Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Sepatu Yang Benar dan Tips Merawatnya

Sepatu yang kita gunakan sering kali tidak hanya membuat kita jadi lebih baik lho, terkadang sepatu yang kotor juga bisa membuat aktivitas kita terganggu. Sepatu yang kotor, bau, dan tidak terawat akan membuat pemakainya merasa tidak nyaman untuk menggunannya.

Tips Merawat dan Cara Mencuci Sepatu Yang Benar
Oleh karena itu, sangat perlu bagi kita untuk menjaga dan merawat kebersihan pada sepatu yang akan kita gunakan, apa lagi jika sepatu menjadi alas kaki yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Kamu bisa ikuti langkah-langkah yang Sepokat Indonesia rangkum untuk menjaga dan merawat sepatu mu, untuk selengkapnya silahkan di baca sampai habis ya.

Alat dan bahan mencuci sepatu

  • Sikat kecil (alternatif: sikat gigi).
  • Sol cleaner (alternatif: odol / pasta gigi).
  • Detergent khusus sesuai material sepatu (misalnya: canvas cleaner).
  • Vacum cleaner mini (alternatif: kain kering yang mudah menyerap air)
  • Larutan sour atau penetral chemical detergent sepatu

Cara mencuci sepatu

Mencuci sepatu adalah sebuah hal yang perlu kita lakukan untuk menjaga penampilan sepatu agar tetap bersih dan terawat. Sepokat Indonesia sudah merangkung langkah-langkah mencuci sepatu yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Berikut ini cara mencuci sepatu:

Membasahi seluruh bagian sepatu

Basahkan seluruh bagian sepatu dengan air yang memiliki suhu normal dan bersih, boleh di siram dengan air melalui keran maupun dengan merendamnya di dalam wadah / baskom / ember yang sudah berisi air, pastikan seluruh bagian sepatu sudah basah sepenuhnya.

Membersihkan tali sepatu (jika ada)

Lepaskan tali sepatu, kemudian sikat dengan halus menggunakan sikat dan detergent khusus. Jangan menyikat tali sepatu dengan agresif, bagian tali sepatu biasanya mudah rusak. Jika menyikatnya terlalu kencang akan menjadikan tali sepatu menjadi kasar dan berserabut.

Membersihkan bagian sol luar (outsole)

Tuangkan sol cleaner, odol, atau pasta gigi ke sikat kecil ataupun sikat gigi. Gosok-gosok ke seluruh bagian sol sepatu sampai bersih, biasanya sol luar yang bersih akan tampak seperti baru.

Membersihkan bagian sol dalam (insole)

Beberapa sepatu memiliki bagian sol yang dapat di lepas, dan sebagian lainnya tidak bisa di lepas. Jika bisa di lepas, silahkan di lepas terlebih dahulu. Setelah itu bersihkan bagian sol dalam dengan detergent khusus, sikat dengan lembut agar tidak merusak jahitan sepatu.

Membersihkan dinding bagian dalam sepatu

Jika tadi sudah membersihkan sol bagian dalam, jangan lupa untuk membersihkan dinding sepatu yang ada di bagian dalam. Bersihkan dengan sikat kecil dan detergent khusus sesuai jenis bahan sepatunya, sikat hingga merata.

Membersihkan dinding bagian luar sepatu

Selanjutnya adalah membersihkan material utama sepatunya, ketika membersihkan bagian luar tersebut pastikan menggunakan pembersih yang sesuai dengan material atau bahannya. Jika bahannya kanvas, maka gunakan kanvas cleaner.

Bilas sepatu dengan air hangat

Setelah itu bilas seluruh bagian sepatu dengan air hangat, ingat air hangat ya bukan air panas. Jangan gunakan air panas, karena air panas dapat merusak material sepatu hingga lem pada bagian solnya. Pastikan seluruh detergent atau pembersih sepatu sudah lepas dari sepatunya.

Kurangi kadar air pada sepatu

Jika sudah di bilas sampai bersih, kurangi kadar air pada sepatu dengan vakum cleaner mini, pastikan airnya tersedot oleh vakum cleaner tersebut hingga sepatunya sedikit mengering. Jika tidak ada vakum cleaner mini, bisa gunakan dua buah kain bersih yang menyerap air. Masukkan satu kain di dalam sepatu, dan gunakan kain kedua untuk menekan sepatu dari bagian luar hingga air pada sepatu berkurang.

Semprot sepatu dengan larutan sour

Larutan sour berguna untuk menetralkan kadar air yang masih mengandung bahan kimia seperti detergent yang masih tersisa pada sepatu. Dengan larutan tersebut dapat mencegah sepatu dari bau apek, mencegah gatal saat sepatu digunakan, dan lain sebagiannya.

Angin-anginkan sepatu sampai kering

Yang terakhir adalah mengangin-anginkan sepatu sampai kering, jangan jemur sepatu di bawah matahari langsung. Gunakan kipas untuk mengeringkannya, jangan jemur di bawah matahari, karena itu dapat mengurangi daya tahan material dan lem sepatu.

Tips cara merawat sepatu

Tidak hanya mencuci sepatu, merawat sepatu juga perlu untuk dilakukan. Sepokat Indonesia sudah merangkum beberapa cara sederhana untuk merawat sepatu, kamu bisa coba menerapkan cara-cara berikut untuk merawat sepatu favoritmu. Berikut ini tips cara merawat sepatu:

Bersihkan langsung saat kotor

Ketika sepatu kotor, tidak selalu harus untuk mencucinya kembali. Kita bisa membersihkannya dengan kain basah yang lembut, usap-usap dengan perlahan agar tidak merusak material sepatunya. Jangan sampai kotoran tersebut menumpuk dan susah di bersihkan karena terlalu lama di diamkan dalam keadaan kotor.

Semprotkan pembersih dan pelindung khusus

Jangan lupa untuk menyemprot sepatu dengan pembersih dan pelindung khusus, dengan pembersih dan pelindung ini dapat membantu merawat sepatu agar tidak mudah kotor, beberapa di antaranya ada yang dapat membuat sepatu menjadi anti air lho.

Segera keringkan ketika basah

Ketika musim hujan, alas kaki seperti sepatu jadi lebih rentan basah. Hujan yang tidak diduga datangnya sering kali menjadi penyebab sepatu basah, yang terpenting kita harus selalu menjaga kondisi sepatu agar tetap kering agar tidak mudah rusak. Pastikan bagian dalam sepatu yang sering terlupakan itu untuk tetap kering ya, agar sepatu tidak menjadi bau dan apek.

Simpan sepatu bersama silica crystal / gel

Ketika membeli sepatu, biasanya kita selalu mendapatkan silica crystal atau silica gel ini di dalam kardusnya. Jangan buang silica tersebut, silica crystal atau silica gel sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan sepatu yang disimpan dalam sebuah kota.

Jangan menumpuk sepatu pada satu tempat

Jangan biasakan untuk menumpuk sepatu ya, bisa jadi sepatu yang bersih nantinya akan ikutan kotor hanya karena sepasang sepatu kotor yang di tumpuk bersama sepatu-sepatu bersih.

Gunakan rak sepatu terbuka

Jangan simpan sepatu di tempat yang tertutup dan lembab, lebih baik simpan sepatu pada tempat-tempat yang terbuka. Karena jika sepatu di simpan pada tempat yang tertutup dan lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bau tak sedap pada sepatu yang di sebabkan oleh pergantian udara yang kurang optimal.

Itu dia postingan Sepokat Indonesia tentang mencuci dan merawat sepatu, jika menurut kamu postingan kali ini bermanfaat, jangan lupa untuk dibagikan ke manapun yang kamu mau ya. Sayangi barang-barangmu apapun itu, tidak hanya sepatu. Semuanya juga harus dirawat agar tidak mudah rusak dan memiliki daya tahan yang kuat.