Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Meta Tag? Ini Pengeritan dan Contohnya

Meta tag adalah tag HTML khusus yang digunakan untuk menyimpan informasi pada halaman web tetapi tidak ditampilkan di browser web. Meta tag merupakan teks dalam kode halaman web yang membantu menjelaskan konten halaman ke mesin pencari seperti Google, tetapi mereka tidak muncul sebagai teks di halaman.

meta tag
Contohnya yang menyediakan informasi seperti program yang digunakan untuk membuat halaman, deskripsi halaman, dan kata kunci yang relevan untuk halaman tersebut. Banyak mesin pencari menggunakan informasi yang disimpan dalam meta tag ketika mengindeks halaman web.

Berikut adalah beberapa contoh meta tag yang digunakan untuk optimasi mesin pencari:

Title Tag

Title Tag atau Judul tag mungkin adalah elemen SEO paling penting di halaman web. Judul adalah apa yang Google akan perhatikan terbesar saat menentukan halaman Anda. Selain itu, tag judul halaman Anda adalah apa yang akan ditampilkan di Google sebagai teks berwarna biru.

Tag judul yang ditulis dengan baik dapat membantu menghasilkan lebih banyak klik dari halaman hasil mesin pencari. Anda harus mempertimbangkan judul halaman web. Penting untuk memastikan bahwa judul setiap halaman unik dan deskriptif. Masukkan kata kunci lebih awal dalam judul dan masukan 30 hingga 65 karakter.

Meta Description

Meta Description atau meta deskripsi adalah tag meta terpenting kedua. Meskipun meta-description tidak secara langsung memengaruhi peringkat mesin pencari Anda, ini dapat membantu Anda meningkatkan rasio klik-tayang dari halaman hasil mesin pencari.

Memang, meta-description biasanya muncul di bawah tag judul sebagai pratinjau teks dalam hasil pencarian. Deskripsi meta halaman Anda harus unik dan deskriptif. Jelaskan secara singkat isinya. Masukan setidaknya 70 hingga 154 karakter.

Meta Keywords

Meta Keywords atau Meta kata kunci adalah bentuk lama dari meta tag yang tidak lagi menjadi faktor dalam algoritma mesin pencari Google. Anda dapat mengabaikannya dengan aman sekarang.

Meta Robots

Tag Meta Robots memberikan instruksi kepada robot mesin pencari, termasuk Google. Hal utama yang perlu dipertimbangkan dengan tag Meta Robots adalah memastikan Anda tidak mencegah pengindeksan halaman.

Waspadalah terhadap halaman yang memiliki tag "noindex" yang benar-benar ingin Anda indeks. Anda dapat memindai situs web Anda dari tag noindex yang tidak sesuai untuk menggunakan alat seperti Screaming Frog SEO Spider.

Schema

Skema markup adalah jenis tag meta yang lebih baru. Ada banyak jenis program yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda untuk membantu Google mengategorikan jenis halaman Anda secara mendetail. Untuk sebagian besar usaha kecil, jenis skema yang paling penting untuk SEO lokal adalah skema organisasi tempat Anda memberikan nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.

Nah itu dia pengertian tentang meta tag, Sepokat Indonesia rasa Anda sudah paham tentang ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini kepada teman atau keluarga Anda. Boleh juga bagikan ke kompetitor kalian, biar makin seru persaingannya.