Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Model Macam Jenis Sepatu Pria Terbaik

Sepatu pada dasarnya berfungsi sebagai alas kaki yang berguna untuk melindungi kaki dari kotoran sampai dengan benda-benda seperti batu kerikil yang dapat melukai telapak kaki. Seiring berjalannya waktu, kini sepatu tidak hanya untuk itu, sepatu saat ini juga diperlukan sebagai penunjang penampilan agar semakin menarik.

Namun perlu diketahui, setiap sepatu di desain khusus untuk setiap keperluan atau atau kegiatan tertentu. Jadi satu model sepatu belum tentu ideal untuk menjalani aktivitas tertentu, kawan-kawan harus menemukan model yang cocok untuk menemani kawan-kawan dalam kegiatan yang diinginkan.

Ada banyak sekali macam jenis model sepatu pria, pada postingan Sepokat Indonesia kali ini mungkin bisa membantu kawan-kawan untuk mengetahui ataupun mengingat kembali macam jenis model sepatu. Berikut ini adalah 20 macam jenis model sepatu pria yang ada di dunia:

Brogues

Brogues
Brogues adalah sepatu kulit tebal yang memiliki lubang di atas, untuk memungkinkan kaki tidak terlalu merasa gerah. Kawan-kawan tidak harus menggunakannya dalam bisnis yang serius dengan tingkat formalitas yang tinggi. Kawan-kawan bisa memadukan sepatu ini dengan celana panjang dan jas atau jeans dengan kemeja santai yang berkerah.

Wingtip

Wingtip
Wingtip hampir sama dengan brouges, namun yang membedakan hanyalah lubang-lubang yang terdapat pada sepatunya. Pada wingtip, lubang-lubang yang ada jauh lebih banyak dan panjang ke belakang sepatu, tidak seperti brougues yang hanya memiliki sedikit lubang.

Moccasins

Moccasins
Moccasin adalah jenis sepatu yang seharusnya dibuat tanpa hak kulit dengan tekstur lembut. Bagian sol sepatu ini sangat lentur, bagian atas sepatu dihiasi dengan beberapa detail hiasan yang menarik. Meskipun sederhana, sepatu ini terasa nyaman di kaki, karena terbuat dari bahan-bahan yang dapat menyerap keringat di kaki, selain itu sepatu ini tidak akan menyebabkan suara saat berjalan.

Espadrilles

Espadrilles
Sepatu ini dibuat dari bahan-bahan yang menyerap keringat dan sepatu ini tidak membuat kaki menjadi lelah dengan cepat. Tidak jarang, jenis sepatu ini dibuat dari bahan kanvas, beberapa merek sepatu juga menawarkan espadrilles dengan berbagai motif yang menarik. Mungkin Kawan-kawan akan menemukan gadis-gadis bahkan seorang pria yang menggunakan sepatu espadrilles. Sepatu kasual yang terbuat dari kanvas ataupun katun dengan sol yang fleksibel.

High cut sneakers

High cut sneakers
Sepatu Sneakers mempunyai banyak model, jenis sepatu ini dapat dibuat dari berbagai bahan. Tujuan penggunaannya juga bervariasi. Kawan-kawan dapat memilih sneakers mana yang cocok untuk kegiatan formal ataupun santai. Tetapi pada umunya, sneakers dibuat dengan bahan karet pada bagian solnya.

Low cut sneakers

Low cut sneakers
Jika yang sebelumnya adalah high cut atau memiliki potongan yang tinggi, Kawan-kawan juga bisa menggunakan yang versi low cut nya, atau versi yang potongannya yang pendek. Sneakers memang benar-benar jenis sepatu yang dapat dengan mudah dipadukan dengan keinginan kita.

Slip on

Slip on
Slip on merupakan tipe sepatu yang jauh lebih sederhana dan mudah digunakan karena Kawan-kawan hanya menggeser kaki ke sepatu dengan gerakan yang sedikit. Tidak ada tali yang perlu diikat dan pemakainya tidak perlu berjongkok untuk memasuki tumit di sepatu. Karena kemudahan dan fleksibilitas sepatu ini menjadikannya sebagai sepatu yang cukup digemari banyak orang,

Oxford

Oxford
Oxfords merupakan jenis sepatu bertali dengan hak pendek dan memiliki tinggi di bawah mata kaki. Sering kali orang berpikir bahwa semua sepatu yang bertali merupakan sejenis Oxford, tetapi pikiran-pikiran ini kurang tepat.  Sebenarnya, Oxford memiliki closed lacing system, sedangkan Derby memiliki open lacing system.

Derby

Derby
Jika diperhatikan sekilas pada sepatu derby sedikit mirip dengan sepatu Oxford secara umum. Desain sepatu derby ini dikenal sebagai open lacing, karena memberikan lebih banyak penyesuaian daripada Oxford, sehingga pengguna dapat merasa lebih nyaman. Karena ikatan tali sepatu yang terlalu open pada sepatu ini memberikan kesan yang fleksibel dan juga sedikit formal.

Monk single strap

Monk single strap
Monk Strap adalah jenis sepatu yang tidak menggunakan tali. Sepatu ini dapat digunakan dalam acara formal maupun semi-formal. Sebagian besar jenis sepatu ini adalah kulit, namun terkadang ada juga yang suede. Sepatu  ini sangat cocok untuk di kombinasikan dengan kostum terbaik Kawan-kawan. 

Monk double strap

Monk double strap
Jika yang sebelumnya hanya memiliki satu pengikat, maka yang satu ini memiliki dua pengikat. Kawan-kawan bisa menyesuaikan dengan karakterisitik dan gaya pakaian Kawan-kawan, dengan dua pengikat mungkin bisa jadi menjadikannya tidak mudah lepas ketika digunakan.

Monk tripple strap

Monk tripple strap
Sepatu monk dengan tiga pengikat kurang banyak diminati,  mungkin karena modelnya kurang sederhana dengan jumlah tiga jumlah yang banyak. Bisa jadi mungkin sepatu Kawan-kawan bisa lebih kencang, tetapi ini kurang efektif ketika ingin digunakan. Terutama jika Kawan-kawan merupakan orang yang sering menginginkan aktivitas yang serba cepat.

Chelsea Boots

Chelsea Boots
Chelsea Boots merupakan tipe sepatu yang memiliki pergelangan kaki cukup tinggi. Sepatu ini mulai hadir di era Victoria, sepatu Chelsea juga disebut di Paddock Boot dan Boot Jodhpur menawarkan fitur-fitur khusus, yaitu sangat elastis di samping, yang menjadikannya mudah digunakan.

Chukka Boots

Chukka Boots
Salah satu tipe sepatu boot yang hanya menutupi hingga pergelangan kaki dan dikenal open lacingnya yang mirip dengan sepatu derby. Pada kisahnya, sepatu ini digunakan oleh tentara Inggris dalam Perang Dunia Kedua saat melawan Jerman di Afrika Utara pada padang pasir. Oleh karena itu, sepatu ini ideal untuk digunakan di bidang yang cukup ekstrem.

Cowboy Boots

Cowboy Boots
Sepatu ini adalah sepatu boot yang biasa digunakan oleh koboi dalam mengendarai kuda yang membuatnya mudah untuk mencari pijakkan pada pelana kuda. Ketinggian sepatu bot ini paling pendek di sekitar betis, jenis sepatu boot pria ini akan lebih cocok untuk digabungkan dengan kemeja sporty atau jaket dengan jeans.

Plain toe

Plain toe
Untuk model sepatu yang selanjutnya adalah sepatu yang dibuat dari bahan kulit, tidak berbeda dari Oxford atau Derby. Hanya saja sepatu ini tidak memiliki lipatan maupun penghiasnya. Walaupun polos dan memberi kesan yang sederhana, tetapi sepatu ini benar-benar elegan dan terlihat sangat rapi.

Loafers

Loafers
Banyak orang tidak terlalu akrab dengan sepatu yang satu ini. Meskipun sepatu ini telah laris di pasaran, orang Indonesia sering menyamakan ini dengan slip-on dam pantofel. Sebenarnya sepatu ini merupakan sepatu yang dibuat dengan model rendah pada mata kaki, sepatu ini sangat ideal untuk penggunaan santai atau dan terkadang sering kali cocok dipadukan dengan beragam model pakaian.

Saddle

Saddle
Sepatu saddle juga dikenal sebagai Saddle Oxford merupakan sepatu kasual dengan tumit pendek, Sepatu saddle ini biasanya dibuat dengan kulit dan biasanya berwarna putih dengan warna hitam atau biru tua di bagian tengahnya, meskipun warna-warna yang lain juga bisa digunakan. Sepatu jenis ini sering digunakan oleh pria dan wanita dalam gaya yang berbeda mulai dari golf cleat sampai dengan sepatu seragam sekolah.

Budapester toe

Budapester toe
Model sepatu ini cukup terkenal di Jerman dan Eropa Timur. Desain sepatu ini terinspirasi oleh sepatu tradisional Austro atau Hongaria. Karakteristik dari model sepatu ini adalah pada ujung sepatu yang memiliki lebih dari lebih ruang seperti sepatu pada umumnya. Ketika Kawan-kawan melihat dari atas, sepatu ini terlihat berbentuk bulat, tetapi ketika Kawan-kawan melihatnya dari samping, itu akan menjadikan ujung dari sepatu akan lebih runcing.

Chunky sneakers

Chunky sneakers
Bentuk sepatu sneakers ini hampir mirip dengan sepatu lari. Perbedaannya adalah bahwa sepatu ini dirancang untuk fashion, sementara sepatu lari dirancang untuk olahraga. Oleh karena itu, sepatu ini terasa sedikit lebih berat daripada sepatu lari. Untuk soal penampilan, tidak perlu diragukan.

Itu dia 20 Model Macam Jenis Sepatu Pria Yang Ada Di Dunia, jika ada yang kurang tepat silakan ketik di kolom komentar agar postingan Sepokat Indonesia yang satu ini semakin lebih relevan. Jika bermanfaat, pastikan untuk dibagikan ke manapun yang kawan-kawan suka, terima kasih.