Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah, Masih Hidup?

Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah - Hewan Di dunia ini terdapat jutaan spesies yang di-klasifikasikan sebagai hewan atau binatang. Makhluk-makhluk ini adapula yang sangat kecil, sangat besar, bahkan beberapa kali lipat dengan ukuran tubuh manusia. Besar binatang bisa diperkirakan dengan panjang, tinggi atau beratnya.

Apakah Anda sebelumnya sudah tahu apa saja hewan terbesar di dunia ini sepanjang sejarah? atau Anda sudah lupa? coba ingat kembali dengan membaca postingan sepokat indonesia kali ini tentang hewan terbesar di dunia sepanjang sejarah sebagai berikut, semoga bermanfaat.

Quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus
bbcchannels.com
Pada zaman berjuta-juta tahun lalu tidak hanya serangga dan burung yang bisa terbang, terdapat pula repti yang mempunyai sayap untuk dan bisa mengudara. Ukuran tubuh mereka sangatlah besar, mungkin diantaranya memiliki besar yang tidak jauh berbeda dengan pesawat mini. Dia bernama Quetzalcoatlus, dia merupakan predator yang memiliki sayap terbesar yang sepanjang sejarah.

Quetzalcoatlus di usul dari nama Dewa Aztec Quetzalcoalt yang di kenal sebagai penguasa langit. Nama-nya sangat cocok untuk ukuran tubuh-nya yang sangat besar. Bagian sayap hampir mencapai 16 meter, beratnya sekitar 250 kilogram. Saat berdiri tanpa mengepekan sayap, hewan ini memiliki tinggi 6 meter.

Hydrochoerus Hydrochaeris

Hydrochoerus Hydrochaeris
cbsnews.com
Binatang seperti tikus, berang-berang, dan tupai merupakan makhluk yang di-kategorikan sebagai binatang pengerat. Binatang yang paling besar dalam kategori tersebut adalah kapibara atau Hydrochoerus hydrochaeris. Binatang tersebut bisa memiliki panjang hingga 1,25 meter dan berat mencapai 66 kilogram. Kapibara sering di kenal sebagai babi air karena ia memiliki ukuran besar da tinggal di danau maupun sungai.

Cyaena Capilata

Cyaena Capilata
telegraph.co.uk
Cnidaria merupakan filum hewan sederhana yang tinggal di laut, termasuk ubur-ubur sampai dengan anemon. Dari semua, yang terbesar adalah Cyaena Capilata atau ubur-ubur surai singa. Ukuran keseluruhannya bisa hingga 36,5 meter loh, ubur-ubur yang sangat besar.

Macropus Rufus

Macropus Rufus
abc.net.au
Kanguru adalah hewan marsupial, mereka merupakan hewan yang berkantung. Macropus rufus atau kanguru merah merupakan salah satu hewan yang bisa di bilang cukup besar untuk saat ini, berat dari kanguru merah maksimalnya adalah 92 kilogram. Kanguru merah memiliki panjang sampai 1,4 meter di tambah dengan ekor yang dapat mencapai 1 meter panjangnya.

Megascolides Australis

Megascolides Australis
earthtouchnews.com
Jika Anda tidak tahan lihat cacing, Anda bisa berlari terbirit-birit jika Anda melihat cacing Australia raksasa atau megascolides australis ini. Cacing tersebut memiliki diameter yang sangat fantastis, yaitu 2 cm. Ini bukan cacing terpanjang, tetapi diameter besar membuatnya layak disebut cacing terbesar di dunia, panjangnya hanya 3 meter.

Macrocheira Kaempferi

Macrocheira Kaempferi
sportdiver.com
Udang, arachnida, serangga, dan juga kepiting merupakan kategori binatang invertebrata berangka luar. Macrocheira Kaempferi atau kepiting laba-laba jepang merupakan salah satu yang paling besar dari kelompok tersebut, kepiting tersebut memiliki berat 20 kilogram dengan kaki 4 meter ketika membentang.

Struthio Camelus

Struthio Camelus
animals.net
Untuk yang selanjutnya ini mungkin Anda sudah tahu sebelumnya, ini adalah salah satu burung paling besar. Struthio Camelus atau burung unta memiliki tinggi hingga 2,75 meter dan bobotnya lebih dari 150 kilogram. Burung unta sangat terkenal sebagai makhluk dengan dua kaki yang dapat belari dengan cepat, dia bisa berlari dengan kecepatan lebih dari 70 kilometer / jam loh.

Architeuthis Dux

Architeuthis Dux
nbcnews.com
Apa Anda pernah memakan cumi-cumi sebelumnya, pasti ukurannya biasa-biasa saja kan. Bagaimana jika dengan cumi-cumi besar dengan panjang hampir 13 meter dan bobot 1 ton. Architeuthis dux atau cumi-cumi raksasa tinggal di laut dalam samudra, mungkin juga masih ada yang lebih besar di sana.

Arthropleura

Arthropleura
wikimedia.org
Selanjutnya adalah kelas hewan berkulit kaku, seperti udang dan lipan. Spesies terbesar untuk kelas ini bernama Arthropleura. Hewan ini diperkirakan ada pada ratusan tahun yang lalu. Bentuk hewan ini tidak jauh berbeda dengan kelabang saat ini.

Terdapat dua antena di kepalanya, memiliki banyak kaki dan juga semacam cangkang atau kulit keras di belakang. Kalau Arthropleura hidup pada saat ini, itu akan menjadi teror manusia terburuk. Bagaimana tidak, hewan ini memiliki panjang 2,5 meter dengan berat tubuh menghampiri 500 kilogram.

Meganeuropsis Permiana

Meganeuropsis Permiana
ytimg.com
Bayangkan nyamuk sebesar telapak tangan Anda, pasti sangat menakutkan. Tetapi tidak lebih menakutkan dari yang satu ini, bernama Meganeuropisis Permiana, ini adalah serangga terbang terbesar yang pernah ada. Ini adalah hewan mirip capung modern hari ini, tetapi bentuknya sangat jauh mengerikan.

Hewan ini diperkirakan ada 300 juta tahun yang lalu dan peneliti menduga kebiasaan mereka persis sama dengan capung saat ini. Tentang ukuran, hewan ini memiliki lebar sayap 70 cm dengan panjang tubuh hampir sebesar tangan manusia dewasa.

Anaconda

Anaconda
ourplnt.com
Jangan bayangkan ular raksasa pada zaman dahulu, karena di era saat ini sudah ada sesuatu seperti itu, ular tersebut Anaconda namanya. Anaconda dapat mencapai ukuran tubuh 6 hingga 8 meter dan berat mencapai ratusan kilogram. Buaya besar-pun tidak akan bergerak jika dililit dengan ular ini.

Anaconda adalah yang terbesar dalam sejarah dengan panjang tubuh 15 meter. Mungkin panjang itu tidak membuat Anda takut, tetapi ular ini memiliki diameter tubuh sekitar satu meter. Besar dan panjang, ular ini akan menjadi teror kemanusiaan terbesar jika muncul saat ini.

Carcharodon Megalodon

Carcharodon Megalodon
nocookie.net
Carcharodon Megalodon adalah leluhur hiu saat ini yang memiliki panjang tubuh 20 meter. Berat badannya bisa sampai 103 ton. Dibandingkan dengan ukuran dengan manusia, kita sangatlah kecil dari tinggi siripnya saja. Ikan ini sering dikatakan ada sejauh ini, jika memang masih ada bisa jadi dia adalah penguasa lautan saat ini.

Spinosaurus

Spinosaurus
cloudinary.com
T-Rex memang besar dan terkenal sebagai predator darat yang mematikan. Tetapi ternyata itu T-Rex bukan yang terbesar, Spinosaurus merupakan predator darat terbesar di Bumi. Bentuk tubuhnya memang hampir seperti T-Rex, tetapi spinosaurus memiliki ciri berbeda dari T-Rex, diamana pada spinosaurus terdapat lengkungan pada bagian punggung. Spinosaurus ada pada ratusan tahun yang lalu, panjang tubuh mulai dari atas sampai bawah adalah 18 meter dengan berat hingga 9 ton.

Leedsichthys Problematicus

Leedsichthys Problematicus
wikimedia.org
Yang selanjutnya adalah salah satu jenis ikan yang memiliki struktur rangka tegak lurus seperti ikan tongkol dan tuna. Tetapi kita tidak sedang membahas ikan tongkol maupun tuna, ini adalah ikan bernama Leedsichthys Problematicus, ikan yang diperkirakan hidup ratusan juta tahun lalu. Panjang ikan ini mencapai 21 meter dengan bobot 50 ton.

Paraceratherium

Paraceratherium
wordpress.com
Gajah menjadi mamalia terestrial terbesar dari zaman saat ini. Hewan yang cerdas dan setia pada kelompok nya ini mempunyai berat 6 ton dan tinggi 4 sampai 5 meter. Jadi mana mamalia terestrial terbesar yang pernah ada? itu bernama Paraceratherium.

Hewan yang satu ini memiliki bentuk seperti tapir, tetapi sekilas seperti badak dengan ciri kaki yang mirip dengan gajah. Hewan ini memiliki panjang tubuh 8 meter dan bobot rata-rata 30 ton. Hewan ini bisa jadi adalah leluhur gajah dan badak, ia hidup puluhan juta tahun yang lalu.

Blue Whale

Blue Whale
7-themes.com
Saat kita mendengar kata mamalia, pikiran kita masih mengarah pada hewan di darat. Sebenarnya ada juga mamalia di laut. Berbicara tentang mamalia terbesar, ternyata predikat mamalia terbesar saat ini adalah blue whale atau paus biru yang di perkirakan masih ada saat ini. Paus biru menjadi makhluk lautan dan mamalia terbesar dengan panjang tubuh hingga 30 meter dan berat sekitar 190 ton.

Amphicoelias Fragillimus

Amphicoelias Fragillimus
nocookie.net
Paus biru yang sebelumnya kita bahas membuat kita menggelengkan kepalanya karena ukurannya yang gila, tetapi siapa yang akan menduga jika masih ada binatang yang lebih besar dari paus biru dan bahkan paling besar sepanjang masa. Makhluk yang memiliki besar dan bahkan terbesar ini adalah Amphicoelias Fragillimus.

Amphicoelias Fragillimus memiliki empat kaki dengan bentuk yang unik dan sangat besar. Karakteristik-nya adalah leher panjang beserta ekornya. Amphicoelias Fragillimus memiliki panjang 58 meter dengan bobot hingga 122 ton, benar benar sangat besar dan panjang ya.

Tidak ke-bayang seperti apa jadinya jika hewan-hewan yang disebut sebelumnya benar-benar masih hidup saat ini, rasanya sangat tidak mungkin apa bila gedung-gedung tingkah serta kehidupan yang nyaman dan tenang. Itu dia postingan sepokat indonesia tentang hewan terbesar di dunia, semoga bermanfaat.