Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Perbedaan Wordpress dan Blogspot Blogger

Apakah Sobat sedang mencari-cari platform yang paling terbaik untuk membuat website atau blog? Sobat sangat tepat sekali jika membaca artikel di blog ini, Sebab Sepokat Indonesia sebagai penulis akan menjelaskan-nya secara lengkap dengan 15 perbedaan tentang platform yang sedang populer yaitu blogger (blogspot) dan wordpress.

wordpress vs blogger
Ketika membuat website untuk blog atau sebaliknya, kita sering dibuat bingung dengan berbagi fitur dan desain yang ditawarkan oleh kedua platform yang akan dibahas di sini. Sobat mungkin harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk dari platform yang akan digunakan nanti untuk mengelola dan menempatkan konten, ini benar-benar sangat memakan waktu.

Meskipun kedua platform ini sama-sama bisa untuk membuat blog, yang sering memberikan keuntungan investasi para pembuatnya. Namun, Sobat tidak boleh salah dalam langkah untuk memulainya. Ada beberapa perbedaan yang harus di perhatikan terhadap kedua platform ini, selengkapnya sudah Sepokat Indonesia tulis di bawah dan silahkan untuk di baca.

Biaya pembuatan

Biaya untuk membuat situs maupun blog di blogger tentu saja gratis dan tidak ada biaya tambahan untuk membuka fitur-fitur apapun. Hanya saja dengan alamat situs Sobat akan memiliki sub domain .blogspot.com, jika Sobat ingin merubahnya menjadi hanya dengan com, net, co.id, dan lainnya Sobat harus membeli domain dengan harga sekitar Rp.100.000-an, untuk membeli domain tersebut bisa di google domains, exabytes, hostinger, niagahoster, dll. Domain seperti yang Sepokat Indonesia maksud tadi tidak disediakan di platform blogger.

Hampir sama dengan blogspot, Biaya untuk membuat blog atau website di Wordpress.com gratis dengan sub domain .wordpress.com, namun fitur-fitur yang diberikan terbatas jika Sobat menggunakan versi gratis. Pada bulan april 2019, harga untuk membuat blog atau situs pribadi di Wordpress.com selama satu bulan sebesar $3 untuk blogger, $5 untuk personal, dan $8 untuk versi premium-nya.

Untuk situs bisnis dan toko online dimulai dengan harga perbulan sebesar $8 untuk premium, $25 untuk bisnis, dan $45 untuk eCommerce. Semakin Sobat berani membayar mahal, maka fitur-fitur akan semakin banyak yang bisa Sobat miliki dan spesifikasi yang diberikan pun semakin lebih luar biasa.

Berbeda dengan Wordpress.com dan Blogger, Untuk membuat website atau blog di Wordpress.org di perlukan biaya awal, tentu saja tidak gratis. Sobat harus mempunyai atau menyewa hosting/vps terlebih dahulu dan mempunyai domain untuk bisa memulainya.

Hal ini disebabkan situs yang Sobat buat sepenuhnya akan menjadi miliki Sobat, tidak perlu lagi pusing-pusing dengan tawaran seperti premium, bisnis, atau eCommerce seperti di Wordpress.com. Walaupun biaya Wordpress.org saat pembuatan tulisan ini masih dibilang lebih mahal, namun Sepokat Indonesia percaya kedepannya ini adalah yang paling murah.

Biaya pengembangan

Jika Sobat adalah pengguna gratis di Wordpress.com dan ingin mengembangkan situs Sobat, misalnya menghapus iklan Wordpress, memperluas penyimpanan tambahan, dan dukungan email, Sobat harus upgrade ke versi berbayar. Semakin lama situs Sobat akan semakin dikenal, akan semakin banyak pengunjung yang datang maka mengupgrade adalah hal yang baik. Harganya sama seperti yang Sepokat Indonesia sebut pada nomor 1 (biaya pembuatan), jika belum berubah.

Selanjutnya untuk pengguna Wordpress.org, semakin banyak pengunjung yang datang maka server semakin terbebani. Sobat harus upgrade spesifikasi server Sobat jika tidak ingin kehilangan pengjunjung. Jika server yang Sobat gunakan tidak handal, maka percayalah ketika banyak orang yang mengakses situs Sobat, maka situs tersebut akan down, dengan kata lain tidak bisa diakses.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengupgrade akan semakin mahal, jika Sobat punya banyak dana dan benar-benar serius, Sobat bisa upgrade dari shared hosting ke VPS, atau bahkan menggunakan dedicated server yang cukup mahal ini.

Untuk pengguna blogger tidak perlu khawatir dengan hal-hal di atas, Sobat tidak perlu upgrade server, sebab semua itu sudah di tanggung sendiri oleh bapaknya blogger, yaitu Google. Tidak ada batasan pengunjung apapun, tidak perlu takut down-nya situs Sobat karena ledakan pengunjung. Tidak ada pula fituf-fitur yang perlu di upgrade, karena dari sejak awal fitur yang diberikan adalah gratis.

Cara memulai

Untuk memulai di blogger (blogspot), Caranya sangat mudah. Sobat hanya perlu login dengan akun Gmail, jika belum punya silahkan daftar terlebih dahulu. Setelah itu Sobat bisa membuat dan mengelolanya. Sedangkan untuk memulai di Wordpress.com, Sobat hanya perlu registrasi biasa seperti membuat email. Jika Sobat ingin menggunakan Wordpress.org, maka Sobat harus mememiliki domain dan hosting terlebih dahulu.

Konfigurasi

Tidak ada panduan khusus yang diberikan oleh blogger untuk mengkonfigurasi situs blog disini. Namun sudah ada banyak orang yang membahas tentang blogger ini di Internet, jadi Sobat tidak perlu khawatir jika ingin fokus dengan blogger. Untuk Wordpress.com dan Wordpress.org tidak banyak berbeda, hanya sedikit perbedaannya saja pada Wordpress.org, yaitu harus menginstall sendiri (manual) website Sobat ke hosting hingga mengatur nama domain-nya.

Cara merilis konten

Jauh berbeda antara blogspot dan wordpress dalam cara merilis konten. Blogspot menurut Sepokat Indonesia sangat cocok untuk Sobat yang ingin hanya memberikan informasi yang relavan (tepat waktu), karena pada alamat postingan di blogspot terdapat url tahun dan bulan yang tidak dapat dihapus. Contohnya blog ini, silahkan lihat link postingan ini, ada tahun dan bulannya, itu tidak bisa dihapus. Sedangkan di wordpress Bisa.

Kenapa Sepokat Indonesia membahas itu? Ini khusus sekali, mungkin tidak banyak yang membahas. Jika Sobat membuat konten tentang tutorial (misalnya, cara membuat blog di wordpress), sedangkan url yang ada pada blogspot terdapat tahun dan bulan pembuatan konten tersebut, sedangkan wordpress tidak, ini sangat mempengaruhi pengunjung. Pengunjung akan berpotensi memilih untuk membaca situs yang tidak ada tanggalnya, sebab sekilas terlihat bukan konten yang sudah usang, dengan kata lain kontennya masih fresh (baru dibuat).

Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan yang bisa kita bahasa pada cara mirilis konten pada blogspot dan wordpress. Salah satunya penggunakan meta keyword manual pada postingan di wordpress yang tidak ada di blogspot.

Tentu ini cukup berpengaruh terhadap hasil penelusuran konten Sobat di mesin pencari, apa lagi pada jaman dulu. Judulnya adalah SEO, Sepokat Indonesia sarankan Sobat menggunakan Wordpress jika ingin membuat konten evergreen (sampai kapan pun akan di butuhkan), misalnya konten tutorial.

Pilihan tampilan

Dalam hal ini Wordpress berada jauh di atas blogspot, pasalnya Wordpress menyediakan ribuan desain untuk tema website yang bisa Sobat pilih. Selain itu, WordPress mempunyai banyak pilihan tema yang bisa dikolaborasikan dengan plugin Sobat, tanpa harus pusing-pusing mengetahui tentang bahasa pemrograman.

Sedang kalau blogspot, Sobat harus paham bahasa pemrograman terlebih dahulu seperti HTML, CSS, dan JavaScript jika diperlukan untuk memodifikasi tampilan halaman agar menjadi lebih menarik, atau juga menambah fitur-fitur, sebab blogspot fiturnya terbatas jika di adu dengan wordpress yang bukan versi gratis. Jika tidak ingin repot, Sobat bisa menggunakan tema pihak ketiga, yang bisa Sobat cari sendiri di Internet, lumayan banyak.

Keamanan

Blogspot memiliki keunggulan disini, situs Sobat keamanannya dikelola sendiri oleh Google. Namun, dengan syarat menggunakan tema bawaan. Dengan begini Sobat tidak perlu pusing untuk mengatur sumber daya server atau mengamankan situs Sobat dari serangan hacker.

Tetapi Wordpress.com tidak kalah juga kok dari si blogspot itu, Pasalnya wordpress.com selalu di update secara rutin, sampai sekarang platfrom ini masih di kenal dengan platform yang memiliki tingkat keamanan yang sangat baik.

Bagaimana dengan wordpress.org? dia adalah milik Sobat sepenuhnya, tidak ada yang bisa mencegah selain Sobat. Nah, disini ada sedikit tips yang masih ragu sama wordpress.org, Sobat tidak perlu khawatir dengan keamanan wordpress yang Sobat kelola sendiri. Pastikan Sobat tidak menginstall tema dan plugin bajakan yang mungkin berpotensi terinfeksi virus serta jangan lupa untuk selalu update agar celah keamanannya selalu tertutup rapat.

Kepemilikan

Wordpress.com dan Wordpress.org sama-sama berasal dari perusahaan yang sama, tetapi memiliki perbedaan yang sangat jauh. Wordpress.com adalah layanan hosted, yang jika di ibaratkan seperti apartemen. Sobat hanya punya satu buah atau beberapa pun tidak masalah di tempat tinggal di apartemen tersebut dan apartemennya punya orang lain.

Sedangkan Wordpress.org adalah layanan self hosted, jika diibaratkan itu adalah rumah pribadi Sobat. Sepenuhnya milik sendiri, di tanah sendiri, dan bukan milik orang lain. Blogger juga layanan hosted, Sobat hanya tinggal menumpang saja.

Kontrol

Seperti yang kita ketahui, kalau kita menumpang itu tidak boleh sembarangan, dengan kata lain tidak boleh se-enak jidat dalam melakukan sesuatu. Sama seperti layanan hosted, misalnya blogger, Sobat akan terikat dengan peraturan yang ada disana, jika peraturannya dilanggar maka hukumannya mulai dari penghapusan konten, penghapusan situs, hingga mereka bisa saja langsung menutup akun Sobat.

Sedangkan di wordpress tidak, Wordpress.org utamanya, Sobat bisa memakainya sesuka hati untuk keperluan apapun, sebab Wordpress dan softwarenya bersifat open-source. Tetapi terkadang jika Sobat menggunakan layanan hosting untuk membuat website, ada beberapa penyedia layanan yang memiliki peraturan juga yang ditetapkan oleh layanan hosting Sobat.

Mungkin disini Sobat akan berfikir untuk menyediakan server sendiri untuk website yang dikelola, ya memang sebenarnya itu bagus jika Sobat benar-benar ingin mendapatkan kebebasan dari peraturan layanan hosting tertentu.

Fitur

Blogspot (blogger) lebih baik dari pada Wordpress.com versi gratis. Namun, akan menjadi jauh lebih baik Wordpress.com jika Sobat menggunakan versi berbayar. Sebenarnya fitur-fitur di Wordpress.com jauh lebih banyak di banding blogger, namun fitur-fitur tersebut bisa menjadi terbatas jika Sobat menggunakan versi gratis. Sedangkan layanan self hosted wordpress.org akan membuat Sobat bisa memiliki fitur itu semua, tanpa harus membayar lebih untuk mengupgrade ke versi premium, namun Sobat harus memiliki nama domain dan hosting sendiri.

Dukungan

Jika Soba menggunakan blogger, maka blog Sobat akan di hosting oleh Google, ini akan membuat blog Sobat memiliki persentasi yang sangat kecil untuk mendapatkan gangguan, misalnya dari serangan seseorang yang tidak bertanggung jawab. Memang fitur dan fungsi yang mereka sediakan tidak sebanyak wordpress versi berbayar.

Dengan begitu, ini mampu menghasilkan layanan yang mudah digunakan, karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Oleh sebab itu blogger (Blogspot) tidak memiliki dukungan seperti WordPress. Jikalau nanti suatu saat Ada, mungkin Sobat juga tidak akan membutuhkannya.

Komunitas

WordPress memiliki ekosistem dan komunitas besar yang bisa didatangi jika ada atau mengalami masalah dengan situs Sobat. Wordpress juga memiliki forum dukungan pengguna resmi dan gratis. Selain itu, jika sobat menggunakan wordpress.org dan menggunakan layanan hosting, biasanya layanan tersebut mungkin akan memberi Sobat beberapa bantuan. Sedangkan untuk blogger Sepokat Indonesia belum update, Sepokat Indonesia hanya menemukan grub di Facebook yang jumlahnya cukup banyak dengan member rata-rata puluhan ribu di setiap grubnya.

Kemudahan untuk digunakan

Sebenarnya dari ketiga layanan ini, yaitu blogger, wordpress.org, dan wordpress.com sama-sama mudah untuk digunakan. Untuk mempelajari dasar-dasarnya, hingga Sobat bisa membuat dan mempublikasikan konten, ketiganya sama mudahnya. Setelah menggunakan selama beberapa hari, Sobat akan terbiasa.

Potensial

Mungkin blogspot mempermudah sebagai langkah awal untuk memulai dan mengelola sebuah situs, namun Sepokat Indonesiangnya blogspot tidak memberi potensi pertumbuhan yang sama dengan wordpress. Sobat harus membayar beberapa rupiah perbulan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari pada blogspot.

Pada dasarnya Wordpress benar-benar tidak bisa dikalahkan jika membahas tentang potensi website. Sobat bisa menggunakan website Sobat untuk hampir semua tujuan. Misalnya menjual produk secara online dan menerima pesanan dengan koleksi pluginnya yang benar-benar sangat membantu Sobat.

WordPress tidak akan membatasi aspirasi online Sobat baik sekarang maupun di masa depan. Tidak seperti blogspot yang lama sekali untuk menunggu fitur baru, atau bahkan tidak pernah ditambah, misalnya plugin seperti wordpress dan fitur AMP (Accelerated mobile pages).

Tidak ada cara otomatis untuk mendapatkan fitur AMP di blogspot, Sobat harus oprek-oprek sendiri. Namun jika Sobat mampu membuat blogspot lebih baik dari wordpress, mungkin ini adalah jalan terbaik untuk mendapat hasil yang baik dengan harga yang murah, atau bahkan gratis.

Monetisasi

Banyak sekali dari kita yang membuat situs alasannya adalah untuk mendapatkan uang dengan menggunakan iklan seperti dari Google AdSense. Namun Sepokat Indonesiangnya untuk pengguna WordPress.com tidak dizinkan untuk memasang Google AdSense dan sejenisnya.

Tapi Sobat diizinkan membuat slot iklan secara manual, atau sponsored post juga bisa, atau juga kalau website Sobat sudah memiliki pengunjung banyak dan stabil maka bisa memasang WordAds (mirip seperti Google AdSense, namun ini adalah milik Wordpress), dan kalau Sobat menggunakan Wordpress versi VIP maka iklan dibolehkan.

Ribet yah? Sedangkan kalau Wordpress.org tidak ada masalah apapun jika Sobat ingin menggunakan Google AdSense dan jaringan iklan manapun, sebab Wordpress.org tidak ada yang mengatur, dengan kata lain bebas. Blogger blogspot sama dengan Wordpress.org dalam monetasi, sama-sama bebas boleh menggunakan jaringan iklan mana saja untuk menghasilkan uang.

Nah itu dia perbedaan antar blogspot (blogger) dengan wordpress, mungkin sampai disini Sepokat Indonesia rasa Sobat sudah bisa memilih mana yang akan digunakan untuk membuat website atau blog. Tetapi, mungkin juga artikel ini malah membuat Sobat semakin bingung untuk memilih wordpress atau blogspot.

Untuk mengatasi kebingungan Sobat, Sepokat Indonesia sarankan untuk memilih platform blogger (blogspot) untuk yang masih pemula dalam menulis artikel. Jika Sobat masih pemula, mungkin suatu saat hal menulis artikel akan membuat bosan dan berpotensi Sobat untuk berhenti menulis. Untuk itu lebih baik gunakan platform blogger, agar lebih memiliki pengalaman yang banyak terlebih dahulu.

Jika Sobat yang sudah hebat dalam menulis artikel, maka Sepokat Indonesia sarankan sekali untuk membuatnya di platform wordpress. Ini sangat membantu Sobat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari sebelumnya.

Namun jika sobat masih baru, mungkin ini akan buang-buang uang jika sobat menggunakan versi berbayar di wordpress. Jadi di sini sudah dapat disimpulkan, yang baru lebih baik pakai blogger gratis dan yang sudah berpengalaman sangat di sarankan untuk menggunakan wordpress.