Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kucing Kecil dengan Baik dan Teratur

Selamat atas bertambahnya makhluk baru di keluarga Anda, kucing adalah hewan peliharaan yang cocok untuk pelengkap keluarga. Sekarang setelah Anda memiliki anak kucing kecil, Anda perlu merawatnya dengan baik dan teratur, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika merawatnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membawa anak kucing Anda ke dokter hewan untuk memeriksa kesehatan-nya secara umum. Dokter hewan akan memberikan Anda saran tentang perawatan yang fundamental untuk kucing Anda, atau bahkan memberikan vaksinasi dan pengobatan cacing yang diperlukan.

Jadi jangan terlalu asal ketika merawat anak kucing, Anda perlu mengetahui beberapa aspek penting yang mendasar tentang itu. Jadi langkah pertama yang sangat pantas untuk Anda ambil adalah membawa kucing kecil Anda ke dokter, sementara itu Anda juga bisa mengetahui beberapa aspek mendasar yang mungkin bisa menyambung pembicaraan Anda ketika ke dokter hewan nanti.

Memberikan nutrisi khusus untuk kucing kecil

susu kucing
Kucing kecil Anda perlu diberi makanan kombinasi, baik itu makanan kormesial seperti makan ringan maupun makanan alami untuk kucing. Tetapi ketika Anda mencoba memberi kucing kecil dengan makanan komersial, pastikan itu memiliki kualitas yang tinggi, dan jangan lupa untuk memberi makanan alami-nya agar tersedianya makanan yang seimbang.

Mengenai minuman apa yang harus kucing kecil Anda minum, sebaiknya jangan memberi mereka susu sapi untuk manusia. Yang paling penting adalah mereka harus memiliki akses ke air bersih dan segar setiap saat. Jika Anda ingin memberi mereka susu, berikan susu bernutrisi yang sesuai dengan anak kucing.

Sediakan rumah yang nyaman dan pribadi untuknya

tempat tidur kucing
Walaupun anak kucing terkadang akan senang selalu berada di dekat Anda, bahkan hingga tertidur lelap di kasur bersama Anda. Penting untuk menyediakan tempat tidur kering yang nyaman untuk mereka, selain itu pastikan juga tempat tidur untuk mereka aman dan mudah untuk di bersihkan.

Jangan pernah lupa, Anda juga harus menyediakan tempat mereka untuk membuang kotoran, alat ini biasanya bernama kotak kotoran. Jangan letakkan kotak kotoran tersebut ditempat yang umum, cobalah letakkan di tempat yang tenang dan privat untuk anak kucing Anda buang air besar.

Berikan mereka mainan dan waktu untuk bermain

mainan kucing
Waktu bermain adalah yang paling penting jika Anda ingin mempunyai ikatan dengan kucing Anda, perlu untuk Anda menerima kenyataan bahwa kucing kecil sangat suka bermain dan menghabiskan sebagian energi mereka untuk mengejar mainan kucing dan berinteraksi dengan pemiliknya.

Berikan mereka mainan yang beragam, hal ini akan membantu kucing kecil Anda tetap aktif dan tidak mudah bosan. Memang mereka suka mengejar dan menangkap, Anda bisa mencoba memasukkan makanan lezat ke dalam tempat makan teka teki, mereka akan lebih aktif.

Lakukan perawatan sesering mungkin

perawatan kucing
Dengan menyikat lembut bulu kucing baik yang sedang maupun yang panjang sangatlah di perlukan, selagi kucing masih kecil ini akan membantu Anda mendapat ikatan yang positif antara Anda dengan kucing Anda. Selain itu, ini akan menjadi aktivitas yang menyenangkan sambil merawatnya. Ketika Anda menyikat bulu kucing, alangkah baiknya dengan memberi mereka makanan yang lezat dan pujian lisan, dengan begitu kucing Anda akan mengasosiasikan itu sebagai hal yang positif.

Anda juga perlu untuk menghilangkan kulit mati, bulu yang rontok, dan debu. Jangan lupa untuk membantu melepaskan bulu yang kusut atau menggumpal, jangan biarkan mereka melakukannya sendiri, karena bisa jadi yang ada bulu-bulu tersebut tertelan olehnya. Bulu-bulu itu bisa menumpuk di perut kucing, ini sangat tidak bagus.

Ketika Anda ingin menghilangkan bulu yang mengumpal atau bulu yang kusut, cobalah menggunakan gunting yang berujung tumpul. Pastikan kulitnya tidak tersentuh, dan segera jauhkan gunting setelah melakukannya. Secara umum kucing kecil tidak perlu Anda mandikan, karena itu akan membuatnya merasa stres. Jangan mandikan dia kecuali jika direkomendasikan oleh dokter hewan Anda karena alasan medis.

Latih mereka sambil memberi penghargaan

melatih kucing
Jika Anda ingin kucing kecil dapat melakukan sesuatu yang di ingikan di kemudian hari, latihlah dengan sambil memberi penghargaan. Ketika dia berhasil melakukan sesuatu yang Anda ingin, beri balasan kepadanya seperti makanan kucing lezat, pujian lisan dan sebagiannya. Penghargaan itu akan menguatkan kucing lebih mungkin melakukan hal yang Anda ingin lagi.

Selain itu, jika Anda tidak ingin kucing kecil melakukan hal-hal yang tidak dinginkan, Anda juga bisa melatihnya. Waktu bermain adalah kesempatan yang tepat untuk mengajari dia sopan santun. Terkadang saat bermain mereka bisa saja kasar seperti mencakar dan menggigit, itulah yang mungkin tidak disukai oleh beberapa orang.

Ketika kucing kecil Anda seperti itu jangan pernah berperilaku buruk padanya, seperti memukul atau menyiramnya dengan air, itu malah akan membuat dia takut dan menjauh dari Anda. Hal yang terbaik untuk mengatasi itu adalah dengan mengabaikan perilaku tersebut, atau Anda bisa mendapatkan nasihat yang pas untuk kucing kecil Anda dari dokter hewan.

Sediakan alat untuk menyalurkan sifat alami mereka

sifat alami kucing
Secara naluriah kucing perlu untuk menggaruk benda-benda untuk menjaga kuku mereka agar selalu dalam kondisi yang baik, ya ini memanglah perilaku alami-nya. Sediakan beberapa tiang penggaruk di rumah, ini akan mencegah kucing Anda menggaruk benda-benda yang tidak di inginkan seperti jok motor dan sebagiannya.

Selain itu, pastikan benda-benda yang mudah robek seperti jok motor untuk tetap terlindung. Tutup benda yang mudah robek dengan pelindung dan berikan banyak alternatif yang sesuai agar kucing Anda dapat tetap menggaruk seperti pada kucing umumnya, beberapa kucing suka dengan alas cakaran, coba sediakan.

Perhatikan kondisi kesehatan kucing setiap saat

perawatan kucing
Yang paling tepat untuk memeriksa kesehatan kucing adalah datang langsung ke dokter hewan, mereka akan menjadi solusi yang tepat untuk hal tersebut. Dokter hewan akan memeriksa kesehatan kucing Anda, vaksinasi, pencegahan kutu, pencegahan cacing, microchipping, desexing, dan saran-saran yang baik.

Jika Anda tidak ingin kucing Anda melahirkan atau memiliki keturunan secara brutal, Anda bisa konsultasi untuk desexing kepada dokter hewan. Jangan melakukan desexing tanpa ahlinya, meskipun niat Anda baik, Anda benar-benar perlu dokter khusus untuk hal ini.

Selain itu, ingatlah bahwa beberapa tumbuhan atau tanaman di sekitar rumah Anda, pastikan tanaman atau tumbuhan di sekitar tempat kucing Anda bermain tidak beracun. Penting untuk Anda agar membiasakan diri dengan hal ini, menyingkirkan benda-benda berbahaya pada kucing Anda.

Ketahui hukum bagi pemilik kucing

hukum merawat kucing
Sangat penting untuk mengetahui apa saja pasal-pasal, apalagi tentang desexing dan microchopping. Beberapa pasal, atau bahkan banyak pasal mungkin tidak kita ketahui, oleh karena itu mungkin kita dapat terkena sanksi atau hukuman. Apapun caranya Anda perlu mengetahui itu, memang sudah begitu adanya, anda perlu menggali sendiri di berbagai sumber terbaru atau datang ke penasihat hukum, karena aturan terkadang berubah dan di revisi mengikuti zaman.

Mungkin Anda salah satu dari beberapa orang yang benar-benar tidak mengetahui pasal-pasal tentang itu, ini sangat rentan bagi Anda untuk dapat di hukum atau diberi sanksi. Menindak dan memberi hukuman itu sangat mudah dilakukan, terutama kepada kita yang tidak mengetahui pasal-pasal. Anda memang harus benar-benar menerima kenyataan ini.

Setiap negara mungkin memiliki aturan dan distribusi atau proses sosialisasi hukum-nya masing-masing, pastikan hukum tersebut adalah yang terbaru, jangan salah membaca, siapa tahu yang Anda baca adalah versi lama yang sudah usang. Tanyakan hal ini kepada ahlinya di wilayah Anda tentang undang-undang, pasal, aturan, maupun hukum.

Jika Anda adalah orang yang memiliki keyakinan ataupun agama, mungkin Anda juga perlu untuk mempertanyakan kepada ahli agama Anda tentang ini. Mereka bisa memberi Anda saran tentang hal-hal yang sebagaimana disebut di atas sesuai dengan kepercayaan, budaya, dan tradisi Anda.

Berikan asuransi untuk kucing kecil Anda

asuransi kucing
Saat ini banyak sekali penyedia asuransi hewan, mungkin jika perlu Anda bisa memberikan kucing Anda asuransi untuk meringankan beban Anda ketika kucing kecil Anda membuat masalah yang melibatkan hukum, santusan kremasi sampai dengan santunan rawat inap, dan lain sebagiannya. Mungkin ini perlu, terutama jika kucing kecil Anda berbeda dari kucing yang orang lain miliki.

Itu dia cara merawat kucing kecil dengan baik dan teratur yang sepokat indonesia rangkum untuk Anda, jika ingin mengkritik atau melengkapi silahkan ketik di kolom komentar ya, Jangan lupa untuk bagikan postingan sepokat indonesia kali ini jika Anda rasa bermanfaat, terima kasih!