Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Hingga Ratusan Juta!

Anda ingin menghasilkan uang bukan? Tentu saja, semua orang ingin dan perlu menghasilkan uang. Anda pernah mendengar tentang cara mudah menghasilkan uang dari blog?, tetapi Anda tidak tahu bagaimana memulainya?, atau mungkin Anda sudah memiliki blog, namun Anda masih bingung bagaimana agar blog tersebut menghasilkan? Oke, baca artikel ini sampai habis biar tahu yang sebenarnya!

uang dari blog
Apa pun alasan Anda, Anda dapat menghasilkan uang dengan blog, baik itu blog untuk hobi atau blog bisnis. Ini bukan percobaan cepat untuk menjadi kaya, tetapi jika Anda melakukannya dengan benar Anda pasti berhasil. Mari selami dan lihat bagaimana Anda bisa mendapat uang dari blog Anda.

Monetisasi dengan iklan BPK atau CPM

Salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan memasang iklan di situs/blog itu sendiri. Ada dua jenis iklannya:

  • Iklan BPK / PPC: Iklan yang di bayar per klik biasanya berupa spanduk yang Anda tempatkan di konten atau bilah sisi/samping blog Anda. Setiap kali pembaca mengklik iklan, Anda akan dibayar.
  • Iklan CPM: Iklan yang dibayar per 1.000 tayangan adalah iklan yang menghasilkan uang berdasarkan jumlah pengunjung yang melihat iklan di blog Anda. Jika sudah mencapai target tayang maka Anda akan dibayar.

Jaringan paling populer untuk menempatkan iklan jenis ini adalah Google AdSense. Dengan program ini, Anda tidak perlu berurusan langsung dengan pengiklan; Anda cukup meletakkan banner di blog Anda, Google akan memilih iklan yang relevan dengan konten Anda dan audiens blog Anda. Banyak program serupa yang tersedia jika Anda menemukan bahwa AdSense tidak tepat untuk Anda. Salah satunya adalah Infolinks, dan Media.net.

Monetasi dengan jaringan iklan secara pribadi

Bekerja dengan jaringan iklan bukan satu-satunya pilihan Anda dalam menjual iklan. Jika lalu lintas Anda cukup tinggi, pengiklan dapat langsung mendatangi Anda dan meminta Anda untuk menempatkan iklan mereka di blog Anda. Anda juga dapat mencari pengiklan sendiri. Perbedaan terbesar dari opsi yang disebutkan di atas adalah bahwa tidak ada perantara, yang berarti Anda dapat menetapkan tarif iklan Anda sendiri.

Penjualan iklan ini dapat berbentuk spanduk, tombol, atau tautan. Anda bahkan dapat menghasilkan uang dengan menulis konten yang disponsori di mana Anda menulis atau me-review produk maupun layanan pengiklan.

Cara Anda mendapatkan uang dengan ini dapat bervariasi. Misalnya, Anda dapat menagih satu biaya untuk tautan dalam konten. Jika Anda meng-host iklan banner, Anda dapat menagih pengiklan Anda setiap bulan.

Ikut program pemasaran afiliasi

Mengikuti program pemasaran afiliasi juga merupakan cara yang hebat untuk menghasilkan uang melalui blog Anda. Dibawah ini adalah cara kerja program pemasaran afiliasi:

  • Pengiklan memiliki produk yang ingin mereka jual melalui blog Anda. Dia setuju untuk memberikan Anda komisi untuk setiap penjualan jika pembeli berasal dari blog Anda.
  • Pengiklan akan memberikan Anda tautan unik yang mengikuti kode afiliasi Anda. Jadi, dia tahu kapan pembeli menggunakan tautan Anda untuk melakukan pembelian.
  • Anda akan memasukkan tautan afiliasi Anda di blog Anda. Anda dapat melakukannya langsung pada konten atau melalui iklan banner. Jika pembaca mengklik tautan unik Anda dan membeli produk yang Anda rekomendasikan, Anda mendapatkan komisi dari apa yang di beli oleh pengunjung dari blog Anda.

Anda dapat memanfaatkan pemasaran afiliasi melalui jaringan iklan seperti Amazon Associates atau membuat kemitraan pribadi dengan pengiklan dan perusahaan afiliasi.

Menjual produk digital di blog

Jika Anda memilih untuk tidak mengiklankan produk orang lain di blog Anda atau jika Anda mencari sumber pendapatan lain, pertimbangkan juga untuk menjual produk digital. Ini dapat mencakup hal-hal seperti:

  • eBook
  • Kursus / workshop online
  • Gambar, video, atau musik yang dapat digunakan orang dalam konten mereka sendiri
  • Aplikasi, plugin, atau tema

Ingat bahwa jika Anda memilih salah satu dari jalur ini, Anda harus membuatnya relevan dan bermanfaat bagi pembaca Anda. Banyak blogger membuat kesalahan dengan berasumsi bahwa mereka sedang mengembangkan produk yang dibutuhkan pembaca mereka.

Dengarkan dulu pembaca Anda, lalu buat produk digital yang memenuhi kebutuhan mereka. Dengan kata lain jualah produk sesuai dengan tema pembahasan di blog Anda, contohnya jika blog Anda bertema pendidikan maka Anda bisa menjual eBook tentang lulus ujian dengan nilai yang memuaskan.

Gunakan blog sebagai alat pemasaran untuk bisnis Anda

Anda bisa juga untuk menjual produk fisik di blog Anda dan menghasilkan uang dengan cara itu. Anda dapat menjual kerajinan tangan, buku, barang-barang manufaktur dan banyak lagi. Atau Anda mungkin sudah memiliki bisnis dan memutuskan untuk membuat blog untuk mengonversi pelanggan setia.

Misalnya, Anda baru saja membeli ponsel baru dan menjual ponsel lama Anda. Maka Anda dapat menggunakan blog untuk menarik pengunjung ke situs web tempat Anda menjuadl ponsel lama Anda.

Kebanyakan blogger tidak melihat adanya peningkatan pendapatan mereka selama beberapa bulan (kadang-kadang beberapa tahun) setelah memulai blog mereka. Sebelum melangkah terlalu jauh di blog, ingat tip kecil ini:

  • Buat konten berkualitas

Anda tidak akan pernah menghasilkan uang dari blog Anda jika tidak ada orang yang membaca konten blog Anda. Lagi pula, pembaca Anda adalah orang-orang yang akan menghasilkan uang untuk Anda, entah mereka mengklik iklan Anda atau membeli produk Anda. Pastikan selalu memprioritaskan pembaca Anda.

  • Jangan habiskan waktu Anda secara berlebihan di blog Anda

Mengembangkan blog yang sukses seringlah terkait dengan membangun hubungan. Ini dapat mencakup hubungan dengan sponsor, mitra afiliasi, atau blogger lain yang dapat mengarahkan lalu lintas ke blog Anda. Pastikan untuk meluangkan waktu Anda di forum dan blog lain (atau apa pun yang cocok untuk Anda) untuk membangun hubungan Anda dan blog Anda.

  • Jangan takut untuk bereksperimen

Semua kiat dan cara ini mungkin tidak akan berfungsi untuk Anda. Jangan takut untuk mengubah metode Anda untuk melihat apa yang paling cocok untuk Anda dan pembaca Anda. Ingat, Anda tidak harus menggunakan semua cara yang menguntungkan ini sekaligus. Pikirkan tentang apa yang dilakukan orang lain di blog Anda dan mulailah dari sana.

Seiring waktu, Anda akan belajar apa yang cocok untuk Anda dan apa yang tidak cocok untuk Anda. Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan blog Anda, cara apa yang akan Anda mulai? Beri tahu Sepokat Indonesia di bagian komentar.