Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar SEO WordPress: Teknik SEO Untuk Pemula

SEO sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Sayangnya, sebagian besar artikel SEO WordPress terlalu teknis untuk diperkenalkan kepada pengguna baru. Jika Anda serius meningkatkan lalu lintas situs web Anda, Anda harus memperhatikan praktik terbaik dari SEO WordPress.

SEO WordPress
Dalam artikel ini, Sepokat Indonesia akan membagikan kiat-kiat SEO WordPress terbaik untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik. Anda mungkin pernah mendengar para ahli mengatakan bahwa WordPress itu sudah SEO friendly. Itu sebabnya banyak orang memilih WordPress untuk membuat blog atau situs web.

Meskipun WordPress memastikan bahwa kode yang dihasilkannya konsisten dengan praktik terbaik SEO, Anda perlu melakukan lebih banyak lagi jika Anda ingin memaksimalkan upaya SEO Anda. Sepokat Indonesia memiliki sejumlah teknik yang bisa diikuti untuk mengoptimalkan SEO WordPress Anda. Berikut adalah teknik SEO WordPress versi dasar untuk permula:

Tentukan permalinks di setiap konten Anda

URL halaman pada situs web Anda disebut Permalinks. WordPress hadir dengan pengaturan permalink default untuk memungkinkan Anda memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Anda dapat menemukannya di Pengaturan > Permalinks.

Selalu disarankan untuk mengubah pengaturan default untuk menerbitkan nama-nama, misalnya /% postname% /, karena mudah diingat oleh pengguna dan diindeks oleh mesin pencari.

Berikut ini contohnya:

  • Permalinks yang salah: namasitus.com/?p=3423 (opsi default di WP)
  • Permalinks yang baik: namasitus.com/ini-mudah-untuk-diingat
  • atau Ini: namasitus.com/2020/02/ini-mudah-untuk-diingat (dengan tambahan tahun dan bulan)

Gunakan Google Analytics

Google Analytics adalah alat analisis populer yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Google. Ini benar-benar gratis dan membantu Anda melacak lalu lintas situs web Anda. Alat ini memberi Anda informasi tentang sumber lalu lintas, perilaku, dan atribut penting lainnya yang akan membantu Anda menjangkau audiens target Anda. Google Analytics membantu Anda melakukan berbagai tugas, termasuk mencari 404 atau halaman kesalahan, memeriksa perilaku pengunjung Anda, sumber lalu lintas Anda, dan banyak lagi.

Buat sitemap untuk situs web Anda

Situs web Anda dapat memuat ratusan halaman dan agar halaman web Anda diindeks oleh Google, Anda perlu memberi tahu Google struktur situs web Anda. Membuat peta situs sangat mudah. WordPress menawarkan plugin yang sangat berguna yang disebut Peta Situs Google XML, yang secara otomatis menghasilkan peta situs web Anda, yang akan membantu mesin pencari untuk mengindeks situs Anda dengan lebih baik.

Gunakan tema yang dioptimalkan untuk mesin pencari

WordPress menawarkan berbagai tema yang dapat digunakan untuk memberikan dasar yang kuat untuk situs web Anda. Sambil memilih tema yang keren dan menarik, pastikan juga tema tersebut sudah dioptimalkan untuk mesin pencari.

Tema SEO yang dioptimalkan memiliki dua aspek utama: kecepatan dan kode. Tema yang ditulis dengan baik menampilkan praktik terbaik SEO dan memastikan bahwa robot Google menavigasi kode sumber serta menemukan kode yang benar.

Optimalkan media Anda

Media adalah bagian penting dari situs web mana pun. Namun, mereka benar-benar dapat merusak atau meningkatkan upaya SEO Anda. Dengan memberikan tag yang tepat, Anda mungkin akan meningkatkan peluang mendapat peringkat lebih tinggi dalam pencarian gambar.

Mengunduh gambar dengan nama yang rumit bukanlah praktik SEO yang baik. Saat Anda mengunggah gambar ke situs web WordPress Anda, Anda memiliki opsi untuk mengedit judul, menambahkan caption, alt text, dan deskripsi. Menggunakan opsi ini dapat secara signifikan meningkatkan peringkat mesin pencari situs web Anda.

Gunakan plugin SEO

WordPress juga menawarkan banyak plug-in SEO, termasuk Yoast SEO, plug-in SEO All in One dan banyak lainnya yang melindungi situs web Anda dan mendorong Anda untuk menambahkan meta-title, meta-description, Meta tag, kata kunci, dll.

Plugin ini menawarkan solusi SEO lengkap yang tersedia untuk WordPress. Plugin ini digunakan untuk meningkatkan SEO di situs web Anda dengan mempratinjau hasil pencarian Google. Mereka juga membantu Anda menghasilkan peta situs XML untuk situs web Anda.

Buat konten Anda dapat dibagikan

Media sosial telah mendapatkan popularitas luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, hampir semua pengguna Internet aktif di berbagai jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan banyak lainnya. Membuat konten Anda dapat dibagikan memungkinkan pembaca untuk membagikannya di jejaring sosial yang berbeda, ini menghasilkan lalu lintas yang signifikan ke situs Anda.

Menambahkan tombol berbagi ke sosial media di situs web Anda tidak hanya mendorong lalu lintas, tetapi juga meningkatkan kredibilitas situs web Anda. Jadi, jangan pernah menganggap remeh kekuatan media sosial begitu saja

Gunakan tag judul yang benar

Ketika memulai praktik SEO, penggunaan tag judul yang tepat sangat penting. Namun, jika Anda seorang pemula, Anda mungkin tidak tahu tag judul dan cara menggunakannya dengan benar. Tag H1 harus selalu digunakan untuk judul posting blog dan sangat penting bahwa H1 Anda jelas dan informatif.

Judul Anda harus memberi tahu pembaca Anda apa sebenarnya konten Anda dan mereka harus tertarik membaca semua konten. Setelah menggunakan header H1 dengan benar, Anda harus menggunakan tag H2 untuk publikasi tambahan seperti sub judul, lalu tag H3 dan H4 untuk subdireksi, dan seterusnya.

Penggunaan tag header tidak hanya penting untuk praktik terbaik SEO, tetapi juga untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Ini memberi pengguna Anda gagasan yang lebih baik tentang konten Anda dan mendapatkan perhatian mereka dalam waktu singkat.

Membuat konten berkualitas tinggi

Ini adalah teknik SEO yang sering digunakan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Apakah Anda menjalankan bisnis blog atau website?, Anda perlu konten berkualitas untuk menempati tempat yang lebih menonjol dalam mesin pencari. Ide konten berkualitas bukan hanya tentang publikasi bebas dari tata bahasa dan ejaan, tetapi juga menarik bagi pembaca.

Google membenci pencuri konten. Menambahkan kutipan dengan sumber-sumber di website Anda mungkin dapat diterima, tetapi tidak mungkin untuk pencuri konten atau posting blog. Jelas Anda dapat menulis pada subjek yang sama dan membuat ide-ide yang sama dalam konten Anda, tapi jangan mencuri pekerjaan seseorang. Mengambil ide-ide pada blog orang lain dan menulis kata-kata Anda sendiri agar tetap berbeda.

Ketika orang mengakses internet untuk mencari informasi yang berharga. Berikan apa yang mereka inginkan adalah kunci untuk SEO yang sukses. Posting daftar informatif, tutorial dan semacamnya adalah alat yang sangat berguna karena membantu audiens Anda untuk belajar atau memecahkan masalah. Jika Anda dapat menulis konten yang membantu, mendidik dan menginformasikan, konten Anda akan dianggap baik.

Gunakan tautan dan anchor teks dengan benar

Menautkan konten Anda sendiri akan mempercepat upaya SEO Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda. Tentu saja, perlu untuk menautkan posting lain, jika ada. Jangan sekali-kali mengikat hanya untuk tujuan mengikat.

Selama bertahun-tahun, mesin pencari telah berevolusi. Mereka mulai mengenali lebih banyak metrik untuk membangun peringkat. Sebelum pembaruan Google Penguin pada 2012, anchor text dianggap sebagai cara paling sederhana bagi Google untuk memahami relevansi situs mana pun. Namun hari ini, metode yang digunakan untuk menghukum situs Anda oleh Google telah dikembangkan.

Tapi itu tidak berarti bahwa anchor text tidak berarti. Google telah mengamati bagaimana anchor text yang digunakan, ada dosis tertentu dalam hal ini. Contohnya “silahkan klik disini untuk informasi selengkapnya”. Pastikan kadarnya tidak terlalu banyak pada satu konten yang Anda buat, gunakan sedikit saja.

Pilih Hosting yang Tepat (Untuk Wordpres Self-host)

Semua orang mungkin sadar bahwa Google memberi peringkat situs berdasarkan kecepatan halaman pada tahun 2016, dan seterusnya. Selain menggunakan teknik SEO biasa, Anda harus menggunakan hosting yang berkualitas dan handal untuk situs Anda. Satu hal yang membantu untuk peringkat yang lebih tinggi dari pesaing adalah menggunakan hosting dengan SSD.

Banyak host besar seperti Hostgator, Bluehost menggunakan hard drive tradisional, sementara Anda dapat mengandalkan yang lain seperti Fastcomet hosting karena dilengkapi dengan drive SSD. Seperti yang lainnya, pertumbuhan situs membutuhkan kesabaran dan otak yang selalu aktif, gunakan otak Anda dan tentukan apakah strategi SEO yang diberikan sesuai untuk blog atau situs Anda.

Luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali situs WordPress Anda setelah menerapkan beberapa teknik ini. Periksa apakah ada sesuatu yang lebih baik untuk situs Anda atau tidak. Idealnya, Anda akan melihat peningkatan lalu lintas organik yang signifikan di situs Anda.