Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Blog di Copas Semua (Terkena AGC)

AGC adalah singkatan dari Auto Generated Content yang merupakan salah satu trik untuk mendapatkan konten atau postingan artikel secara instan dari salah satu blog yang diinginkan oleh pelaku AGC tersebut. Bukan hanya judul nya yang sama, tetapi isinya pun sama.

copyright
Mungkin salah Anda blogger yang sedang membaca di blog ini adalah salah satu korban dari pelaku pembuat blog auto generated content. Rasanya sangat mengesalkan melihat konten-konten di blog kita di ambil begitu saja oleh orang lain. Lalu bagaimana cara pelaku tersebut dapat mengambil konten di blog milik orang lain? Apakah dia hanya menyalin lalu menempel?

Biasanya para pelaku pencuri artikel ini melakukan aksinya dengan memanfaatkan fitur mempublikasikan otomatis atau import konten yang tersedia di blogger. Dengan bantuan website pembaca format umpan yang sering di sebut RSS reader atau agregator untuk mengirimkan umpan dari blog korban ke blog miliknya, dengan begitu mereka dapat dengan mudah memiliki konten yang sama dengan blog korban tanpa harus copy paste.

Dengan adanya AGC dapat memberi dampak buruk, yaitu blog korban memiliki konten yang sama dengan blog AGC pelaku. Hal ini menyebabkan duplikat konten yang sangat berdampak buruk terhadap reputasi blog. Blog Anda yang telah berhasil di ambil konten-nya oleh sang pelaku AGC biasanya ketika Anda sedang mencari judul artikel blog Anda di mesin pencari akan terdapat 2 konten yang sama, contohnya seperti gambar yang diatas tadi.

Selain itu dampak buruk lainnya, yaitu turunnya lalu lintas pengunjung di blog korban. Hal ini tentu saja bisa menurunkan traffic pengunjung blog, bayangkan bila seseorang sedang mencari konten dengan kata kunci “Topik blog yang paling banyak dikunjungi” di mesin pencari ternyata terdapat 2 konten yang sama, lalu yang dipilih untuk di kunjungi oleh orang tersebut adalah konten yang berasal dari blog AGC, bagaimana? Ini benar-benar sangat berpengaruh menurunkan visitor blog Anda.

Ada lagi dampak buruk yang benar-benar sangat negatif untuk blog korban. Yaitu turunnya penghasilan blog, apabila pengunjung blog berkurang, maka penghasilan pun akan berkurang. Ini sungguh disayangkan apa bila Anda sudah berhasil memonetasi blog dengan Google AdSense untuk dapat menayangkan iklan di blog milik Anda.

Mungkin Anda bertanya-tanya “lalu bagaimana cara mengatasi hal ini kalau Sepokat Indonesia sudah menjadi korbanya?” Eits santai, Anda bisa menghancurkan atau menghapus konten yang berada di blog AGC itu dengan melaporkannya ke Google DMCA Complaints. Untuk cara lebih lengkapnya dibawah ini.

Mengatasi blog yang di Copas / AGC

Salah satu cara terbaik mengatasi blog yang sudah terkena Auto Generated Content adalah dengan melaporkan artikel-artikel yang sama pada blog AGC tersebut ke Google DMCA Complaints. Guna dari melaporkan ini adalah untuk menghapus artikel blog AGC dari mesin pencarian Google dan bahkan ini juga ampuh membuat vendor (blogger) menghapus artikelnya atau menjadikan kembali ke draft. Berikut dibawah ini cara melaporkannya.

  1. Buka website penghapusan hak cipta dan klik buat pemberitahuan baru.
  2. Lengkapi informasi kontak sesuai dengan data diri dan nama perusahaan bisa diganti nama blog.
  3. Isi form karya berhak cipta Anda, disini Anda diminta isi artikel dan url blog yang bersangkutan.
  4. Ceklis, periksa, dan konfirmasi pernyataan tersumpah dan isi tanda tangan dengan nama lengkap.
  5. Terakhir tinggal verifikasi reCAPTCHA dan klik kirim.

Jika sudah Anda tinggal menunggu waktu penghapusan artikel di blog AGC tersebut. Biasanya proses ini membutuhkan waktu hingga beberepa hari atau bahkan minggu. Selanjutnya ada beberapa tips nih yang harus dilakukan agar blog Anda tidak terkena AGC lagi, berikut selengkapnya.

Tips agar blog terhindar dari AGC / di copas

Jika Anda tidak ingin mendapatkan dampak-dampak buruk yang disebabkan oleh blog Auto Generated Content seperti yang telah Sepokat Indonesia sebut di atas pada awal pembukaan artikel ini, maka Anda bisa menerapakan cara-cara dibawah ini yang memang sudah terbukti ampuh agar blog tidak terhindar dari pelaku Auto Generated Content tersebut.

Batasi umpan blog menjadi singkat

Untuk mencegah blog kita agar tidak menjadi korban auto generated content ini dapat dilakukan dengan cara membatisi umpan pada blog kita, Dengan merubah umpan blog menjadi singkat dapat mencegah orang lain untuk mengambil konten dari blog kita. berikut dibawah ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke blogger
  2. Masuk ke setelan > lainnya
  3. Ubah izinkan umpan blog menjadi singkat

Ketika umpan blog di ubah menjadi singkat maka ketika pelaku auto generated content mencoba mengambil artikel dari blog kita maka artikel yang didapatnya hanya tampil sampai 400 karakter pertama saja. Jadi pelaku auto generated content tersebut tidak akan mengambil konten artikel blog kita, karena konten yang di dapatnya tidak menyeluruh dari awal sampai akhir.

Membuat link internal di dalam postingan blog

Anda cukup mentautkan beberapa link di dalam postingan yang menuju ke blog Anda sendiri. Ini berguna ketika sang pelaku AGC mengambil konten blog Anda maka link-link yang terdapat di postingan tersebut akan menuju ke blog Anda. Positifnya Anda akan mendapatkan traffic dari blog auto generated content yang telah mengambil konten dari blog Anda.

Gunakan gaya bahasa yang memiliki ciri khas dalam membuat artikel

Usahakan untuk menggunakan gaya bahasa sendiri dalam membuat artikel pada blog. Anda bisa menyelipkan “nama blog” sebagai kata pengganti “Saya” di dalam konten yang akan dibuat. Dengan begitu artikel yang dibuat akan memiliki gambaran atau ciri khas yang menandakan bahwa artikel tersebut adalah tulisan Anda.

Gunakan watermark pada gambar/foto di postingan blog

Dengan menambahkan watermark, nama, logo, atau identitas lainnya pada gambar/foto di postingan blog dapat meminimalisir blog menjadi sasaran para pelaku pembuat blog AGC, mereka pasti akan berfikir lagi jika ingin mengambil konten dari blog Anda. Untuk membuat konten saja mereka malas, apa lagi harus mengganti gambar yang terdapat di postingan satu persatu? Ini rasanya tidak mungkin.

Begitulah cara mengatasi blog di AGC dan mencegah blog agar tidak terkena auto generated content. Hal copy meng-copy dalam dunia blogging memang sudah bukan lagi hal yang bersifat rahasia. Ancaman konten disalin oleh orang lain merupakan hal yang sudah biasa dalam dunia blog, namun yang harus diperhatikan adalah untuk tetap mencantumkan sumber asli dari konten yang telah disalin maupun dikutip.

Lebih baik lagi jika cara membuat konten Anda dengan cara mencari referensi dari website atau blog di internet, coba untuk melampirkan tautan maupun nama dari blog atau halaman yang telah dijadikan bahan referensi untuk membuat konten. Website besar yang bernama Wikipedia-pun melampirkan nama situs atau link halaman yang telah menjadi referensi dalam proses pembuatan konten mereka. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.