Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Hewan Langka di Indonesia Selain Burung Merak

Hewan langka adalah hewan yang sangat sedikit jumlahnya di alam, hewan langka juga bisa di sebut sebagai hewan yang hampir punah. Hewan langka harus di lerastarikan dengan segera, jangan sampai hewan langka benar-benar lenyap dan tidak ada lagi keberadaannya.

Hal yang menyebabkan hewan menjadi langka atau sedikit jumlahnya di alam adalah karena di buru, entah itu untuk di jual, di jadikan bahan konsumsi, sampai dengan obat tradisional. Tetapi tidak bisa di pungkiri juga, hewan juga dapat menjadi langka apa bila habitatnya tidak terjaga dengan baik, hal tersebut biasanya terjadi karena penebangan hutan secara liar dan sebagiannya.

Agar hewan langka tersebut bisa tetap lestari, kita sama-sama perlu untuk memberikan kesempatan hewan langka untuk berkembang biak maupun memperbanyak diri. Jangan sampai hewan langka benar-benar punah dan tidak bisa kita jumpai lagi selamanya. Untuk kamu yang ingin tau hewan langka apa saja di indonesia, simak postingan berikut sampai habis.

Harimau Sumatra

Harimau Sumatra
Harimau Sumatra adalah harimau yang memiliki ukuran terkecil. Harimau tersebut memiliki warna yang lebih gelap dari semua subspesies harimau lainnya dengan pola hitam lebar dengan jarak yang rapat dan berhimpitan.

Makanan Harimau ini tergantung pada tempat tinggal dan seberapa banyak mangsa. Sebagai predator utama dalam rantai makanan, harimau mempertahankan populasi mangsa di bawah kendali mereka.

Harimau sumatra mempunyai indra penglihatan dan daya dengar yang sangat tajam, hal ini menjadikannya pemburu yang sangat efisien. Harimau ini adalah binatang soliter, dan berburu di malam hari, menguntit mangsanya dengan sabar sebelum menyerang dari samping maupun belakang.

Burung Cenderawasih

Burung Cenderawasih
Burung cendra wasih juga termasuk dalam kategori hewan yang langka, penyebab utama burung ini menjadi langka adalah karena di terlalu banyak di buru, dengan alasan burung tersebut memiliki bulu yang sangat indah. Kasihan banget ya burung cenderawasih harus terancam punah karena di buru.

Orangutan

Orangutan
Orangutan merupakan hewan pohon terbesar, orangutan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pepohonan dan menghabiskan seluruh hidupnya di pepohonan. Tetapi orangutan, terutama jantan akan menghabiskan waktunya untuk pergi mencari makanan maupun bepergian.

Burung Maleo

Burung Maleo
Maleo merupakan burung yang menghabiskan masa hidupnya bersama pasangannya di hutan sulawesi. Burung yang satu ini memanglah sangat unik, Maleo sangat identik dengan burung yang setia dan sangat romantis. Sayang banget ya kalau burung seperti ini sampai tidak ada lagi.

Burung Jalak Bali

Burung Jalak Bali
Burung jalak bali sekilas penampakannya serupa dengan jalak putih dan jalak suren. Tetapi ada yang membedakan dari kedua burung tersebut, terutama pada burung jalak bali. Burung jalak bali sangat khas dengan bulu berwarna putih di seluruh badannya terkecuali pada ujung ekor dan sayap-sayapnya, ujung ekor dan sayap burung jalak balik berwarna hitam.

Selain itu bola matanya juga berwarna coklat tua dengan kelopak mata yang tidak berbulu di sekitarnya dan berwarna biru tua. Pada jenis betina ataupun jantan, burung jalak balik memiliki jambul yang sangat indah.

Kura-kura Leher Ular Rote

Kura-kura Leher Ular Rote
Sesuai dengan namanya, kura-kura ini memiliki bentuk leher panjang yang mirip dengan ular. Kura-kura ini juga di kenal dengan Chelonida mccordi yang juga termasuk ke dalam keluarga Cheloniidae. Kura-kura ini merupakan salah satu dari 25 spesial kura-kura yang paling terancam punah di dunia sejak tahun 2018 lalu dengan kategori Possibly Extinct in the Wil (PEW).

Badak Jawa

Badak Jawa
Badak jawa merupakan salah satu jenis badak yang paling banyak di asia. Walaupun badak jenis ini di sebut badak jawa, badak jenis ini bukan hanya hidup di pulau jawa saja, melainkan di seluruh nusantara, bahkan sepanjang asia tenggara, india, dan tiongkok. Badak jawa benar-benar sangat langka, populasinya di alam sanglah sedikit, bahkan tidak ada di kebun binatang.

Badak jawa kemungkinan merupakan salah satu jenis mamalia yang paling langka. Badak jawa biasanya dapat hidup dalam waktu 30 sampai dengan 45 tahun di alam bebas, badak jawa juga hidup di hutan hujan dataran rendah bersama beberapa hewan lainnya. Padang rumput basah dan daratan banjir besar adalah tempat mereka.

Komodo

Komodo
Komodo yang biasa di sebut dengan nama ora oleh penduk asli pulau komodo, hewan yang satu ini merupakan spesies biawak besar yang dapat kamu jumpai di di pulau komodo, rinca, flores, gili motan, dan gili dasami di NTT (Nusa Tenggara Timur), Indonesia. Hewan yang satu ini telah langkah akibat manusia, karena itu komodo menjadi hewan dilindungi di Indonesia yang habitatnya dijadikan taman nasional.

Elang Flores

Elang Flores
Bunga elang di-klasifikasikan sebagai burung besar dengan panjang tubuh sekitar 60 hingga 79 cm. Kepala putih yang kadang dengan garis-garis cokelat di mahkota-nya. Bagian atas tubuhnya berwarna kegelapan cokelat. Dengan dada dan perut putih berpalang warna yang tipis coklat kemerahan.

Hewan ini adalah salah satu jenis burung endemik Indonesia yang dapat ditemukan di wilayah timur, terutama di pulau Flores, Sumbawa dan Lombok (di perbatasan dengan Taman Nasional Rinjani) dan di dua pulau Satonda dekat Sumbawa dan Rinca dekat Komodo.

Di daerah terdekat dengan pemukiman, ia memiliki kebiasaan mengambil mangsa dari ayam hewan peliharaan, yang membuat elang flores sering diburu petani karena mereka dianggap hama. Makan burung, ular, kadal, dan mamalia kecil.

Burung Bidadari Halmahera

Burung Bidadari Halmahera
Burung ini merupakan salah satu jenis burung cenderawasih dengan ukuran yang sedang, kira-kira 28 cm dengan warna cokelat zaitun. Burung bidadari halmahera yang jantan memiliki mahkota yang berwarna ungu dan ungu pucat yang mengkilap serta bagian dadanya yang berwarna hijau zamrud.

Yang paling indektik dengan burung bidadari halmahera ini yaitu dua pasang bulu putih yang panjang dan keluar menekuk dari sayapnya, bulu tersebut bisa ditegakkan atau diturunkan sesuai keinginan mereka. Untuk burung bidadari halmahera yang betina kurang menarik dengan warna cokelat zaitun serta ukurannya yang lebih kecil dengan ekor panjang yang berbeda dengan yang jantan.

Tarsius Tarsier

Tarsius Tarsier
Tarsius tarsier juga sering dikenal dengan sebutan kera hantu, hewan hantu, dan monyet hantu. Tarsius tarsier merupakan salah satu jenis primata kecil dengan tubuh yang berwarna cokelat kemerahan dan warna kulit yang kelabu. Tarsius tarsier memiliki mata yang besar serta telinga yang mengarah ke depan dan berbentuk lebar.

Tarsius tarsier memiliki mata yang besar, bahkan lebih besar dari otaknya sendiri. Meskipun tarsius tarsier memiliki penglihatan yang tajam dalam kegelapan, tetapi mereka hampir tidak dapat melihat pada siang hari. Hewan yang satu ini memang sangat unik, dia dapat memutar kepalanya hampir 180 derajat, baik ke kanan maupun ke kiri.

Badak Sumatra

Badak Sumatra
Hewan langka berikut adalah badak sumatra, hewan ini adalah salah satu hewan berstatus kritis yang satu langkah menuju kepunahan di alam liar. Hewan ini hidup di pengununga, hutan, rawa, dan hutan hujan sekunder di dataran rendah ataupun tinggi.

Hewan ini mendiami wilayah perbukitan yang tidak jauh dengan air, khususnya di bagian atas lembah-lembah yang curam dan semak belukar yang banyak. Hewan ini tersebar secara berkesinambungan sampai jauh ke utara, yaitu birma, india timur, serta bangladesh.

Anoa

Anoa
Anoa merupakan jenis mamalia terbesar yang hidup di darat sulawesi dan buton, beberapa orang mengenal anoa dengan sebutan kerbau kerdil. Hewan yang satu ini tersebar di hampir seluruh pulau sulawesi.

Anoa memiliki dua spesie, yaitu anoa pegunungan dan anoa dataran rendah. Kedua jenis tersebut hidup di dalam hutan yang tak terjamah oleh manusia, dua-duanya juga masuk ke dalam jenis yang agresif dan sulit untuk dijinakkan, apa lagi dijadikan hewan ternak.

Keduanya di bedakan berdasarkan tanduk dan ukuran tubuhnya, anoa gunung relatif lebih kecil dengan tanduk yang melingkar. Sedangkan anoa dataran rendah memiliki tubuh yang lebih besar dan memiliki tanduk kasar dengan manpang segitiga.

Gajah Sumatra

Gajah Sumatra
Hewan yang satu ini merupakan subspesies dari gajah asia yang berhabitat di pulau sumatra. Hewan yang satu ini memiliki bentuk yang lebih kecil di bandingkan dengan subspesies gajah india. Gajah sumatra juga termasuk dalam hewan langka, karena gajah sumatra adalah spesies yang sangat terancam dan populasinya semakin menurun.

Gajah sumatra memiliki berat badan yang sangat super, yakni mencapai 6 ton dengan tinggi 3,5 meter pada bahu. Hewan yang satu memang salah satu mamalia terbesar di Indonesia, rata-rata umurnya hingga 70 tahun. Hewan yang cerdas memiliki orang lebih besar dari pada mamalia dari lainnya, kupingnnya yang besar membuat gajar dapat mendengar dengan baik dan mampu membantu mengurangi panas pada tubuhnya.

Nah itu beberapa hewan langka di indonesia, jangan sampai kamu memberi hewan tersebut. Biarkan mereka hidup lebih lama dan dapat berkembang biak agar dapat di jumpai dengan mudah. Keseimbangan alam perlu untuk terjaga, jika bukan kita yang menjaga, siapa lagi.

Referensi