Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Sepatu Ventela Original: Perbedaan Ori dan KW

Produk palsu sangat meresahkan bagi kita semua, khususnya bagi konsumen yang benar-benar ingin menggunakan produk yang asli. Barang palsu juga dapat merugikan dalam kehidupan negara, terutama dalam pajak, selain itu juga merugikan pekerja-pekerja pada produk asli.

Ditambah yang lebih parahnya, ada produk-produk dalam negeri yang dipalsukan dan di pasarkan di dalam negeri juga. Entah apa yang melatar belakangi hal tersebut, ini adalah sebuah kejadian yang cukup unik. Produk lokal kita ketahui bersama bahwa memiliki harga yang terjangkau, tetapi mengapa harus juga di palsukan, harganya sudah cukup murah dan kualitasnya juga tidak kalah dengan produk impor.

Ventela adalah sebuah brand sepatu lokal yang sudah sangat populer sejak tahun 2018 lalu, dan Ventela juga sudah cukup mendominasi pasar nasional saat ini. Channel Youtube Julius Ferdinand mengunggah video PERBEDAAN SEPATU VENTELA ORI DAN KW | VENTELA PUBLIC ORI VS KW yang Sepokat Indonesia jadikan referensi pada postingan kali ini.

Karena Sepokat Indonesia tidak bisa mendapatkan sepatu Ventela yang palsu sebagai mana telah dijelaskan oleh channel youtube yang telah disebut di atas, maka dengan begitu Sepokat Indonesia hanya bisa merefensikan video penjelasan tersebut ke dalam bentuk tulisan ini. Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja simak postingan ini sampai habis.

Sepatu yang asli BNIB (Brand New In Box), sedangkan yang palsu tidak.

Sepatu yang asli BNIB (Brand New In Box), sedangkan yang palsu tidak.
Kawan-kawan sudah dapat membedakan sepatu Ventela tersebut asli atau tidak meskipun belum melihat sepatu Ventela seperti apa yang di dalam box kardusnya. Jika kardusnya bukan kardus asli produk sepatu Ventela, sudah bisa diduga bahwa yang ada pada isi kardus tersebut juga bukan yang asli. Kardus sepatu Ventela yang asli memiliki size chart atau ukuran kaki di bagian bawah kardusnya dan memiliki logo serta tulisan Ventela pada bagian-bagian kardusnya.

Sepatu yang asli memiliki bar code, size, dan hologram pada bagian tag, sedangkan yang palsu tidak ada.

Sepatu yang asli memiliki bar code, size, dan hologram pada bagian tag, sedangkan yang palsu tidak ada.
Meskipun yang asli dan yang palsu sama-sama memiliki tag, tetapi terdapat perbedaan dari keduanya. Jika dilihat pada bagian tag yang menempel pada bagian sepatu, yang asli mempunyai barcode, size, dan hologram di bagian tagnya, sedangkan yang palsu tidak mempunyai itu semua.

Material yang asli canvas 12oz, sedangkan yang palsu bukan.

Material yang asli canvas 12oz, sedangkan yang palsu bukan.
Kawan-kawan dapat melihat perbedaan pada bagian kain yang berfungsi menutupi seluruh bagian kaki, yang palsu memiliki kualitas kain yang berbeda dan tidak sesuai dengan kualitas yang aslinya. Pada dasarnya sepatu Ventela menggunakan bahan canvas 12oz yang bagus, sedangkan yang palsu tidak.

Jahitan dan lubang tali yang asli sangat rapi, sedangkan yang palsu berantakan.

Jahitan dan lubang tali yang asli sangat rapih, sedangkan yang palsu berantakan.
Pada bagian jahitan sepatu Ventela yang palsu benar-benar sangat tidak rapi dan berantakan, begitupun juga pada lubang talinya. Ventela yang asli di produksi melalui proses yang panjang dengan pengecekan yang ketat, sedangkan sepatu Ventela yang palsu bisa jadi kebalikannya.

Tali sepatu Ventela yang asli lebar, sedangkan yang palsu tidak lebar.

Tali sepatu Ventela yang asli lebar, sedangkan yang palsu tidak lebar.
Channel Youtube Julius Ferdinand juga menyebutkan bahwa tali sepatu Ventela yang asli lebih lebar dari pada yang palsunya, bisa jadi itu benar. Tetapi belum tentu pada bagian warna yang dia katakan, yang asli warna tali sepatunya putih gading, yang palsu putih banget kata dia.

Sebenarnya kita harus ketahui dulu varian sepatu yang dibandingkan, yang asli ada lho yang putih banget. Varian white yang asli memang putih bening, dan begitupun pada varian natural memang warnanya putih gading. Jadi varian natural dan white itu putihnya memang beda, meskipun sama-sama asli, tetapi untuk perbedaan tali yang lebar itu sudah cukup meyakinkan untuk jadi perbandingan.

Outsole yang asli terdapat identitas Ventela, sedangkan yang palsu tidak.

Outsole yang asli terdapat identitas Ventela, sedangkan yang palsu tidak.
Ada beberapa sepatu Ventela yang memiliki motif V pada outsolenya dan ada juga yang tidak bermotif V, tetapi yang asli tetap akan ada identitas Ventela pada bagian outsole-nya. Jika pada bagian outsole-nya tidak ada identitas Ventela sama sekali, bisa jadi sepatu itu Ventela palsu.

Insole yang asli jauh lebih tebal dan empuk, sedangkan yang palsu tidak.

Insole yang asli jauh lebih tebal dan empuk, sedangkan yang palsu tidak.
Sepatu Ventela terkenal dengan insole-nya yang terbuat dari bahan ultralite foam yang sangat empuk dan nyaman ketika bersentuhan dengan kaki, tetapi pada sepatu Ventela yang palsu akan terasa bahan insole-nya bukan ultralite foam. Selain itu, sepatu yang asli juga memiliki logo yang lebih gelap pada bagian insole-nya dibandingkan dengan yang palsu.