Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut, Gemuk & Lebat

Cara merawat kucing kampung - kucing kampung memang sangat populer di Indonesia, di bandingkan dengan kucing anggora ataupun persia. Kucing kampung di luar negeri biasa disebut moggies ataupun moggy. Kucing kampung sangat mudah kita temukan, bahkan sangat banyak yang merawatnya sebagai hewan peliharaan.

Kucing kampung terkadang di sebut sebagai domestic cat, kucing lokal, maupun kucing rumahan. Namun sebelum Kamu mencoba mengetahui cara merawat kucing kampung, alangkah baiknya juga ketahui fakta-fakta tentang kucing kampung. Kamu harus tahu bahwa kucing kampung tidak mempunyai karakteristik khusus seperti kucing anggora maupun persia.

Dia tidak memiliki bulu yang lebat seperti kucing persia atau anggora, tetapi memang itulah keistimewaan kucing kampung. Itu adalah kucing yang tidak diketahui klasifikasinya, hal tersebut karena sudah bercampur dengan jenis atau ras kucing lain. Jadi bisa dibilang kalau kucing kampung merupakan kucing yang hilang identitas karena percampuran berbagai jenis maupun ras tersebut.

Pada umumnya kucing kampung terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang berbulu pendek dan berbulu panjang. Untuk yang berbulu pendek biasa disebut dengan domestic shorthair, sedangkan untuk yang berbulu panjang biasa disebut domestic longhair. Kucing kampung yang berbulu panjang adalah hasil dari persilangan kucing kampung berbulu pendek dengan kucing berbulu panjang seperti maine coon, ragdoll, maupun persia.

Walaupun kucing kampung adalah perpaduan dari berbagai jenis atau ras kucing lain, ternyata kucing kampung di duga sebagai keturunan kucing liar afrika, atau yang biasa disebut afican wildcat. Dilansir dari halodoc.com (11/03/2021), bahwa kucing kampung sudah diperlihara oleh manusia sejak 10.000 tahun yang lalu loh.

Selain itu, kucing kampung juga memang sangat dikenal sebagai kucing yang paling sehat. Hal tersebut dapat Kamu percaya, karena kucing kampung mempunyai genetic pool yang yang sangat luas. Karena kucing kampung merupakan perpaduan dari berbagai ras atau jenis kucing lain, menjadikan dia relatif tidak mempunyai isu genetik yang membahayakan.

Kucing kampung juga tidak membutuhkan perawatan yang terlalu khusus seperti kucing lain, Kamu betul-betul bisa merawat kucing kampung dengan sangat sederhana. Meskipun hanya dengan memberi dia makan dengan rutin, dan menjaga kebersihan dia itu sudah cukup.

Tetapai jika Kamu menginginkan kucing kampung yang Kamu miliki mempunyai umur panjang dan selalu terjaga kesehatannya, Kamu perlu untuk memberi dia perawatan yang khusus. Merawat dengan sederhana saja mungkin tidak cukup, oleh sebab itu Kamu bisa simak postingan ini sampai habis.

Cara merawat kucing kampung yang masih kecil

kucing kecil
Jika kucing kampung yang Kamu miliki masih kecil, sepertinya kamu perlu mengetahui secara khusus. Postingan ini mungkin tidak cocok untuk kucing-mu. Coba membaca dengan mengeklik tautan berikut, “Cara merawat kucing kecil”, itu akan membantu Anda merawat kucing kampung kecil dengan khusus.

Karena kucing kampung dengan usia sedikit lebih dewasa pasti akan berbeda perawatannya dengan kucing kecil. Jadi jangan samakan merawat kucing kecil dengan yang dewasa, dan begitupun sebaliknya. Jika Kamu memaksanya, bisa-bisa malah timbul masalah yang tidak di inginkan kepada kucing kecil-mu.

Cara merawat kucing kampung untuk pemula

kucing kampung
Ketahui hukum bagi pemilik kucing

Cukup penting bagi kamu mengetahui apa saja aturan-aturan, khususnya tentang desexing dan microchopping kucing kampung. Beberapa aitram, atau bahkan banyak aturan mungkin tidak kita ketahui, oleh karena itu mungkin kita dapat terjerat hukuman. Apapun caranya Kamu sebisa mungkin ketahui itu. Kamu perlu mencari sendiri di berbagai sumber terbaru ataupun datang ke penasihat hukum, karena aturan terkadang berubah dan di revisi mengikuti zaman.

Mungkin Kamu salah satu dari beberapa orang yang betul-betul tidak mengetahui aturan tentang itu, itu sangat rentan bagi Kamu untuk dapat di hukum. Menindak dan memberi hukuman itu cukup mudah dilakukan, terutama kepada kita yang tidak mengetahui pasal-pasal. Kamu memang perlu betul-betul menerima kenyataan itu.

Beberapa negara mungkin mempunyai aturan dan distribusi atau proses sosialisasi hukum yang berbeda, pastikan hukum itu merupakan yang terbaru, jangan salah, siapa tahu yang Kamu ketahui merupakan versi lama yang sudah usang. Tanyakan hal itu kepada ahlinya di daerah Kamu tentang undang-undang, pasal-pasal, ataupun hukum.

Jika Kamu merupakan orang yang mempunyai keyakinan maupun agama, mungkin Kamu juga perlu untuk konsultasi kepada ahli agama Kamu tentang itu. Dia bisa memberi Kamu saran tentang hal-hal yang sebagaimana disebut tadi yang sejalan dengan kepercayaan, budaya, dan tradisi Kamu.

Berikan asuransi untuk kucing kampung Kamu

Saat ini banyak sekali penyedia asuransi hewan, mungkin jika perlu Kamu bisa memberikan kucing kampung  Kamu asuransi untuk meringankan beban Kamu ketika kucing kampung Kamu membuat masalah yang melibatkan hukum, santusan kremasi mauapun santunan rawat inap, dan lain-lain. Mungkin itu perlu, terutama jika kucing kampung Kamu sangat menyanginya.

Sediakan rumah yang nyaman dan pribadi untuknya

Mungkin kucing kampung terkadang akan senang selalu berada di dekat Kamu, bahkan hingga tertidur lelap di kasur bersama Kamu. Penting untuk memberikan tempat tidur kering yang nyaman untuk-nya, selain itu pastikan juga tempat tidur untuk dia aman dan mudah untuk di bersihkan.

Jangan pernah lupa, Kamu juga harus menyediakan tempat dia untuk membuang kotoran, alat itu biasanya bernama kotak kotoran. Jangan letakkan kotak kotoran-nya ditempat yang umum, coba letakkan di tempat yang tenang dan terjaga privasinya untuk kucing kampung Kamu buang air.

Cara merawat kucing kampung agar nurut

kucing nurut
Berikan dia mainan dan waktu untuk bermain

Waktu bermain adalah yang paling penting jika Kamu ingin mempunyai ikatan dengan kucing kampung Kamu, perlu untuk Kamu menerima kenyataan bahwa kucing kampung sangat suka bermain serta menghabiskan beberapa energi dia untuk mengejar mainan kucing kampung dan berinteraksi dengan kamu.

Berikan dia mainan yang beragam, hal itu dapat membantu kucing kampung Kamu tetap aktif dan tidak cepat bosan. Memang dia suka mengejar dan menangkap, tetapi Kamu bisa mencoba memasukkan makanan lezat ke dalam tempat makan teka teki, bisa jadi dia akan jauh lebih aktif.

Latih dia sambil memberi penghargaan

Jika Kamu ingin kucing kampung dapat melakukan sesuatu yang di ingikan di masa depan, latihlah dengan sambil memberi-nya penghargaan. Ketika dia berhasil melakukan sesuatu yang Kamu inginkan, beri balasan kepadanya seperti makanan kucing kampung yang lezat, pujian lisan dan sebagiannya. Penghargaan itu akan menguatkan kucing kampung lebih mungkin untuk melakukan hal yang Kamu ingin lagi dan berulang.

Selain itu, jika Kamu tidak ingin kucing kampung melakukan hal-hal yang tidak dinginkan, Kamu juga bisa melatihnya. Waktu bermain adalah kesempatan yang tepat untuk mengajari dia sopan santun. Terkadang saat bermain dia bisa saja kasar seperti mencakar dan menggigit, itulah yang mungkin tidak disukai oleh beberapa orang.

Ketika kucing kampung Kamu seperti itu jangan pernah berperilaku buruk padanya, seperti memukul atau menyiramnya dengan air, itu malah akan membuat dia takut dan menjauh dari Kamu. Hal yang terbaik untuk mengatasi itu adalah dengan mengabaikan perilaku tersebut, atau Kamu bisa mendapatkan nasihat yang pas untuk kucing kampung Kamu dari dokter hewan.

Sediakan alat untuk menyalurkan sifat alami dia

Secara naluriah kucing kampung perlu untuk menggaruk benda-benda untuk menjaga kuku dia agar selalu dalam kondisi yang baik, ya itu memanglah perilaku alami-nya. Sediakan beberapa tiang penggaruk di rumah, itu akan mencegah kucing kampung Kamu menggaruk benda-benda yang tidak di inginkan seperti jok motor.

Selain itu, pastikan benda-benda yang mudah robek seperti jok motor untuk tetap terlindung. Tutup benda yang mudah robek dengan pelindung dan berikan banyak alternatif yang sesuai agar kucing kampung Kamu dapat tetap menggaruk seperti pada kucing kampung yang alami, beberapa kucing kampung senang dengan alas cakaran, Kamu bisa coba sediakan.

Cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat

kucing bulunya lebat
Lakukan perawatan sesering mungkin

Dengan menyikat lembut bulu kucing kampung baik yang sedang maupun yang panjang sangatlah di perlukan, itu akan membantu Kamu mendapat ikatan yang positif antara Kamu dengan kucing kampung Kamu. Selain itu, bisa akan menjadi aktivitas yang menyenangkan sambil merawatnya. Ketika Kamu menyikat bulu kucing kampung, alangkah baiknya dengan memberi dia makanan yang lezat dan pujian lisan, dengan begitu kucing kampung Kamu akan mengasosiasikan itu sebagai hal yang positif.

Kamu juga perlu untuk menghilangkan kulit mati, bulu yang rontok, dan debu. Jangan lupa untuk membantu melepaskan bulu yang kusut atau menggumpal, jangan biarkan dia melakukannya sendiri, karena bisa jadi yang ada bulu-bulu tersebut tertelan olehnya. Bulu-bulu itu bisa menumpuk di perut kucing kampung, itu sangat tidak bagus.

Ketika Kamu ingin menghilangkan bulu yang mengumpal atau bulu yang kusut, cobalah menggunakan gunting yang ujungnya tumpul. Pastikan kulitnya tidak tersentuh, dan segera jauhkan gunting setelah melakukannya. Secara umum kucing kampung tidak perlu Kamu mandikan, karena itu akan membuatnya merasa stres. Jangan mandikan dia kecuali jika direkomendasikan oleh dokter hewan Kamu karena alasan medis jika kucing kampung kamu belum tumbuh besar.

Jangan ragu untuk memberikan vitamin khusus kucing kampung

Kamu perlu memberikan merekan vitamin, jangan sampai gizi mereka tidak tercukupi. Banyak sekali vitamin yang tersedia toko-toko, terutama yang memiliki khasiat untuk membuat bulu kucing kampung sehat dan terjaga. Ini akan sebanding dengan apa yang Kamu keluarkan (uang), nikmati mempunyai kucing kampung dengan bulu yang bagus akan menyenangkan.

Tetapi perlu di ingat, jangan memberi vitamin secara asal-asalan. Kamu perlu untuk konsultasi ke dokter hewan untuk mendapat saran vitamin yang apa untuk kucing-mu sesuai dengan kondisinya. Janganlah asal-asalan, kalo Kamu tidak ingin kucing kampung Kamu sakit dan meninggal.

Jaga kebersihan lingkungan di tempat tinggal kucing kampung

Bukan hanya rumah Kamu yang harus selalu bersih, pastikan Kamu juga memeriksa kandang kucing atau rumah kucing Kamu setiap saat. Jagalah kebersihan di dalamnya, sampai dengan di luar atau lingkungan sekitar tempat kucing-mu. Jangan sampai kotoran-kotoran menempel pada bulu kucing kampung, ini akan membuat bulu dia menjadi tidak bagus, bahkan rontok dan botak.

Setidaknya setiap Kamu bangun tidur, periksalah tempat kucing. Bersihkan kotoran bekas mereka membuang air besar langsung ke tempatnya. Jangan sampai kotoran itu menempel di bulu kucing kampung, cepat bersihkan jika memang sudah menempel, jika tidak dia akan mengering di bulu dan sulit untuk di bersihkan.

Cara merawat kucing kampung agar gemuk

kucing gemuk
Memberikan nutrisi khusus untuk kucing 

Kucing kampung Kamu perlu diberi makanan kombinasi, baik itu makanan kormesial seperti makan ringan maupun makanan alami untuk kucing kampung. Tetapi ketika Kamu mencoba memberi kucing kampung dengan makanan komersial, pastikan itu memiliki kualitas yang tinggi, dan jangan lupa untuk memberi makanan alami agar tersedianya makanan yang seimbang untukn-nya.

Mengenai minuman apa yang harus kucing kampung Kamu minum, sebaiknya jangan memberi dia susu sapi untuk manusia. Yang paling penting adalah dia harus memiliki akses ke air yang bersih dan segar setiap saat. Jika Kamu ingin memberi dia susu, berikan susu bernutrisi yang sesuai dengan kucing kampung.

Perhatikan kondisi kesehatan kucing kampung setiap saat

Yang paling tepat untuk memeriksa kesehatan kucing kampung adalah datang langsung ke dokter hewan, dia dapat menjadi solusi yang tepat untuk hal itu. Dokter hewan akan memeriksa kesehatan kucing kampung Kamu, vaksinasi, pencegahan kutu serta cacing, microchipping, desexing, dan saran baik untuk-mu.

Jika Kamu tidak ingin kucing kampung Kamu melahirkan atau memiliki keturunan secara brutal dan berlebihan, Kamu bisa konsultasi untuk desexing kepada dokter hewan. Jangan melakukan desexing tanpa ahlinya, meskipun niat Kamu baik, Kamu betul-betul perlu dokter khusus untuk hal itu.

Selain itu, ingat juga bahwa beberapa tumbuhan atau tanaman di sekitar rumah Kamu, pastikan tanaman atau tumbuhan di sekitar tempat kucing kampung Kamu bermain tidak beracun. Penting untuk Kamu agar membiasakan diri dengan hal itu, menyingkirkan benda-benda berbahaya pada kucing kampung Kamu. Jangan sampai kucing terluka dan sakit, ini dapat membuat mereka kurus.

Sediakan rumah kucing kampung di ruangan AC

Tahukan kamu? Jika menempatkan kucing kampung di tempat yang sejuk atau sedikit dingin akan membuat kucing kmpung jada malas, dia hanya tidur makan dan tidak memiliki banyak aktivitas. Oleh karena itu ini akan membuat kucing kampung Kamu akan gemuk dengan sangat cepat. Tetapi ini harus sangat sesuai, jika tidak, maka kucing kampung Kamu akan stres dan malah kurus.

Dan perlu di ingat juga, jangan pernah mengurung kucing kampung di dalam ruangan yang ber AC dalam waktu yang sangat lama. Pastikan dia berada di bawah sinar matahari saat di pagi hari, kucing kampung juga butuh bermain di alam langsung. Setidaknya di halaman rumah, bukan di dalam kamar.

Itu dia cara merawat kucing kampung dengan baik dan teratur, mungkin kamu perlu untuk konsultasi ke dokter hewan lebih lanjut. Tulisan yang telah di tulis di atas bisa jadi bahan perbincangan-mu ketika datang ke dokter hewan nanti, semoga bermanfaat ya!