Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Search Engine Lengkap dengan Cara Kerjanya

Search Engine (mesin pencari) adalah perangkat lunak, yang mencari basis data informasi berdasarkan permintaan pengguna. Search Engine memberikan daftar hasil yang paling cocok dengan apa yang dicari pengguna.

search engine
Saat ini, banyak Search Engine tersedia di Internet, masing-masing dengan kemampuan dan fitur sendiri. Search Engine pertama yang pernah dikembangkan adalah Archie, digunakan untuk mencari file FTP dan Search Engine berbasis teks pertama adalah Veronica. Saat ini, Search Engine paling populer dan paling terkenal adalah Google. Search Engine populer lainnya termasuk AOL, Ask.com, Yahoo, Baidu, dan Bing.

Cara mengakses Search Engine 

Untuk pengguna, Search Engine dapat diakses melalui browser komputer, tablet, smartphone atau perangkat lainnya. Saat ini, sebagian besar browser baru menggunakan kotak serba guna, yang merupakan kotak teks di bagian atas browser yang menunjukkan alamat dan di mana Anda juga dapat mencari di internet. Anda juga dapat mengunjungi halaman utama Search Engine untuk mencari.

Cara kerja Search Engine

Semua search engine menggunakan 3 fase untuk mengelola, mengelompokkan, dan mengembalikan hasil pencarian. Tetapi banyak orang tidak tahu apa yang terjadi di balik search enginean saat mengetik permintaan pencarian mereka. Jadi, bagaimana Google, Bing dan yang lainnya tahu apa yang ada di web, apa yang relevan dengan permintaan umum Anda dan situs web mana yang menempati urutan pertama?

Ada tiga proses (cara kerja) search engine:

Web Crawling

Ini adalah alat yang digunakan oleh search engine untuk mencari tahu apa yang diterbitkan di World Wide Web. Pada dasarnya, analisis terdiri dari menyalin apa yang ada di halaman web dan berulang kali memeriksa banyak halaman untuk melihat apakah mereka telah dimodifikasi dan membuat salinan dari setiap perubahan yang ditemukan. Program yang memiliki tugas ini disebut robot perayap, spider atau beberapa varian lainnya.

Indexing

Setelah spider menjelajahi halaman web, salinan yang dibuat dikembalikan ke search engine dan disimpan di pusat data. Pusat data adalah kumpulan yang sangat besar dari server yang dibuat khusus yang bertindak sebagai tempat penyimpanan untuk semua salinan halaman Web yang dibuat oleh robot. Google memiliki koleksi yang tersebar di seluruh dunia yang dijaga sangat ketat dan merupakan salah satu bangunan paling canggih di dunia.

Penyimpanan halaman web disebut "indeks". Penyimpanan data ini diatur dan digunakan untuk memberikan hasil pencarian yang Anda lihat di search engine. Pengindeksan adalah proses mengelola data massal dan halaman sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan hasil yang relevan untuk permintaan pencarian Anda.

Algoritma

Mereka memiliki koleksi salinan halaman web yang terus diperbarui dan diatur sehingga mereka dapat dengan cepat menemukan apa yang Anda cari. Tapi mereka membutuhkan metode peringkat berdasarkan relevansi istilah pencarian Anda, di situlah algoritma berperan.

Algoritma adalah persamaan yang sangat kompleks dan memakan waktu untuk menghitung nilai setiap situs tertentu yang relavan terhadap istilah pencarian. Tidak tahu apa algoritmanya sebenarnya, karena search engine cenderung menjaga rahasia ini sangat aman dari persaingan dan dari mereka yang mencari teknik search engine untuk mencapai puncak pencarian.

Contoh Search Engine visual

Semua data Search Engine berasal dari spider atau crawler yang secara otomatis mengunjungi halaman dan mengindeks kontennya. Setelah halaman dianalisis, data yang terkandung dalam halaman diproses dan diindeks. Seringkali ini dapat melibatkan hal-hal di bawah ini.

  • Kata Kunci dan Judul
  • Isi Kontek Text
  • Isi Konten Visual (Video, Flash, Musik, dll)

Data yang dikumpulkan di atas digunakan untuk menentukan peringkat halaman dan merupakan metode utama yang digunakan oleh Search Engine untuk menentukan apakah halaman harus ditampilkan dan dalam urutan berapa.

Apakah semua Search Engine menghasilkan hasil yang sama?

Belum tentu. Search Engine menggunakan algoritma kepemilikan untuk mengindeks dan menghubungkan data. Oleh karena itu setiap Search Engine memiliki pendekatan sendiri untuk menemukan apa yang Anda coba temukan.

Hasil dapat didasarkan pada di mana Anda berada, apa yang Anda cari, dan hasil yang dicari pengguna lain, misalnya. Setiap Search Engine akan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu dengan cara yang unik dan menawarkan Anda hasil yang berbeda.

Apa Search Engine terbaik?

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa Search Engine Google adalah yang terbaik dan mungkin yang paling populer dan paling terkenal. Seringkali, jika seseorang bertanya bagaimana melakukan sesuatu atau apa itu, orang lain akan menyarankan Google.

Search Engine Microsoft Bing juga populer dan digunakan oleh banyak orang. Bing melakukan pekerjaan yang baik untuk menemukan informasi dan menjawab pertanyaan. Search Engine Yahoo, meskipun tidak sepopuler dulu, masih melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mencari informasi.