Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Hewan Peliharaan Favorit Keluarga & Mudah Dirawat

Hewan peliharaan merupakan pilihan bagi sebagian orang dengan berbagai alasan, mulai dari menjaga rumah, untuk menambah teman ketika sepi, sampai bahkan menjadi pelengkap suatu keluarga. Ya memang pada nyatanya hewan sering kali memberi dampak positif bagi kehidupan kita, mulai dari melindungi anggota keluarga dari bahaya, dan juga mampu mengurangi rasa cemas serta meningkatkan rasa bahagia yang lebih dalam hidup.

Bahkan peneliti dari Blue Cross yang dilansir dari mirror.co.uk pada hari rabu bulan juni tahun 2016 lalu menemukan bahwa orang yang mempunyai hewan peliharaan memiliki hidup yang lebih bahagia serta menjadi lebih sering melakukan hal-hal positif seperti olah raga di bandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai hewan peliharaan. Nah, hewan-hewan berikut mungkin bisa jadi cokok untuk peliharaan kamu:

Landak Mini

Landak Mini
trubus.id
Landak mini adalah salah satu hewan yang kecil yang aktif pada malah hari, ini bisa jadi alternatif hewan peliharaan untuk kamu yang sering aktif pada malam hari seperti landak mini ini. Meskipun kamu tidak bisa menemaninya di siang hari, tidak apa-apa, karena landak mini memang suka hidup menyendiri alias soliter, jadi kamu tidak perlu menemaninya sepanjang waktu.

Walaupun landak mini mempunyai duri, tetapi kamu tidak perlu khawatir untuk merawatnya, mereka bukan hewan yang suka melukai kok. Selain itu memelihara landak mini juga mudah, kamu bisa memandikan hewan ini sebulan satu kali, serta memberi makannya ulat hongkong atau makanan kering yang praktis dan sudah tersedia banyak di toko-toko keperluan hewan.

Marmut

Marmut
greeners.co
Marmut merupakan hewan yang sangat lucu dan mengemaskan, marmut adalah hewan peliharaan yang cocok untuk kamu yang masih memiliki anak kecil dalam anggota keluarga. Marmut tidak suka melompat, menggigit, sampai dengan memanjat. Oleh karena itu marmut sangat pas untuk di pelihara untuk kamu yang ada anak kecil di anggota keluarga.

Marmut juga mempunyai berbagai varian warna, kita dapat menemukan marmut yang sangat beragaram warnanya di pasaran, selain itu marmut juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Akan sangat pas sekali jika kamu memeliharanya tidak hanya satu, karena marmut gemar berkelompok.

Kelinci

Kelinci
pikiran-rakyat.com
Pada dasarnya kelinci adalah hewan yang lembut dan sangat mudah untuk dijinakkan, kelinci memiliki ciri kuping yang panjang dan sensitif. Untuk memeliharanya tidak begitu merepotkan, kamu hanya perlu wortel, bayam, kangkung, dan sayuran sejenis untuk kelinci makan, dan bersihkan kandangnya secara rutin agar kelinci tidak kotor.

Sebenarnya kelinci terbagi menjadi beberapa bagian, pada umunya itu ada kelinci pedaging dan kelinci hias. Kelinci pedaging biasanya di ternak atau di perliharan untuk di konsumsi pada kemudian hari, sedangkan kelinci hias biasanya di pelihara untuk mengikuti lomba-lomba yang apa bila menang dapat meningkatkan harga jual kelinci hias itu sendiri.

Kucing

Kucing
suara.com
Hewan yang satu ini memang sudah menjadi favorit banyak keluarga, kucing memanglah hewan yang mudah jinak dan mengemaskan. Selain itu kucing juga seringkali bertingkah lucu yang selalu saja dapat menghibur orang-orang yang ada di sekitarnya, kucing bisa dibilang hewan yang cukup manja.

Kucing juga memiliki banyak variannya, tetapi yang sangat cocok untuk dipelihara adalah kucing kecil seperti kucing kampung, anggora, dan sebagiannya. Untuk kucing besar seperti macan dan singa jangan ya, lebih baik kamu membiarkan mereka di alam ataupun di kebun binatang saja.

Untuk merawat kucing juga sangat mudah, bahkan kamu tidak perlu untuk memandikannya. Karena kucing mampu membersihkan bulu-bulu mereka dengan sendirinya, dengan cara menjilat-jilat tubuh mereka. Untuk soal makanan, daging matang ataupun mentah mereka tetap akan memakannya.

Tetapi untuk kamu yang tidak ingin membeli daging, ada banyak makanan ringan di toko-toko hewan. Saat memeliharanya, kamu boleh untuk melepaskannya secara bebas di rumah, atau juga di dalam kandang. Tetapi mereka akan lebih suka hidup bebas, jika ingin memberikan kandang untungnya, berikan saja, tetapi pastikan mereka bisa masuk dan keluar dengan sendirinya.

Anjing

Anjing
alodokter.com
Anjing sangat terkenal sebagai salah satu hewan yang sangat setia kepada pemiliknya atau majikannya, hal itu memanglah benar sepenuhnya. Karena anjing bersifat sosial dan tunduk pada sistem hierarki, jadi anjing akan patuh kepada mereka yang di anggap sebagai pemimpin oleh anjing tersebut.

Bahkan di jika di alam mereka juga seperti itu, sangat loyal dan setia kepada pemimpinnya. Untuk anjing dapat seperti itu perlu membangun kemistri yang baik, salah satunya adalah membangun kepercayaan, kesetiaan, kerja sama, termasuk juga rasa sosial. Dengan begitu anjing akan memahami kamu dengan mudah.

Apapun jenis anjingnya, kamu mungkin bisa merawatnya. Anjing tidak begitu rumit untuk dipelihara, yang terpentingnya adalah jangan terlalu sering membuat mereka sedih. Sering-seringlah mengajak anjing bermain, jangan dibiarkan begitu saja, atau setidaknya mengajanya jalan-jalan keliling halaman rumah.

Hamster

Hamster
woodgreen.org.uk
Hewan yang berikutnya sangat sering dimiliki orang keluarga yang masih memiliki anak kecil, ini adalah hamster. Hamster memiliki bentuk yang lucu dan mengemaskan, anak kecil akan senang ketika melihatnya, apa lagi menyentuhnya. Badannya kecil dan lembut, akan membuat siapa saja menyukainya.

Untuk merawat hamster kamu hanya perli memberi mereka biji-bijian, atau juga bisa sayur seperti wortel, bahkan makanan ringan khusus hamster yang ada di toko hewan. Tetapi bagian terpenting ketika merawatnya adalah jangan pernah memberi tempat tinggal mereka yang tertutup maupun sedikit udara, hamster akan lebih senang jika di tempatkan di tempat yang terbuka dan banyak udara.

Burung Kakak Tua

Burung Kakak Tua
kumparan.com
Sepertinya kita lupa untuk membahas burung sebagai hewan peliharaan, ternyata burung kakak tua yang sudah sangat terkenal di indonesia melalui lagu anak yang populer itu bisa jadi salah satu hewan peliharaan yang mungkin cocok untuk kamu. Burung kakak tua sangat terkenal sebagai burung yang cerdas, burung kakak tua mampu meniru vocal yang manusia ucapkan.

Burung kakak tua cenderung berisik, bahkan mereka juga bisa sedikit nakal. Ketika dia kurang perhatian dari anda, dia akan bertingkah konyol untuk mencari perhatian kamu, misalnya menggigit-gigit kandang dengan keras. Tetapi itu tidak apa, memang dia sering seperti itu ketika bosan dan kesepian.

Love Bird

Love Bird
birdofasia.blogspot.com
Yang selanjutnya sedikit berbeda dengan burung kakak tua, bentuk tubuhnya ini lebih kecil dari pada burung kakak tua. Burung ini bernama love bird atau burung cinta, love bird terkenal sebagai salah satu jenis burung yang sangat romtis dan super setia kepada pasangannya, bahkan seumur hidupnya.

Ketika kamu mencoba menjodohkan burung ini, kemudian kamu pisahkan maka love bird akan mengalami depresi atau stres yang memberi dampak buruk sampai dengan menuju kematian. Jika tidak ingin menjodohkan tidak apa-apa, yang terpenting jangan biarkan love bird sendiri, kamu sebagai pemiliknya perlu untuk menemaninya beberapa saat.

Musang Pandan

Musang Pandan
tanipedia.co.id
Musang pandan yang terkadang juga sering di sebut sabagi musang luwak ini merupakan hewan pemakan segala atau omnivora, musang pandan memiliki ukuran kecil seperti kucing. Musang pandan sangat khas dengan ciri bau aroma daun pandan yang keluar dari tubuhnya.

Karena aroma daun pandan tersebut menjadikan musang ini di kenal sebagai musang pandan, dia bisa memakan apapun, tetapi beberapa orang lebih sering memberinya buah-buahan segar dan beragam ketimbang daging saat memeliharanya. Musang pandan bisa jadi pilihan kamu selain kucing, ini sedikit lebih keren.

Garangan

Garangan
loveheaven07.com
Orang jawa biasa mengenal hewan yang satu ini dengan sebutan garangan, sementara orang sudan mengenalnya sebagai ganggarangan. Apapun sebutannya, beberapa orang lain juga menyebut mereka sebagai musang garangan, hewan ini cukup agresif dan pemberani, di alam garangan biasa hidup di tanah, bukan di pohon.

Aslinya garangan merupakan hewan yang gemar berburu, baik itu siang dan malam hari. Garangan biasanya mengincar tikus, tetapi tidak masalah apa bila adanya burung, reptil, hingga kodok. Selain itu dalam novel unik bernama Rudyard Kiping, hewan ini berkelahi dan membunuh ular-ular kobra yang berpotensi mengganggu kesalaman si majikannya.

Ikan Koi

Ikan Koi
gilakoi.com
Untuk kamu yang pencinta ikan hias pasti tidak asing lagi dengan ikan koi, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang dianggap pembawa keberuntungan dan simbol simbol cinta serta persahabatan. Ikan koi memiliki warna-warni cerah pada tubuhnya, itulah mengapa banyak orang yang memelihara iklan koi.

Dilansir dari mongabay.co.id (07/03/2021), dalam sejarahnya ikan koi ternyata masuk di indonesia pada tahun 1991 saat kaisar jepang yang bernama Akihito memberikan cenderamata puluhan ikan ini kepada presiden soeharta pada saat itu. Mungkin ikan koi bisa jadi salah satu hewan peliharaan kamu, bagaimana?

Kura-kura

Kura-kura
merdeka.com
Yang selanjutnya adalah kura-kura, ini adalah hewan yang sangat mudah untuk dipelihara. Tidak memerlukan cara-cara khusus untuk merawatnya, kamu hanya perlu memberi makannya setiap hari dan rajin-rajin membersihkan tempat tinggalnya, sangat mudah dan praktis untuk dipelihara.

Sebenarnya kura-kura memiliki banyak ragam dan jenisnya, kamu bisa memulai memeliharanya mulai dari varian yang paling banyak dan harga terjangkau terlebih dahulu. Jika menurut kamu ini cukup cocok untuk kamu pelihara, kamu bisa coba untuk memiliki kura-kura yang unik dengan harga yang lumayan mahal.

Gecko

Gecko
wasten61.de
Gecko memang memiliki bentuk seperti tokek dan cicak, tetapi gecko memiliki tubuh yang lebih besar dari cicak dan memiliki corak yang berbeda dari tokek. Bahkan gecko mempunyai warna dan corak yang sangat keren daripada tokek, oleh karena itu banyak orang ingin mempunyai hewan ini.

Gecko juga bisa memutuskan ekornya seperti cicak, mereka akan melepaskan ekornya ketika merasa terancam atau sedang mengelabui musuh dari serangan yang dapat membahayakan gecko. Tetapi tidak perlu khawatir soal itu, karena ekor gecko akan tumbuh lagi dengan sendirinya, keren banget.

Untuk merawatnya juga tidak begitu rumit, gecko sebenarnya adalah pemakan serangga dan aktif di malam hari. Kamu bisa memberi makan mereka dengan serangga yang mudah di dapat, asal jangan nyamuk ya, karena itu tidak akan membuat gecko kenyang. Berikan gecko setidaknya jangkrik, dan berikan tempat tinggal yang nyaman dan sesuai untuknya.

Ayam

Ayam
bbc.com
Siapa yang tidak kenal dengan ayam? Hewan ini memang banyak dipelihara oleh orang-orang. Ayam dapat di-manfaatkan dalam banyak hal, terutama untuk konsumsi pribadi sampai dengan ternak untuk di-perjual-belikan. Ayam untuk konsumsi dan ternak biasanya ayam negeri maupun ayam kampung.

Untuk kamu yang ingin memelihara ayam tanpa maksud untuk mengkonsumsi atau menjadikannya sebagai hewan ternak, kamu bisa mencoba untuk memelihara ayam jago. Karena ayam jago biasanya memiliki bulu yang yang indah, sampai dengan suara yang sangat keren dan lantang.

Cara merawat ayam juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kandang yang cukup untuk mereka. Berikan mereka makan setiap hari dengan beras, ataupun biji-bijian, sampai dengan pur atau makanan khusus. Jika tidak ingin repot, kamu bisa melepaskannya begitu saja agar ayam mencari makanannya sendiri.

Burung Hantu

Burung Hantu
detik.com
Tidak semua jenis burung hantu dapat kamu pelihara dengan bebas, karena beberapa burung jenis hantu ada yang sudah langka dan sangat tidak baik apa bila dipelihara secara individu. Jadi cobalah kenali jenis-jenis burung hantu yang masih layak untuk dipelihara sendiri, agar jenis-jenis burung hantu tetap lestari.

Pada umumnya burung hantu aktif di malam hari, mereka punya bentuk yang sedikit menyeramkan bagi sebagian orang. Tetapi malah bisa jadi sangat keren apabila dipandang oleh orang yang tepat, kamu bisa mencoba merawatnya apabila memang serius. Burung hantu sangat suka serangga seperti jangkrik, jadi kamu tidak perlu khawatir soal makanannya.

Sugar Glider

Sugar Glider
sandiegozoo.org
Sugar glider adalah hewan mungil yang sangat lucu dan menarik, sugar glider dapat melompat dan melayang hingga 50 meter. Untuk kamu yang ingin gemar aktif bermain bersama hewan peliharaan, sugar glider bisa salah satu pilihan yang tepat untuk kamu, sugar glider sangat unik dan keren.

Sugar grlider menyukai makanan-makanan manis seperti sayur dan buah, meskipun begitu dia juga memakan serangga sampai dengan kadal di habitat asli mereka. Umurnya juga cukup panjang, sugar glider mampu hidup 9 hingga 10 tahun seperti kucing dan anjing, bahkan bisa 12 sampai 15 tahun jika kamu merawatnya dengan baik.

Burung Dara

Burung Dara
liputan6.com
Sebenarnya burung dara memang sering dipelihara sejak lama, mereka dapat kembali ke tempat tinggal mereka jika sudah giring kandang. Jadi kamu tidak perlu mengurung mereka di dalam kandang, biarkan saja di luar juga tidak apa-apa, burung dara tidak akan kabur selamanya.

Yang terpenting sediakan makanan yang baik kepada burung dara, setidaknya jagung dan makanan khusus burung dara yang tersedia toko-toko burung. Jangan lupa untuk melatih atau mengajari mereka berbagai banyak hal, setidaknya kamu perlu untuk membuatnya giring kandang.

Iguana

Iguana
qz.com
Untuk yang ingin memelihara hewan yang lebih unik, iguana bisa jadi pilihan yang mungkin tepat untuk kamu. Sebenarnya iguana memiliki banyak spesies, namun yang umumnya dipelihara adalah iguana hijau dan iguana amerika. Kamu harus menyiapkan tempat yang lebar untuk mempunyai iguana, dan kamu terima kenyataan apabila iguana dapat tumbuh besar dengan panjang hingga 1,8 meter.

Selain itu, iguana juga memiliki kuku atau cakar yang cukup tajam, itu berguna untuk iguana memanjat. Apabila kamu ingin mencoba menyentuhnya, pastikan kamu benar-benar aman, perhatikan keamanan adalah hal yang utama ketika kamu mencoba merawat iguana.

Ikan Cupang

Ikan Cupang
kompas.com
Ikan cupang telah menjadi tren, kini banyak sekali peminat iklan cupang, bahkan penjualnya juga sangat banyak. Harganya sangat bervariasi tergantung jenis dan corak yang dimiliki oleh masing-masing ikan cupang, semakin unik maka semakin tinggi harganya, ini cocok untuk menghias ruang tamu.

Ikan cupang juga ada yang digunakan untuk beradu, tetapi lebih baiknya jangan mengadu hewan. Lebih baik kamu beli dan rawat ikan cupang yang memang khusus untuk dirawat tanpa di adu, untuk merawatnya juga sangat mudah, berikan makanan bergizi untuk ikan cupang dan bersihkan akuarium secara rutin.

Ikan Louhan

Ikan Louhan
kompasiana.com
Ikan louhan memiliki ciri khas dahi yang sangat besar dengan warna tubuh yang sangat cantik. Selain itu ikan louhan juga dipercaya sebagai ikan pembawa kebahagiaan dan kesejataraan bagi sebagian orang, dan itu tidak hanya di indonesia, ini juga di seluruh dunia. Popularitas ikan louhan mungkin sudah bisa jadi bukti bahwa ini cocok untuk dipelihara.

Mengutip dari cermati.com (07/03/2021) ternyata kepercayaan tentang ikan louhan sebagai ikan yang dapat membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bermula dari tiongkok, bahkan tidak sedikit di taiwan menganggap ikan louhan adalah pertandan datangnya keberuntungan. Selain itu, dalam bahasa, louhan memiliki arti sebagai dewa pelindung. 

Nah itu dia postingan dua puluh rekomendasi hewan peliharaan oleh sepokat indonesia yang mungkin bisa membantu kamu untuk menemukan hewan peliharaan yang tepat, jangan lupa beri tahu hewan apa yang cocok untuk-mh di kolom komentar postingan ya, terima kasih jangan lupa bagikan.