Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Komentar Disqus di Blog Tanpa Koding

Pada artikel kali ini Sepokat Indonesia membagikan tutorial mendaftar, memasang, dan mengimport komentar Disqus pada blog blogspot. Seperti yang ketahui Saat ini bahwa sebagian besar website dan blog di dunia menggunakan sistem komentar yang di sediakan oleh Disqus dan meninggalkan sistem komentar bawaan dari masing-masing platform mereka.

Komentar Disqus
Pada jaman dulu sebelum media sosial merajai dunia komentar ini sempat mengalami banyak bug sehingga ditinggal oleh penggunanya. Namun dengan tekat dan terus berinovasi akhirnya penyedia plugin atau widget komentar yang bernama Disqus ini mampu menjadi sistem komentar terfavorite sampai hari ini.

Namun Sepokat Indonesia tidak memilih sistem komentar Disqus untuk dipasang pada blog yang sedang Anda baca saat ini. Alasannya karena Sepokat Indonesia lebih suka saja sama komentar bawaan blogger, tidak ada alasan khusus mengapa blog yang sedang Anda kunjungi saat ini tidak menggunakan komentar Disqus.

Sistem komentar Disqus menawarkan berbagai macam fitur yang sangat melimpah, contohnya adalah penambahan emoji, reaction button (love, funny, upvote, surpised, sad, angry), dan mampu melampikan gambar di dalam komentar. Selain itu, sistem komentar ini memiliki tampilan yang sederhana yang sangat nyaman untuk dilihat. Jika Anda tertarik untuk memasang komentar Disqus pada blog Anda, silahkan ikuti tutorial dibawah ini sampai habis.

Cara daftar akun Disqus

Yaps, salah satu syarat untuk memasang komentar ini adalah memiliki akun Disqus. Akun yang dibuat akan berfungsi untuk mendaftarkan blog Anda agar dapat di pasang komentar Disqus. Untuk langkah-langkah mendaftarnya sudah Sepokat Indonesia sajikan lengkap sebagai berikut:

  1. Buka website disqus.com dan klik tombol Get Started untuk mendaftarkan akun baru.
  2. Pilih dengan apa Anda ingin membuat akun Disqus. Bisa dengan akun sosial media atau alamat email. Setelah itu isi informasi yang dibutuhkan dan klik Signup.
  3. Pilih “I want to install Disqus on my site.” Untuk memasang Disqus di blog.
  4. Isi nama website dengan nama blog Anda dan pilih kategori blog-nya juga. Setelah itu klik tombol Create Site.
  5. Tentukan plan yang ingin Anda gunakan. Pada tutorial ini Sepokat Indonesia memilih plan basic, karena alasannya gratis.

Jika Anda sudah menentukan plan maka selanjutnya klik “Continue on Basic” dan Anda secara otomatis akan di arahkan ke halaman pemilihan platfrom. Untuk proses pendaftaran akun Disqus sampai disini memang sudah selesai, namun belum sampai proses pemasangan kolom komentarnya. Disana Anda akan diperintahkan untuk memilih platfrom apa yang digunakan pada blog Anda, lebih lengkapnya Sepokat Indonesia tulis dibawah ini.

Cara memasang komentar Disqus di blog blogspot

Setelah Anda klik “Continue on Basic” pada langkah cara mendaftar akun Disqus di atas maka Anda akan diarahkan ke halaman pemilihan platfrom. Untuk tutorial lengkapnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pilih Blogger. Kenapa pilih blogger? Karena blog blogspot merupakan platfrom blogger.
  2. Setelah memilih platfrom, silahkan pilih opsi ke 1 “Add (nama blog Anda) to my Blogger site”.
  3. Selanjutnya Anda akan otomatis di arahkan ke halaman blogger untuk memasang widget Disqus, pada langkah ini klik “Add Widget” untuk melanjutkan.
  4. Silahkan muat ulang atau buka salah satu postingan di blog Anda, maka halaman komentar blog Anda sudah berubah dan terpasang komentar Disqus.

Cara import komentar bawaan blogspot ke komentar Disqus

Jika blog Anda masih baru atau belum ada yang berkomentar maka Anda tidak perlu melanjutkan sampai ke tahap ini. Jikalau blog Anda sudah berusia lama atau sudah memiliki banyak komentar maka Anda harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka kembali tab intruksi pemasangan komentar Disqus. Setelah itu pilih opsi ke dua (import your exiting blogger comments into Disqus at Discussion > Import).
  2. Langkah selanjutnya klik “import comment from Blogger
  3. Setelah itu akan terbuka tab baru yang akan mengarahkan Anda untuk login ke akun blogger. Setelah itu silahkan login dan klik Allow.
  4. Pilih blog Anda yang komentarnya akan di import.
  5. Buka link sinkronisasi agar segera dapat di import.

Untuk mengecek komentarnya sudah di import atau belum caranya Anda bisa membuka salah satu artikel yang sebelumnya pernah dikomentari dengan komentar bawaan blogger. Sampai disini untuk tutorial pemasangan komentar Disqus pada blog blogspot sudah selesai, maka Anda bisa membaca artikel menarik lainnya pada blog ini. Untuk cara memasang komentar disqus pada pengguna wordpress selengkapnya di bawah ini.

Cara memasang komentar Disqus di Blog Wordpress

Pada langkah cara memasang komentar di blog Wordpress hampir sama dengan memasang di blogspot, Anda harus mendaftar akun Disqus terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya. Berikut dibawah ini cara lebih lengkapnya.

  1. Ketika sudah sampai di pemilihan platfrom, pilih WordPress.
  2. Sekarang kita akan memasang plugin Disqus, caranya login ke dashboard WordPress > buka menu Plugins > kemudian klik Add New.
  3. Selanjutnya cari plugin komentar Disqus di kolom pencarian dengan mengetik “Disqus Comment System” dan klik Install Now.
  4. Setelah berhasil menginstal, silahkan klik tombol Activate untuk mengaktifkan sistem komentar Disqus.
  5. Berikutnya kita akan setting plugin-nya, caranya buka menu Comments > klik tulisan Disqus.
  6. Setelah itu upgrade database dengan menekan tombol Upgrade.
  7. Masukan username dan password akun Disqus yang tadi sudah didaftarkan sebelumnya, setelah itu klik tombol Next.
  8. Pilih blog Anda yang akan dipasang komentar komentar Disqus dan klik Next.
  9. Terakhir, klik tulisan “Continue to the moderation dashboard” untuk menyelesaikan pemasangan sistem komentar Disqus pada blog Anda.

Sampai disini proses pemasang komentar Disqus pada blog WordPress Anda sepenuhnya sudah selesai. Selanjutnya tinggal melihat hasilnya dengan membuka salah satu postingan pada blog Anda. Oh iya sedikit pengetahuan untuk Anda pengguna WordPress, komentar Disqus dipercaya lho untuk membuat halaman blog Anda menjadi lebih ringan. Pasalnya beban server komentar akan ditanggung oleh Disqus, bukan hosting Anda. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.