Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran Dengan Aman

Tidak jarang beberapa orang mengalami masalah sepatu yang kebesaran, padahal sepatu tersebut adalah model yang sangat kita inginkan. Sayang sekali apa bila sepatu yang kebesaran tidak digunakan begitu saja, dari pada didiamkan alangkah lebih kita mengakalinya agar pas di kaki.

Sepatu Kebesaran
Penyebab sepatu kebesaran biasanya adalah tidak mencoba terlebih dahulu sebelum membeli, ini sering terjadi dan dialami oleh beberapa orang ketika membeli sepatu secara online. Tetapi tidak perlu khawatir, karena sepokat indonesia sudah merangkum cara mengatasinya untuk kawan-kawan sebagai berikut.

Cara mengatasi sepatu kebesaran dengan nyaman

Penting sebelum mencoba untuk mengatasi sepatu yang kebesaran kawan-kawan juga perlu untuk memperhatikan kenyamanan, percuma saja jika masalah satu selesai tetapi malah menimbulkan masalah baru. Kawan-kawan bisa mencoba cara-cara yang nyaman untuk mengatasi sepatu kebesaran sebagai berikut:

Gunakan kaos kaki tebal

Kaos kaki yang tebal mampu membantu mengatasi sepatu yang kebesaran, dengan kaos kaki tebal bisa menambah volume kaki jadi lebih besar hingga sampai dengan 1 cm. Jika sepatu kamu memiliki besar yang lebih hanya sampai 1 ukuran maka ini adalah langkah yang cocok.

Tetapi perlu kawan-kawan perhatikan juga mengenai kaos kaki yang tebal, pastikan kaos kaki tersebut terbuat dari bahan yang baik dan menyerap keringat. Gunakan kaos kaki dengan bahan yang tepat agar tidak menimbulkan masalah-masalah yang baru.

Gunakan kaos kaki panjang

Kaos kaki panjang juga sangat ampuh untuk mengatasi hal ini, dengan kaos kaki panjang kawan-kawan bisa mengatasi sepatu yang kebesaran sampai dengan 2 hingga 3 ukuran yang kelebihan. Caranya sangatlah mudah, lipat kaos kaki kawan-kawan menjadi setengahnya.

Tambah insole sepatu

Insole adalah sol bagian dalam sepatu, atau lebih tepatnya pijakkan telapak kaki pada sepatu. Pada bagian tersebut kawan-kawan bisa menambah sol dalam tersebut, gunakan dua insole apa bila sepatu kawan-kawan kebesaran yang cukup berlebih. Ini bisa didapatkan di berbagai toko sepatu.

Pakai gel pengisi volume

Gel pengisi volume juga bisa kawan-kawan temukan di berbagai toko sepatu, gel pengisi volume ini juga memiliki banyak varian yang bisa kawan-kawan sesuaikan dengan sepatu masing-masing. Cara memakainya juga sangat mudah, cukup masukkan gel pengisi volume tersebut ke dalam sepatu.

Pakai heels grip

Untuk yang selanjutnya khusus untuk sepatu heels yang kebesaran, heels grip sudah tidak sangat asing lagi bagi penggemar sepatu heels. Selain ini mampu mengurangi risiko kaki lecet akibat menggunakan sepatu heels, heels grip juga cukup ampuh untuk mengatasi sepatu heels yang kebesaran.

Biasanya heels grip memiliki tekstur yang lembut, jadi kawan-kawan tidak perlu khawatir dengan kenyamanannya ketika digunakan untuk melangkah. Heels grips bisa kawan-kawan gunakan di sepatu high heels, boots, sampai dengan flat shoes atau sepatu dengan model tumit tertutup lainnya.

Gunakan shoe tap

Shoe tap dapat kawan-kawan pakai untuk mengatasi tumit kaki yang dapat bergeser posisinya karena sepatu yang kebesaran, hal ini sering terjadi pada orang yang sedang memakai sepatu high heels kebesaran, dimana tumit terlihat seperti bergeser-geser dari posisinya dan terlihat seperti terlepas dari sepatu yang digunakan.

Selain itu shoe tap juga dapat mengatasi sepatu kawan-kawan yang terlalu licin pada kaki, sepatu yang memiliki bahan licin tersebut dapat membuat tumit kaki tidak menempel dengan baik pada sepatu. Karena hal itu lah sepatu menjadi lebih mudah lepas, shoe tap bisa mengatasi masalah tersebut.

Pakai pad socks

Pad socks juga sering dikenal sebagai foot pad, ini bisa berguna untuk mengganjal bagian tumit. Pada dasarnya pad sock atau foot pad ini dibuat untuk balet. Tetapi setidaknya kawan-kawan bisa mengatasi sepatu flat shoes yang kebesaran dengan alat ini dan nyaman.

Itulah cara mengatasi sepatu yang kebesaran dengan nyaman, utamakan cara-cara yang nyaman untuk kawan-kawan terlebih dahulu agar tidak malah menimbulkan masalah baru. Jika cara-cara yang telah disebut tadi tidak bisa mengatasi sepatu kebesaran, kawan-kawan bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini.

Mengatasi sepatu kebesaran dengan memaksa

Untuk cara yang selanjutnya memang bisa dibilang sedikit memaksa, tetapi apa boleh buat jika keadaannya yang memaksa. Cara yang berikutnya ini mungkin bisa mengatasi sepatu kebesaran kawan-kawan dengan cepat, jadi tidak butuh menunggu lama seperti cara sebelumnya, yaitu membeli pad sock dan gel pengisi volume.

Menggunakan busa / spons lembut

Jika kawan-kawan memiliki busa yang bersih dan lembut, bisa gunakan busa tersebut untuk membantu agar sepatu tidak terlalu kebesaran. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu memasukkan busa dan kaki bersamaan ke dalam sepatu, atau busanya duluan juga bisa.

Menggunakan koran bekas / kertas

Koran maupun kertas yang sudah tidak terpakai bisa kawan-kawan pakai untuk membantu sepatu agar lebih pas pada kaki, cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan menggunakan busa. Masukkan kaki dan kertas / koran bersamaan, atau koran dan kertasnya duluan juga boleh. Yang terpenting jangan terlalu banyak, agar tidak menimbulkan rasa tidak nyaman yang berlebih.

Menggunakan tisu kering

Tisu kering juga bisa kawan-kawan pakai untuk membantu sepatu tidak lagi kebesaran, namun sayangnya tisu sangat mudah hancur. Cobalah untuk menjaga sepatu tetap kering dan tidak berkeringat, jangan lupa untuk mengganti tisu secara berkala. Untuk menggunakannya mudah, masukan tisu ke sepatu, kemudan baru masukkan kaki.

Menggunakan karet elastis

Jika kawan-kawan mempunyai karet elastis seperti karet pada celana dan karet ikat rambut, kawan bisa memanfaatkan karet elastis tersebut. Caranya sangat mudah, sediakan karet elastis beberapa meter, kemudian ukur dan sesuaikan dengan pergelangan kaki, sehabis itu jahit karet elastis di bagian belakang sepatu.

Menciutkan sepatu

Cara yang selanjutnya dapat kawan-kawan lakukan pada sepatu dengan bahan dasar kulit dan suede, caranya benar-benar sangat mudah dan sederhana. Pertama semprotkan air ke sepatu, kemudian jemur di bawah matahari, atau keringkan dengan hairdryer juga bisa. Tetapi cara ini dapat membuat sepatu jadi lebih mudah rusak dan tidak tahan lama.

Menambahkan kain

Cara mengatasi sepatu yang kebesaran selanjutnya adalah dengan kain, kawan-kawan bisa menjahit kain pada dinding-dinding sepatu maupun dengan meletakkannya saja. Tetapi jangan gunakan kain terlalu banyak juga ya, bisa-bisa yang nanti sepatu kawan-kawan malah kekecilan.

Menggunakan kaos kaki ganda

Selain kaos kaki tebal dan melipat kaos kaki panjang menjadi pendek, menggunakan dua kaos kaki sekaligus juga bisa kawan-kawan terapkan untuk mengatasi sepatu yang kebesaran. Jika hanya dua kaos kaki tidak apa-apa, asal jangan gandakan kaos kaki sampai berlebihan, yang ada akan membuat kaki tidak nyaman.

Ikat tali sepatu dengan kencang

Jika sepatu kawan-kawan adalah sepatu tali, sangat mudah untuk membuatnya tidak lagi kebesaran. Cobalah untuk mengencangkan talinya dari satu lubang ke lubang lainnya, mulai dari depan sampai dengan belakang. Jangan biarkan tali sepatu melebar kembali, pastikan selalu terjaga kekencangannya.

Nah itu dia 15 cara mengatasi sepatu kebesaran yang sepokat indonesia rangkum khusus untuk kawan-kawan yang punya sepatu dengan ukuran yang kelebihan, sesuaikan cara yang tepat dengan model sepatu masing-masing. Jangan terlalu berlebihan, yang penting sepatu dan kaki kawan-kawan nyaman dan aman, semoga berhasil!