Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page Lengkap

SEO On Page dan SEO Off Page adalah sebuah penerapan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang tujukan untuk meningkatkan jumlah datangnya pengunjung pada suatu situs. Kedua teknik ini sangat berperan penting terhadap kemajuan situs di masa yang akan datang.

search engine optimization
SEO On Page dan SEO Off Page merupakan faktor-faktor yang harus di terapkan pada suatu situs selain membuat konten yang berkualitas. Jika hanya mengandalkan konten yang berkualitas saja tidak akan cukup untuk memperoleh jumlah pengunjung yang maksimal.

Tidak jarang pula sebagian orang yang bertanya “Apa bedanya SEO On Page dan SEO Off Page?” di mesin pencarian milik Google dan salah satunya adalah Anda. Untuk menjawab pertanyaan tersebut Sepokat Indonesia akan kenalkan Anda dengan SEO On Page dan SEO Off Page yang sebagaimana sudah ditulis dibawah ini.

SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah usaha untuk menampilkan konten di SERP (Search Engine Result Page) agar dapat menduduki posisi teratas pada hasil pencarian tertentu yang dilakukan dengan cara mengoptimasi halaman konten (onpage) yang terdapat pada website itu sendiri. SEO On Page terdiri dari dari beberapa bagian, selengkapnya di bawah ini.

  • Struktur URL
  • Meta Tags/Title Tags
  • Heading H1, H2, H3, dan seterusnya
  • Konten Situs
  • Alt Text Gambar
  • Internal Link
  • Kecepatan Loading Halaman

Optimasi SEO On Page bekerja untuk membuat sebuah halaman pada situs agar terstruktur dengan benar supaya dapat dimengerti dengan baik oleh mesin pencari, memudahkan pengunjung untuk melakukan explorasi, membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam halaman, dan menambah nilai kualitas pada konten.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan konten agar menduduki peringkat teratas di mesin pencari yang dilakukan di luar situs. Untuk mengoptimalkan situs di mesin pencari tidak cukup dengan mengimplementasikan SEO On Page saja, Terutama untuk situs yang baru saja dibuat. Situs-situs yang baru inilah yang belum memiliki pengunjung melimpah yang wajib menerapkan SEO Off Page untuk memulai mengenalkan situs baru tersebut ke orang banyak.

Untuk mengimplementasikan SEO Off Page ini caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mentautkan url situs atau url konten Anda di situs lain yang biasanya disebut dengan backlink atau tautan kembali. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan backlink:

  • Membuat guest post di situs/blog milik orang lain
  • Blogwalking (mentautkan link situs pada kolom komentar)
  • Membagikan artikel ke media sosial
  • Menerapkan teknik E-mail Marketing
  • Manfaatkan situs social bookmarking

Usahkan untuk mendapatkan backlink berjenis do-follow untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Backlink do-follow ini selain dapat mendatangkan visitor ternyata dipercaya ampuh dapat meningkatkan Domain Autority dan Page Autority pada blog Anda yang dapat memberi nilai positif pada hasil pencarian di mesin telusur.

Kesimpulan dan penutup

Setelah membaca tulis di atas dapat disimpulkan bahwa SEO On Page adalah sebuah cara untuk mengoptimasi hasil pencarian di mesin telusur langsung melalui situs atau blog itu sendiri. Sedangkan SEO Off Page adalah sebuah cara untuk mengoptimalkan lalu lintas pengunjung yang dilakukan di luar situs.

Lalu mana yang lebih penting? Apa kalau menggunakan salah satunya saja sudah cukup? Atau bahkan tidak sama sekali menerapkan SEO On Page dan SEO Off Page pada situs itu tidak apa-apa?. Anda harus menjalankan kedua teknik ini secara seimbang, sebab apa bila misalnya SEO Off Page dapat berjalan lancar tetapi tidak dengan SEO On Page maka hasil yang di dapat akan sia-sia, begitu juga sebaliknya.

Jika situs atau blog yang Anda kelola saat ini masih tergolong baru maka alangkah lebih baiknya Anda menerapkan SEO Off Page terlebih dahulu agar dapat membuat blog atau situs baru tersebut menjadi lebih berkualitas dan disukai oleh pembaca-nya.

Setelah itu barulah Anda lakukan optimasi dengan SEO Off Page untuk menambah tingkat datangnya pengunjung dan memberi nilai lebih terhadap reputasi situs atau blog Anda. Jangan sampai terbalik dalam melakukan hal ini, ingat SEO On Page yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum SEO Off Page.