkan sitelink. Jangan karena tidak kunjung mendapatkan sitelink menjadi alasan Anda untuk berhenti ngeblog ya, ini khusus untuk blogger. Sitelink tidak terlalu masalah jika blog Anda benar-benar ramai dikunjungi, yang penting visitor ada dan monetasi berjalan lancar.