Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Keyword Stuffing? Berikut Pengertiannya

Istilah-istilah seperti keyword stuffing dalam pembahasan pengoptimalan mesin pencari sering kali membuat seseorang yang sedang mempelajari SEO kesulitan untuk memahami pembahasan. Pasalnya keyword stuffing merupakan faktor-faktor yang terdapat pada pengotimalan SEO On Page pada suatu website, jadi mungkin artikel yang kurang lengkap sering membuat orang lain bertanya-tanya lagi mengenai hal-hal tersebut.

keyword stuffing
Bagi Anda yang sudah memahami dasar-dasar search engine optimization mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah seperti ini. Namun untuk Anda yang masih awam dalam usaha pengoptimalan mesin pencari, Wajib sekali untuk mengetahui istilah seperti ini yang sebagaimana sudah Sepokat Indonesia rangkum dibawah.

Pengertian Keyword Stuffing

Keyword stuffing jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Isi kata kunci. Keyword stuffing adalah teknik SEO (search engine optimization) yang dianggap sebagai spamdexing atau webspam oleh mesin pencari. Ini merupakan cara curang untuk mendapatkan keuntungan menduduki peringkat teratas pada hasil pencarian di mesin telusur dengan memasukan kata kunci yang berlebihan pada meta tag halaman web.

Keyword stuffing termasuk teknik black hat SEO yang memberikan dampak negatif website terhadap SERP (Search engine result pages). Jika Anda menggunakan teknik ini secara berlebihan dapat memicu situs Anda dihukum dengan penurunan ranking halaman hingga penghapusan situs Anda dari index mesin pencari.

Sejarah Keyword Stuffing

Di masa lalu, metode ini digunakan untuk membuat halaman situs atau website menduduki peringkat teratas di mesin pencari dengan target kata kunci atau frasa tertentu dan sekarang metode ini sudah usang dan tidak menambah nilai apapun.

Seiring perkembangan mesin pencari untuk dapat memaksimalkan menemukan konten-konten berharga akhirnya mesin pencari yang ada saat ini seperti Google, Bing, dan Yandex telah mengurangi atau menghilangkan keuntungan pencarian tidak adil yang mungkin bisa didapat melalui teknik ini.

Perkembangan dan penerapan algoritma secara khusus pada pembaruan Google Florida (november 2003), Google Panda (Februari 2011), Google Hummingbird (Agustus 2013), dan Bing (September 2014) dimaksudkan untuk melarang dan menghukum situs yang menggunakan keyword stuffing yang tidak adil.

Contoh Keyword Stuffing

Mesin pencari kini telah menjadi kebutuhan untuk mencari informasi apapun yang kita mau. Pada suatu saat ketika Anda sedang mencari sesuatu di mesin pencari, kemudian informasi yang ditemukan ternyata tidak relavan, berbeda dengan kata kunci yang kita cari, atau bahkan informasi tersebut kosong. Itulah yang disebut dengan keyword stuffing.

SEO merupakan hal terpenting yang mempengaruhi peringkat pada hasil pencarian, salah satunya faktor dalam SEO adalah keyword. Dengan mengandalkan konten yang berkualitas saja tidak akan cukup. Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih dan meletakkan keyword yang ideal pada sebuah konten atau halaman, Contohnya adalah penulisan keyword stuffing dibawah ini.

 <meta content='cara membuat olshop gratis, cara membuat olshop terbaru, cara membuat olshop keren, cara membuat olshop murah, cara membuat olshop premium’ name='keywords'/>

Coba perhatikan contoh isi kata kunci di atas, “cara membuat olshop” adalah kata kunci yang ditargetkan. Contoh di atas merupakan kesalahan yang menyebabkan konten atau halaman situs dianggap sebagai webspam atau spamdexing oleh mesin pencari. Itulah contoh keyword stuffing, meskipun metode ini sudah usang tetapi masih bisa digunakan.

Search engine optimization harus dilakukan secara natural. Jangan gunakan praktik optimasi mesin pencari secara instan. Jangan tergesa-gesa dalam melakukan upaya ini, pemahaman dan pengalaman merupakan yang terbaik. Penerapan teknik yang baik dan selalu konsisten adalah jalan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sampai disini Sepokat Indonesia rasa Anda sudah bisa memahami tentang keyword stuffing dengan baik, Semoga bermanfaat.