Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kucing Anggora dengan Baik dan Teratur

Cara merawat kucing anggora dengan baik - sangat tidak etis apabila kita ingin merawat kucing anggora tetapi tidak mengenal apa itu kucing anggora, kita benar-benar perlu mengetahui apa itu kucing anggora, meskipun hanya sekilas melalui postingan ini. Selamat menikmati postingan ini hingga habis.

Dikenal karena tubuh mereka yang panjang, seperti balerina, dan bulu yang lembut dan halus, kucing anggora dianggap sebagai harta karun di tanah air mereka di Turki. Meski penampilannya halus, bagaimanapun, kucing anggora adalah kucing lucu yang bisa menyayangi pemiliknya, dan bersahabat dengan anak-anak atau hewan peliharaan lainnya, tetapi dia akan memberi tahu hewan peliharaan lain itu siapa bosnya.

Jenis alami yang berasal dari Turki pada awal abad ke-15, kucing anggora telah lama dianggap hanya kucing putih dengan mata biru atau hijau. Dan selama bertahun-tahun semua kucing berambut panjang disebut sebagai "Anggora". Hari ini, bagaimanapun, diterima secara luas bahwa Kucing anggora bisa datang dalam berbagai warna dan variasi, termasuk Himalaya, Calico, Tortoiseshell, dan Tabby.

Kucing anggora dapat berkembang di sebagian besar tipe rumah, tetapi paling baik di rumah dengan banyak cinta dan perhatian. Dibandingkan dengan kucing lain, kucing anggora agak membutuhkan, dan tidak suka dibiarkan sendiri. Kucing anggora juga memiliki tingkat energi yang lebih tinggi, dan dapat menimbulkan kerusakan jika dia bosan. Pikirkan: Membuka lemari, menyalakan faucet, atau menjatuhkan barang dari permukaan.

Tidak seperti banyak ras kucing buatan, kucing anggora adalah jenis yang muncul secara alami yang berasal dari Turki sekitar abad ke-15. Tidak ada yang tahu asal-usul pastinya, tetapi diyakini bahwa mereka berasal dari kucing liar Afrika, dan rambut mereka yang panjang dan halus adalah hasil mutasi spontan. Yang lain percaya kucing anggora mengembangkan bulu mereka yang lebih panjang sebagai perlindungan terhadap iklim yang keras dan bersalju di Ankara (sebelumnya Angora).

Terlepas dari cerita asal-usul ini, legenda mengatakan kucing anggora mungkin berasal lebih awal: Di yakini bahwa Muhammad (pendiri agama Islam) pecinta kucing, dan pernah memotong lengan bajunya untuk menghindari gangguan kucing anggora yang tidur di pelukannya.

Referensi tertulis paling awal tentang kucing anggora berasal dari Prancis abad ke-16, jadi secara umum diterima bahwa kucing anggora mulai pindah ke Inggris dan Prancis pada akhir abad ke-15. Pada 1700-an, kucing anggora diimpor ke Amerika.

Kucing anggora dipamerkan di beberapa pertunjukan kucing pertama di akhir abad ke-19, dan ras Persia mulai memasukkannya ke dalam program pengembangbiakan mereka. Sayangnya, hal ini menyebabkan populasi kucing anggora menyusut di seluruh Eropa. Sebagai tanggapan, kucing anggora menjadi harta karun Turki, dan program pengembangbiakan didirikan di Kebun Binatang Ankara untuk melestarikan mereka.

Selama tahun 1950-an, prajurit Amerika yang ditempatkan di Turki melihat kebun binatang kucing anggora dan berusaha untuk membawanya pulang. Meskipun program pengembangbiakan ragu-ragu untuk melepaskan beberapa kucingnya, dua kucing dihadiahkan kepada Kolonel dan Ny. Walter Grant. Kucing ini menjadi dasar dari program pengembangbiakan kucing anggora di Amerika. Selama bertahun-tahun, lebih banyak orang Amerika membawa pulang kucing anggora dan menyebarkannya ke seluruh Amerika Serikat.

Asosiasi Peternak Kucing mulai menerima kucing anggora putih pada tahun 1968, kucing anggora berwarna tidak terdaftar hingga 1978. Saat ini, kucing anggora juga diakui oleh Asosiasi Peternak Kucing Internasional, di antara kelompok lainnya. Bagaimana? Sudah mengenalnya lebih dekat? Sekarang kita langsung masuk ke cara perawatan kucing anggora.

Cara merawat kucing anggora dengan baik

Cara merawat kucing anggora dengan baik

Selamat untuk Anda yang telah memiliki hewan peliharaan baru, semoga kucing anggora Anda dapat menjadi pelengkap keluarga yang baik dan menyenangkan. Sekarang Anda mempunyai hewan peliharaan baru, Anda harus mengetahui cara-cara untuk merawatnya dengan baik.

Ada beberapa yang perlu untuk Anda pertimbangkan ketika merawat hewan peliharaan, terutama kucing anggora. Upaya yang paling tepat untuk merawat kucing anggora adalah dengan membawanya ke dokter hewan, agar mendapat pemeriksaan kesehatan kucing anggora secara umum.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan saran-saran yang mungkin Anda belum ketahui dalam merawat kucing anggora dengan baik. Saya yakin Anda ingin mempunyai kucing anggora yang panjang umur, sehat, dan aktif, dapat itu semua dengan konsultasi ke dokter hewan, karena mereka mengerti bagaimana kondisi kucing anggora Anda saat ini.

Tetapi, tidak ada salahnya juga apa bila Anda mencari informasi tersebut di internet. Karena itu memanglah umunya, Anda dapat menemukan beberapa indikasi yang mungkin tepat dan sesuai dengan kondisi kucing Anda saat ini. Oleh karena itu, di harap semoga postingan ini dapat menjadi bermanfaat untuk Anda, atau setidaknya menjadi bahan perbincangan Anda ketika ke dokter hewan nanti.

Berikan kandang yang nyaman dan pribadi

Ini adalah hal yang wajib untuk Anda, berikan dia tempat tinggal yang layak, seperti Anda tinggal di rumah Anda saat ini. Anda tidak boleh egois terhadap yang Anda miliki saat ini, meskipun Anda mempunyai hak untuk itu. Kucing membutuhkan tempat yang nyaman untuk beristirahat, siapkan rumah yang benar-benar untuk baik untuk mereka beristirahat tanpa terganggu.

Selain itu, sediakan juga tempat untuk mereka buang air, siapkan kotak kotoran hewan di tempat yang terjaga privasinya. Bukan hanya Anda yang butuh privasi ketika pergi ke toilet untuk buang air, kucing juga perlu itu agar mereka tidak terganggu, Anda benar-benar harus membuat mereka merasa aman dan nyaman.

Siapkan makanan yang sesuai untuknya

Meskipun Anda bisa menyadari kucing anggora bisa saja senang ketika diberi makan dengan makanan kering komersial yang ada di toko hewan, sekalipun itu memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi. Tetapi Anda perlu untuk memberikan dia makanan yang alami juga, biarkan makanan mereka tetap seimbang.

Mungkin pagi ini Anda bisa memberikan dia sarapan kering komersial agar lebih mudah dan tidak mengganggu aktivitas Anda, tetapi untuk siang atau malam hari Anda perlu untuk memberikan dia makanan alami. Jika Anda ingin mencampurnya, makanan komersial dan makanan alami secara langsung itu tidak apa-apa, yang terpenting itu tetap seimbang.

Beri dia mainan dan waktu bermain

Kucing yang aktif adalah kucing dambaan bagi beberapa orang, pemiliknya akan senang ketika memiliki kucing yang gemar berlari kesana kemari untuk mengejar sesuatu. Ada banyak mainan yang bisa Anda berikan, entah itu bola maupun laser titip merah, pastikan mainan-nya tetap beragam.

Jangan memberi kucing dengan hanya satu mainan, ini akan membuat dia bosan dan malas-malasan. Anda bisa jadi tidak suka dengannya karena dia sudah tidak lagi aktif untuk mengejar sesuatu. Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi, berikan dia mainan yang beragam ya, ingat jangan hanya satu.

Sediakan alat penyalur sifat alami mereka

Anda menerima kenyataan ini jika kucing Anda akan senang menggaruk apapun yang ada di sekitarnya, bersiap-siaplah jok sepada dan motor Anda akan robek-robek karenanya. Itu memanglah sifat alami mereka, kucing butuh untuk menggaruk sesuatu agar kuku-kuku mereka tetap terjaga dengan baik.

Jika Anda tidak menginginkan hal itu terjadi, berikan alternatif yang bervariasi agar dia tidak merusak barang-barang kesayangan Anda. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk menutupi barang-barang Anda di rumah dengan pelindung. Neskipun barang Anda terjaga saat ini, pastikan kuku dia juga terjaga dengan baik dan tersedia alternatif untuk mereka dapat menggaruk.

Merawat bulu kucing anggora setiap saat

Hal yang cukup penting untuk Anda perhatikan ketika merawat kucing adalah bulunya, semakin bulunya dalam keadaan baik dan sehat pasti semakin besar pula rasa sayang kita kepadanya. Oleh karena itu pastikan bulu-bulu mereka tetap terawat, salah satunya adalah dengan menyikatnya.

Sikat bulu kucing ketika Anda sedang bersantai dengannya, tetapi jangan lupa untuk memberikan mereka makanan yang lezat ketika melakukannya, agar kedekekatan Anda dengan kucing anggora akan tetap tumbuh dan terjaga, bahkan kucing anggora Anda akan mengasosiasikan itu adalah aktivitas positif.

Ketika terdapat bulu-bulu yang kusut atau menggumpal dan tidak dapat diperbaiki, mungkin Anda akan mengambil opsi untuk memotong bulu tersebut. Saat Anda memulai memotongnya, pastikan gunting yang digunakan memiliki ujung yang tumpul. Jaga jaraknya ketika itu, jangan sampai mengenai kucing anggora Anda, segera jauhkan gunting ketika selesai.

Memandikan sesuai anjuran dokter

Tidak semua kucing memiliki waktu yang sama untuk dimandikan, Anda harus mengerti tentang kondisi kucing anggora Anda saat itu. Mungkin Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum memulai memandikannya, terkadang kucing yang belum dewasa tidak baik untuk dimandikan, kecuali dengan alasan medis. Anda bisa membaca postingan berikut jika kucing Anda masih kecil, “Cara merawat kucing kecil”, silahkan di klik tautan itu.

Membersihkan telinga-nya ketika kotor

Mungkin Anda akan kaget ketika menyadari ketika terdapat banyak kotoran pada telinga kucing, memang itu cukup wajar. Oleh karenanya Anda perlu untuk membersihkannya ketika kotor, jangan biarkan begitu saja jika Anda tidak ingin kucing anggora Anda menjadi tidak sehat dan sakit.

Potong kuku kucing secara rutin

Sebagian orang membiarkan kuku kucing mereka tetap tumbuh alami, bahkan tidak pernah memotong kuku kucing mereka selamanya. Kucing dapat merawat kuku-nya sendiri dengan baik tanpa bantuan manusia, biasanya mereka menggaruk-garukkan kukunya pada suatu benda.

Namun jika Anda tipikal orang tidak menyukai jika kuku kucing anggora Anda panjang dan runcing, Anda perlu untuk memotongnya dengan baik. Sebenarnya ada alasan mengapa Anda perlu memotong kuku kucing, ini agar mengurangi resiko orang disekitanya terluka karena cakaran kucing yang memiliki kuku runcing dan panjang.

Ketahui hukum pemilik kucing anggora

Anda harus menerima kenyataan jika ada banyak hukum-hukum yang tidak kita ketahui saat ini, terutama dalam undang-undang maupun pasal-pasal yang terdapat pada hukum negara. Jika Anda pernah memikirkan tentang desexing kucing, Anda harus mengetahui hukum tentang itu, daripada Anda terkena sanksi ataupun hukuman.

Anda dapat berkonsultasi kepada ahli hukum di wilayah Anda tentang itu, atau jika perlu sekalian juga ke pemuka agama Anda. Ketahui hukum-hukum apa yang sesuai dengan kepercayaan, tradisi, maupun budaya Anda. Kita memang perlu menerima ini, cobalah cari tentang itu di sumber terbaru, atau pada ahlinya langsung.

Berikan asuransi khusus hewan

Bukan hanya kendaraan dan manusia, kini hewan juga perlu asuransi. Ini akan mengurangi beban Anda ketika kucing anggora kesayangan Anda melakukan hal-hal yang tidak di inginkan secara hukum, serta santunan kremasi dan sebagiannya bisa Anda dapatkan melalui asuransi.

Jika Anda benar-benar menyayangi kucing Anda, mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengurang beban Anda ketika terjadi masalah-masalah yang datang di kemudian hari. Temukan asuransi yang tepat, yang sesuai dengan Anda dan maupun kucing Anda.

Latih dia agar nurut dan tidak nakal

Jika Anda ingin kucing anggora dapat melakukan sesuatu yang Anda inginkan, cobalah latih mereka dengan sistem memberi penghargaan. Caranya cukup mudah, ketika dia berhasil melakukan sesuatu yang Anda ingin, berikan dia makanan yang lezat. Jangan ragu untuk memulai melatih kucing.

Atau jika Anda tidak ingin kucing Anda melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan, cukup abaikan kucing anggora Anda. Jangan berikan perilaku buruk Anda kepadanya, apalagi jika memukul, hingga menyiramnya dengan air, ini akan membuat dia takut, stres, dan tidak mau bermain lagi bersama Anda.

Berikan vitamin jika perlu

Apa yang Anda keluarkan, itulah yang akan Anda terima. Ketika Anda memberi kasih sayang yang lebih kepada Anda, maka akan juga akan menerima itu. Nikmati kesenenangan Anda ketika merawat kucing yang sehat, berikan mereka vitamin yang sesuai. Untuk itu Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan, agar bisa memilih vitamin yang tepat dan sesuai dengan kondisi kucing Anda saat ini.

Pastikan lingkungannya bersih dan aman

Ini juga tidak jauh berbeda seperti Anda menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan Anda sendiri, pastikan kandang dan sekitar tempat kucing Anda tinggal selalu bersih dan tidak bau. Bersihkan kotoran-kotoran mereka secara rutin, tidak hanya di dalam kandangnya, Anda perlu memperhatikan yang di luar kandang juga.

Selain itu, pastikan kucing anggora kesayangan Anda terhindar dari berbagai macam bahaya yang dapat menimpa kucing Anda maupun Anda sendiri. Jauhi benda-benda yang mudah terjatuh dan rusak serta memindahkan tumbuhan-tumbuhan yang beracun di lingkungan kucing Anda tinggal. Memang Anda perlu untuk memperhatikan itu secara rutin.

Perhatikan kondisinya setiap saat

Jika Anda tidak mengerti tentang kondisi-kondisi tertentu pada kucing Anda, ini bisa berakibat fatal. Mungkin Anda saat ini tidak tahu jika kondisi kucing anggora Anda sedang tidak baik-baik saja, alangkah baiknya jika Anda kurang ahli tentang ini, silahkan konsultasi dengan dokter hewan Anda.

Dengan memperhatikan kondisi kucing anggora yang lebih baik, ini akan membantu Anda lebih peka terhadap apa yang terjadi pada kucing Anda. Selain itu, dengan sering memeriksa kondisinya secara rutin dapat membantu Anda mengetahui apa yang seharusnya menjadi lebih baik, terutama untuk menjaga kesehatan dan membuat kucing Anda mememiliki umur yang panjang.

Itulah cara merawat kucing anggora yang sepokat indonesia rangkum untuk Anda, jangan merawat kucing dengan sederhana saja. Misalnya hanya memberi makan dan membersihkan kandang, itu benar-benar kurang cukup untuk mereka. Anda perlu memberi perawatan khusus untuknya, khususnya yang sesuai anjuran dokter. Oleh karena itu mungkin tulisan ini bisa jadi bahan perbincangan Anda nanti ketika pergi ke dokter hewan, semoga bermanfaat!