Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Keyword Tool Gratis beserta Cara Riset Keyword-nya

Dalam mengembangankan website, toko online, blog, atau bahkan channel youtube, kata kunci merupakan salah satu usaha untuk mengoptimalkan halaman tersebut terhadap mesin pencari. Ini bisa jadi sebuah faktor terpenting dalam keberhasilan pengembang untuk membuat halamannya menduduki posisi tertinggi di hasil penelusuran mesin pencari.

keyword tool
Ada beberapa cara untuk menentukan kata kunci secara akurat, salah satunya dengan menggunakan keyword tool. Ini adalah cara yang paling umum dilakukan, para pakar SEO pun sampai saat masih sering sekali menggunakan keyword tool untuk memaksimalkan halaman mereka.

Apa itu keyword tool?

Keyword tool adalah sebuah software yang berguna untuk membantu menemukan kata kunci yang populer. Keyword tool bergantung pada fitur autocomplete Google yang memberikan akses cepat untuk frasa atau kata kunci pencarian yang sering dicari, berkaitan, dan akurat untuk digunakan sebagai judul konten.

Keyword tool diluncurkan pada pertengahan 2014 yang dibuat oleh Artiem Galimov dan Leow Kah Thong. Saat awal dimulai hanya menyediakan kata kunci dalam 83 bahasa yang dilengkapi secara otomatis dari 194 domain Google. Mungkin kurang jelas ya penjelasan yang ini? Maaf soalnya langsung translate sendiri pakai otak dari wikipedia pada paragraf ini, menulis sekalian berlajar.

Jadi pada intinya, keyword tool merupakan produk SaaS gratis yang menggunakan Google AutoComplete dan beberapa mesin pencari serupa untuk menghasilkan long tail keyword yang relavan dan keyword terkait dalam topik apapun.

NOTE: DI BAWAH INI ADALAH 15 KEYWORD TOOL GRATIS YANG DIGUNAKAN, DI BAWAHNYA SEPOKAT INDONESIA BAGIKAN JUGA CARA RISET KEYWORD YANG BENAR, ANDA BISA MENGGUNAKAN SALAH SATU TOOL INI, DAN DI BAWAH JUGA SEPOKAT INDONESIA REKOMENDASIKAN TOOL YANG MENURUT SEPOKAT INDONESIA TERBAIK.

Berikut ini adalah keyword tool gratis untuk riset keyword/kata kunci

Sepokat Indonesia sudah rangkum 15 tool untuk riset keyword pada artikel kali ini, mungkin nanti Anda akan bingung harus menggunakan yang mana. Maka dari itu baca artikel ini sampai habis, karena Sepokat Indonesia akan memberitahu Anda mana tool sangat direkomendasikan untuk digunakan. Langsung saja, 15 keyword tool yang bisa di gunakan secara gratis adalah berikut:

Keyword Discovery

Ini adalah tool untuk mencari kata kunci gratis yang menyediakan daftar kata kunci untuk istilah tertentu. Selain itu, Tool ini juga memberi Anda volume pencarian tahun lalu untuk kata kunci yang sama.

Kelebihan dan kekurangan Keyword Discovery

  • Tool keyword discovery mengkompilasi dan mengumpulkan data kata kunci dari banyak toolbar pada browser dan ratusan mesin pencari.
  • Dapat menunjukkan berapa kali setiap frasa kata kunci telah dicari selama satu tahun terakhir.
  • Versi gratis dari tool ini tidak memberi Anda lebih dari 100 hasil.

Wordstream

Versi gratis dari Wordstream memungkinkan Anda menemukan 30 pencari. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata pencarian yang diinginkan, setelah itu Wordstream akan menghasilkan dan menampilkan ide kata kunci terkait. Selain itu, tool ini memungkinkan Anda untuk mengirim email semua kata kunci yang terkait tersebut ke alamat email yang Anda berikan.

Kelebihan dan kekurangan Wordstream

  • Anda bisa mengkustomisasi halaman pertama dengan mencentang kotak Adult Keyword Filter On tepat di bawah bilah pencarian.
  • Anda bisa mengirim email daftar kata kunci yang sudah ditemukan dan kemudian mengunduh dalam format CSV.
  • Terdapat opsi untuk "nichefy" kata kunci untuk menampilkan grup yang relevan di mana kata kunci itu cocok.
  • Anda diminta untuk memasukkan alamat email untuk mengakses tool ini.

SEO Book

Untuk menggunakan SEO Book, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan volume pencarian harian untuk Google, Yahoo!, dan Bing untuk kata kunci yang diberikan. Di sisi lain, SEO Book memberikan metrik SEO seperti nilai bulanan dan BPK.

Kelebihan dan kekurangan SEO Book

  • Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk mendapatkan volume pencarian harian seperti metrik kata kunci terkait, perkiraan harga CPS dan nilai bulanan.
  • Tool ini memungkinkan Anda untuk bisa menyimpan daftar kata kunci dalam format CSV (Microsoft Accel).
  • Anda tidak dapat menggunakan tool ini tanpa mendaftar.
  • SEO Book memberi Anda seluruh daftar kata kunci selain satu istilah yang dapat diekspor.

Ubersuggest (Neil patel)

Ubersuggest merupakan salah satu tool yang paling sederhana untuk melakukan riset kata kunci. Sebelum Anda menekan tombol "Search", Anda harus memasukkan kata kunci, lalu memilih sumber bahasa yang diinginkan. Kemudian Ubersuggest akan menampilkan saran untuk istilah yang dimasukkan.

Kelebihan dan kekurangan Ubersuggest

  • Ubersuggets siap membantu Anda tanpa mendaftar
  • Terdapat volume pencarian, cpc, SD (SEO difficult), dan PD (Page difficult)
  • Hasil kata kunci yang dicari bisa di eksport ke microsoft accel
  • Kekurangan menurut pribadi Sepokat Indonesia adalah lelet kalau koneksi internet lambat

Serpstat

Jika Anda mencari longtail keyword, tool ini adalah pilihan terbaik. Serpstat memberi Anda daftar kata kunci tertentu berdasarkan domain yang dipilih Google. Berikutnya, hasilnya dapat disaring untuk kata kunci yang dimulai dengan istilah pencarian atau berdasarkan "pertanyaan". Tool ini adalah pilihan ideal untuk pemula dan pakar.

Kelebihan dan kekurangan Serpstat

  • Memberikan hasil dari berbagai domain Google
  • Terdapat fitur "lengkapi otomatis"
  • Memberi Anda opsi untuk menampilkan hasil berdasarkan "semua", "mulai dengan istilah" atau " pertanyaan".
  • Tidak dapat mengekspor file kata kunci kecuali Anda telah mendaftar

Keyword IO

Dengan Keyword IO, Anda dapat memasukkan frasa dan memilih negara dari daftar drop-down untuk melakukan pencarian kata kunci. Tool tersebut akan memberi Anda gambaran umum frasa kata kunci yang diambil dari Google. Anda bisa melihat 10 hasil pencarian teratas dan tren dari kata kunci yang dicari.

Kelebihan dan kekurang keyword io

  • Halaman berandanya sudah user friendly
  • Kata kunci diurutkan dalam urutan abjad beserta longtail keyword.
  • Daftar kata kunci yang sudah dicari dapat diunduh
  • Untuk kata kunci yang dimasukkan, Anda bisa mendapatkan URL terkaitnya juga
  • Saat penggunan pertama saja bebas digunakan, selanjutnya harus mendaftar
  • Anda hanya dapat mengunduh daftar kata kunci setelah pendaftaran

Keyword Eye

Keyword Eye adalah tool untuk riset keyword gratis yang memungkinkan Anda membuat 10 pencari kata kunci setiap hari. Setelah mendaftar, Anda bebas untuk menyesuaikan riset kata kunci berdasarkan kebutuhan.

Kelebihan dan kekurangan Keyword Eye

  • Anda dapat membandingkan kata kunci berdasarkan metrik yang relevan seperti kompetisi dan volume pencarian
  • Sangat mudah untuk memasukkan beberapa kata kunci dalam daftar lain untuk mengunduhnya nanti.
  • Tool ini tidak berguna kecuali Anda telah mendaftar.

Wordtracker

Halaman beranda Wordtracker dirancang dengan sempurna, ini memungkinkan Anda dengan mudah untuk meneliti kata kunci. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci yang diinginkan dan tekan tombol pencarian di sisi kanan. Anda akan ditampilkan 10 kata kunci dengan volume pencarian.

Dengan melanjutkan pencarian, Anda dapat melihat tingkat persaingan untuk kata kunci yang sudah dimasukan. Note: Wordtracker memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci hingga 10 istilah pencarian. Setelah itu Anda mungkin harus mendaftar.

KeywordSpy

KeywordSpy merupakan keyword tool yang kuat dan memungkinkan Anda untuk melakukan penelitian kata kunci dengan mudah. KeywordSpy hadir dengan versi uji coba, yang memungkinkan Anda menggunakan fitur-fiturnya yang luar biasa secara gratis.

Kelebihan dan kekurangan KeywordSpy

  • Tidak diperlukan instalasi.
  • Mudah digunakan
  • Mengharuskan Anda membayar untuk versi premium

Soovle (free)

Jika Anda memiliki banyak aset digital yang memerlukan riset kata kunci dengan cepat. Soovle membantu Anda dengan eksplorasi kata kunci yang paling sering digunakan pada mesin pencari yang berbeda berdasarkan kata kunci utama yang diketik. Hasilnya akan mencakup kata kunci dari eBay dan Amazon juga.

Kelebihan dan kekurangan Soovle (free)

  • Bekerja sangat cepat
  • Ini benar-benar gratis untuk digunakan
  • Tidak menampilkan volume pencarian atau tingkat persaingan

Google

Google memiliki banyak tool penelitian kata kunci gratis. Jika Anda seorang pemula, mungkin ingin mencoba Google Suggest terlebih dahulu. Ini bukan aplikasi dan karenanya Anda tidak perlu mengunduh apa pun untuk riset kata kunci. Google Suggest sebenarnya adalah menu drop-down sederhana yang muncul ketika Anda mengetik beberapa huruf atau kata di bidang pencarian. Berdasarkan pencarian pengguna, Google memutuskan urutan istilah pencarian yang muncul pada daftar drop-down. Karenanya, tool ini memberi Anda wawasan tentang kata kunci potensial.

Sumber hebat lainnya untuk ide dan frasa kata kunci ada di bagian bawah halaman hasil pencarian. Anda biasanya akan mendapatkan bagian yang disebut Pencarian Terkait. Di sini Anda akan menemukan sejumlah frasa pencarian yang terkait dengan kata kunci target Anda. Bagian ini benar-benar dapat membuat Anda berpikir dan membuka mata untuk kata kunci yang tidak akan pernah Anda pikirkan berhubungan dengan niche Anda. Biasanya itu akan menghasilkan 8 pencarian terkait tergantung pada popularitas kata kunci tersebut.

Di sisi lain, ada Google Trends yang cenderung memvisualisasikan meningkatnya minat untuk persyaratan tertentu selama periode waktu tertentu. Selain itu, ini juga menunjukkan minat di wilayah tertentu selain mengidentifikasi pencarian yang relevan berdasarkan topik umum dan permintaan tertentu. Jelas dari nama tool itu sendiri bahwa itu adalah tool saran kata kunci yang sangat berguna, mudah digunakan untuk membaca tentang topik yang sedang hangat, masalah saat ini, dan tentunya kata kunci.

Satu lagi yang kita tidak boleh lupa, yaitu Google Adwords. Ini dirancang khusus untuk perencanaan kampanye. Selain itu, ia menawarkan bantuan untuk mengetahui volume pencarian untuk kata kunci tertentu. Sejauh analisis kompetisi berjalan, informasi ini memegang sejumlah kepentingan yang signifikan. Jadi, merupakan ide bagus untuk memeriksa kata kunci yang Anda dapatkan dari Google Suggest, Google Trends & Pencarian Terkait dengan bantuan tool Google yang satu ini, yang akan membantu Anda menyaring istilah pencarian dengan persaingan terendah.

Untuk mengakses tool kata kunci Google yang berbeda, Anda perlu membuka banyak tab dan harus beralih di antara mereka untuk mengakses informasi yang diinginkan. Anda tidak memiliki opsi untuk mengekspor laporan atau file kata kunci.

inBoundio Marketing Software (Chrome extension)

Tool riset kata kunci online gratis ini adalah aplikasi pemasaran inbound sederhana dalam bentuk ekstensi Google Chrome. Ini membantu Anda dalam riset kata kunci, pemasaran email, dan CRM.

Kelebihan dan kekurangan inBoundio Marketing Software (Chrome extension)

  • Tidak perlu mengunduh aplikasi besar atau melakukan pembayaran bulanan
  • Sangat mudah digunakan
  • Ekstensi Chrome ideal untuk riset keyword
  • Tidak dapat digunakan dengan browser Internet lainnya

Wordtracker Scout (Chrome Extension)

Jika Anda mencai keywoord tool yang memungkinkan Spnat melakukan penelitian kata kunci secara efisien, maka Wordtracker Scount mungkin merupakan salah satu ekstensi saran kata kunci Google Chrome terbaik.

Yang harus Anda lakukan adalah menginstal Scount di Chrome dan menganalisis semua halaman web pilihan Anda. Scout Terdiri dari sejumlah tab, seperti tab Ringkasan, tab Wawasan, tab Kata Kunci dan Simpan ke Wordtracker.

Kelebihan dan kekurangan Wordtracker Scout (Chrome Extension)

  • Membantu Anda menemukan kata kunci yang dimasukkan pesaing Anda di situs web atau blog mereka
  • Memberi Anda daftar longtail keyword yang akurat
  • Menampilkan volume penelitian kata kunci berdasarkan berbagai wilayah
  • Memungkinkan Anda menyimpan daftar ke akun Wordtracker yang Anda buat
  • Scout Sedikit lebih kompleks daripada tool riset kata kunci lainnya

FREE Keyword Tool by adCore (Chrome extension)

FREE Keyword dari adCore menawarkan tool untuk riset kata kunci terbaik yang dirancang khusus untuk kampanye PPC. Pada 2012 dan 2013, ini adalah tool kata kunci eksternal teratas. Tidak peduli apakah Anda tertarik pada SEM, PPC atau SEO, tool riset kata kunci gratis ini siap membantu Anda.

Kelebihan dan kekurangan FREE Keyword Tool by adCore (Chrome extension)

  • Tool ini memberi Anda gagasan kata kunci Google, istilah pencarian, dan ribuan kata kunci umum dalam hitungan detik.
  • Hasil pencarian dapat disaring
  • Anda harus mendaftar untuk akses penuh ke tool yang ampuh.

Website Grader (Chrome extension)

Jika Anda bisa menyisihkan 5 menit sehari untuk SEO situs Anda, Website Grader cocok untuk Anda. Ekstensi Chrome ini ada di daftar tool riset kata kunci teratas. Tool ini membantu Anda untuk menilai situs Anda, merencanakan dan melakukan tugas-tugas untuk meningkatkan laba SEO Anda serita mengukur dan membandingkan kinerja di setiap kata kunci.

Situs web grader memiliki banyak fitur, seperti Site Grader, Task Manager, SEO Dashboard, dan SEO Toolkit dengan 5 alat SEO yang kuat. Namun sayangnya, Anda harus memasang Chrome untuk menggunakan ekstensi ini

Cara riset keyword (kata kunci) menggunakan keyword tool gratis

Sebelum pergi riset keyword, Anda harus mengenali jenis-jenis keyword terlebih dahulu. Ini fungsi agar Anda dapat memilih dengan baik mana keyword yang pas untuk digunakan sebagai judul pada salah satu halaman atau konten yang Anda miliki, berikut adalah jenis-jenisnya.

Short tail keyword

Short tail keyword merupakan kata kunci yang pada umumnya terdiri dari satu atau dua kata saya, tidak lebih dari itu. Jika diartikan dengan kata lain, short tail keyword merupakan kata kunci utama yang nantinya akan menghasilkan beberapa kata kunci terkait. Contohnya seperti berikut.

  • Blog
  • Blog gratis
  • Blog terbaik

Itulah tentang short tail keyword, namun sayangnya kata kunci serpeti itu sering memiliki pesaing yang sangat sulit untuk dikalahkan. Dengan kata lain, kata kunci tersebut mempunyai tingkat pesaing tinggi yang biasanya adalah website-website besar yang sudah terpercaya dari jaman dahulu.

Long tail keyword

Long tail keyword berbeda dengan short tail keyword, long tail ada versi selanjutnya. Long tail keyword adalah memiliki kata kunci yang lebih panjang dari short tail keyword, misalnya seperti berikut.

  • Cara membuat blog gratis di blogger
  • Daftar blogger indonesia yang paling terbaik
  • Tips daftar google adsense agar diterima dengan cepat

Seperti itu contoh dari long tail keyword. Ini sangat cocok untuk pemula, karena long tail keyword memiliki tingkat pesaing yang cenderung lebih dengah dari pada short tail keyword. Ini dapat membantu Anda untuk menduduki posisi teratas di search engine.

Sayang sangat sulit sekali untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar tepat untuk digunakan, karena pengaruh dari trafik yang di dapat tidak sebanyak dengan versi short tail. Tetapi tidak ada masalahnya, malah ini bagus untuk Anda yang masih pemula.

Keyword abadi

Keyword abadi adalah kata kunci yang selalu di pakai orang dalam mencari informasi yang mereka butuh butuhkan di search engine serta kata kunci tersebut akan selalu di cari dan berlaku sampai kapan pun. Contohnya adalah “cara mengatasi sakit perut”, Kata kunci seperti itu termasuk ke alam keyword abadi karena hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit perut.

Keyword musiman

Kata kunci musiman merupakan kebalikannya dari kata kunci abadi. Jadi, keyword musiman adalah kata kunci yang populer hanya saat. Dengan kata lain keyword tersebut tidak selalu di cari orang, melainkan hanya pada musim waktu itu saja.

Contohnya “hasil pemilihan presiden 2019”, seperti itu contoh dari keyword musiman. Kata kunci tersebut hanya akan dicari pada musim pemilihan presiden pada tahun 2019 saja, tidak pada sampai tahun ini.

Jika sudah mengenal jenis-jenis keyword, waktu mulai melakukan riset. Disini Sepokat Indonesia akan berikan study kasus bagaimana cara Sepokat Indonesia mendapatkan keyword yang menurut Sepokat Indonesia sangat tepat.

Seperti yang telah Sepokat Indonesia bilang tadi, Sepokat Indonesia akan merekomendasikan keyword tool yang menurut Sepokat Indonesia terbaik. Jawabannya adalah ubersuggest, tidak ada alasan lagi karena ini adalah tool yang selalu gunakan untuk riset keyword. Dalam study kasus, cara riset keyword seperti dibawah ini.

Mencari benih keyword

Yang pertama yang harus dilakukan adalah menemukan kata kunci terkait tentang konten Anda. Benih keyword merupakan kata kunci yang akan Anda gunakan untuk menemukan kata kunci terkait yang sering disebut juga dengan kata kunci turunan.

Biasanya, kata kunci hanya terdiri dari satu atau dua kata saja, sehingga mereka termasuk dalam kategori kata kunci short tail. Untuk menemukan kata kunci Anda, bisa dapat menggunakan naluri yang ada pada kepala Anda sendiri. Pikirkan kata kunci yang terkait dengan subjek konten atau Anda. Contohnya konten Anda adalah tentang membuat blog, maka “membuat blog” adalah benih keywordnya.

Mencari long tail keyword

Jika sudah menemukan benih keyword, sekarang masukan benih tersebut kedalam salah satu keyword tool yang sudah sebut di atas. Anda bisa menggunakan ubersuggest yang sudah Sepokat Indonesia rekomendasikan untuk riset keyword.

Setelah memasukkannya, Anda akan melihat banyak sekali long tail keyword yang bisa digunakan. Jika tadi contohnya adalah “membuat blog”. Maka nanti setrlah memasukkannya di keyword tool akan tampil “membuat blog gratis”, “cara membuat blog”, “bagaimana cara membuat blog?”.

Nah itu di atas adalah beberapa hasil dari memasukkan benih ke keyword tool, maka sekarang waktunya meriset. Caranya cukup gabungkan kata kunci yang terkait dan cocok dengan konten yang Anda. Jika di gabungkan hasilnya adalah “bagaimana cara membuat blog gratis?” itu adalah long tail keyword yang berhasil didapat.

Menganalisa volume, pesaing, dan cpc keyword

Langkah berikutnya adalah menganalisa jumlah tingkat pesaing, jumlah volume pencari dan harga cpc pada kata kunci yang tadi sudah dibuat. Jika Anda menggunakan ubersuggest dari neil patel, maka sudah otomatis akan terlihat pesaing, volume, dan cpc-nya.

Setelah itu tinggal Anda pilih mana saja yang menurut Anda tepat untuk digunakan dan sesuai dengan konten yang dibahas. Ini juga harus diperhatikan dengan serius, terutama adalah pesaing. Usahakan untuk mencari tingkat pesaing yang rendah, namun memiliki volume dan cpc yang tidak jauh berbeda.

Itu dia lima belas keyword tool gratis dan cara riset keyword dengan baik dan benar. Semoga artikel ini benar-benar bermanfaat untuk Anda agar dapat mencapai posisi terbaik di mesin pencari. Khususnya untuk yang sedang membangun blog, website, channel youtube, toko online, dan semacamnya. Semoga bermanfaat.