Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

Anda mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara blog dan situs web? Bukankah blog hanya sebuah situs web? Bagaimana membedakan situs web dari blog?

blog dan website
Pada artikel, Sepokat Indonesia menjawab pertanyaan-pertanyaan itu untuk Anda. Perbedaan antara blog dan situs web. Dari sudut pandang teknis, blog dan situs web serupa. Anda bahkan dapat mengatakan bahwa mereka sama.

Untuk membahas lebih dalam lagi, Sepokat Indonesia akan memberikan contoh-contoh situs web (website) kepada Anda sebagai berikut:

  • Wikipedia (ensiklopedia online) adalah situs web.
  • Amazon.com (e-commerce) dianggap sebagai situs web
  • YouTube.com (video online) dianggap sebagai situs web
  • Evernote.com (pendaftaran) dianggap sebagai situs web
  • Apple.com (keberadaan perusahaan online) dianggap sebagai situs web
  • Google.com (mesin pencari) dianggap sebagai situs web
  • Newyorktimes (berita online) dianggap sebagai situs web
  • Facebook.com (jejaring sosial) dianggap sebagai situs web

Contoh di atas menjelaskan satu hal. Blog adalah sejenis situs web. Mirip dengan ungkapan "Semua kol adalah sayur, tetapi tidak semua sayur adalah kol", dengean kata lain semua blog adalah situs web, tetapi tidak semua situs web adalah blog. Contoh blog adalah situs yang sedang baca ini, situs ini merupakan blog, dan bukan website.

Apa yang membuat situs menjadi blog?

Karena sebuah blog adalah situs web pada intinya, penting untuk menentukan apa yang membuat situs web menjadi sebuah blog. Wikipedia mendefinisikan blog sebagai jurnal web di mana informasi diperbarui secara berkala.

Menurut pendapat lain, ini adalah definisi dari blog yang terbatas. Jika dilihat dari pendapat lain, bahwa perbedaan antara situs web dan blog terletak pada cara data disajikan dan tujuannya.

Konten situs web:

  • Hanya ditulis untuk memberikan informasi, tidak terlibat dalam diskusi
  • Ditulis pada suatu produk, layanan atau industri
  • Ditulis secara formal atau profesional
  • Ditulis untuk tujuan komersial
  • Statis

Konten blog:

  • Ditulis untuk implikasi
  • Dinamis, sering berubah
  • Informal tergantung pada penulis
  • Ditulis untuk kesenangan, informasi, pendidikan tanpa alasan

Target situs web biasanya komersial. Mereka digunakan untuk menjual produk atau menyajikan informasi tentang suatu produk atau layanan kepada konsumen. Tujuan dari konten situs web ini didasarkan pada niat pemilik situs web. Konten itu sendiri hanya bertindak sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Di blog, konten adalah satu-satunya niat. Tujuan konten blog adalah untuk berinteraksi dengan pembaca.

Perbedaan utama antara blog dan situs web

Perbedaan antara blog dan situs web hampir sama, tetapi ada hal-hal yang hanya dapat dilakukan oleh blog dan ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan blog oleh situs web, pada intinya mereka memiliki hal-hal berbeda. Mari kita bahas beberapa perbedaan pentingnya.

  • Blog mendorong untuk diskusi

Blog ini bertujuan untuk berdialog dengan pengguna. Konten tersebut ditulis sedemikian rupa sehingga pembaca dan penulis membentuk koneksi. Untuk alasan ini, blog memiliki sistem komentar yang seperti kita ketahui.

Jika Anda membaca sesuatu di situs web dan melihat peluang untuk menulis komentar di bagian bawah halaman, Anda mungkin membaca blog. Sistem komentar memungkinkan pembaca untuk dengan mudah bertanya, berterima kasih kepada penulis atau berinteraksi dengan komentator lain.

Anda tidak akan menemukan sistem komentar di situs web karena komunikasinya formal dan untuk tujuan komersial. Komunikasi di situs web biasanya dilakukan melalui email, formulir kontak atau diskusi langsung.

  • Blog memiliki lebih banyak konten daripada situs web

Karena tujuan dari sebuah blog adalah untuk mempublikasikan konten, Anda akan menemukan lebih banyak konten di blog dibandingkan dengan situs web. Situs web untuk perusahaan bisnis mungkin hanya memiliki beberapa halaman dengan sedikit konten, tetapi Anda jarang akan menemukan blog dengan sedikit konten.

Blog juga mengelola konten dengan berbagai cara. Beberapa blog mengelompokkan konten ke dalam kategori dan lainnya menggunakan tag. Situs web tidak menggunakan kategorisasi karena mereka tidak memiliki banyak konten di halaman berandanya.

  • Blog dapat dikelola oleh satu orang

Blog adalah cara berekspresi bagi seseorang. Hanya untuk kepentingan konten dan membaca, yang lain adalah sekunder. Seseorang dapat dengan mudah menangani beberapa pekerjaan di blog. Bahkan, sebagian besar blog pribadi dikelola oleh satu orang. Tujuan situs web adalah komersial, maka dari itu situ web sering dikelola oleh banyak orang.

  • Anda tahu orang-orang di balik blog

Blog jarang dimiliki oleh pengguna anonim. Anda akan selalu tahu orang di balik blog, karena ini adalah tujuan dari blog. Banyak blogger memasukkan cerita pribadi mereka, pengalaman dan belajar di blog mereka. Situs webnya sangat berbeda. Seperti yang bisa Anda lihat dari situs web youtube, facebook, dan google. Itulah website.

Apa yang membuat orang memulai blog?

Saat ini, blog seperti majalah digital. Sama seperti tujuan majalah adalah untuk sering melibatkan pembaca dengan konten baru. Memiliki blog menjadikan Anda seorang editor dan halaman sampul blog Anda adalah halaman sampul majalah digital Anda. Orang-orang memulai blog karena berbagai alasan:

  • Beberapa orang memulai blog sebagai jurnal online
  • Beberapa orang membuat blog untuk mengekspresikan pendapat mereka
  • Beberapa orang membuat blog untuk memperkuat otoritas mereka di bidangnya

Untuk apa blog digunakan?

Sebuah blog dapat melayani untuk berbagai tujuan. Anda dapat memilih untuk membuat blog tentang topik yang Anda ikuti atau sukai secara profesional.

Banyak perusahaan memasukkan blog ke situs web mereka untuk berkomunikasi secara informal dengan pengguna mereka. Mereka dapat mendiskusikan produk, industri atau masalah yang diselesaikan oleh produk mereka.

Banyak situs web berita online juga mulai menggunakan blog sebagai cara untuk terlibat dengan audiensi di tingkat lain. Perbedaan antara artikel surat kabar dan entri blog di situs berita adalah sederhana. Artikel harus dikoreksi secara faktual, sedangkan entri blog dapat berupa opini faktual atau tersurat.

Batas penggabungan

Ketika Internet masih muda, batas antara blog dan situs web jelas ditentukan. Hari ini, batas ini dikurangi dan tumpang tindih. Saat ini, perusahaan yang menjual produk secara online dengan situs web juga dapat memiliki blog di situs web mereka.

Seseorang yang menulis tentang suatu topik di blognya juga dapat menjual kursus online melalui situs web. Situs web berita mungkin memiliki sistem komentar untuk melibatkan pembaca. Blog perjalanan pribadi dapat menautkan ke beberapa produk afiliasi untuk mendapatkan uang. Ini menimbulkan beberapa pertanyaan:

  • Bagaimana kalau situs web juga memiliki blog?
  • Bagaimana dengan blog yang memiliki fitur sama dengan situs web?
  • Apakah blog tidak boleh memiliki niat komersial seperti situs web?

Tidak ada jawaban yang baik untuk pertanyaan-pertanyaan ini. Untuk benar-benar menentukan perbedaan antara blog dan situs web, kita harus memahami niat pemiliknya.

Blog atau situs web? mana yang harus Anda pilih?

Penting untuk mengetahui apakah Anda perlu membuat blog atau haruskah membuat situs web? Jawabannya adalah, Apa niatmu? Apa tujuanmu?. itu semua kembali lagi kepada Anda, blog dan website secara dasar sudah dapat dibedakan dengan membaca tulisan diatas pada artikel ini.

Ingat bahwa situs web adalah representasi online dari sesuatu yang tuju. Itu bisa berupa produk, layanan, maupun alat. Prinsip yang mendasarinya adalah bahwa situs web adalah cara untuk menampilkan informasi tentang sesuatu yang tertuju. Situs tidak memiliki makna tanpa itu.

Blog adalah entitas itu sendiri. Tidak perlu mewakili apa pun. Konten blog adalah inti dari sebuah blog. Jika Anda masih bingung, jawaban berikut akan membantu Anda membuat keputusan.

  • Pertanyaan: Blog / situs web untuk bersenang-senang?
  • Jawaban: Blog
  • Pertanyaan: Apakah Anda ingin menjual produk ke pelanggan?
  • Jawaban: Buat situs web
  • Pertanyaan: Berharap menghasilkan uang dengan blog / situs web Anda?
  • Jawaban: Keduanya

Kesimpulan

Sepokat Indonesia harap sudah jelas bagi Anda apa perbedaan antara blog dan situs web. Perbedaan di antara mereka tipis atau hampir sama, tetapi tujuannya tidak. Pikirkan tujuan akhir Anda dalam memutuskan mana yang merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.