Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu SEO? Ini Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

SEO merupakan hal yang jarang diketehui oleh masyarakat pada umumnya, pasalnya SEO hanya diketahui oleh orang-orang yang bergelut dalam dunia online. Mungkin hanya orang yang mengetahui website, situs, dan toko online yang mengetahui juga tentang apa itu SEO.

pengertian seo
Pada artikel kali ini, Sepokat Indonesia sudah rangkum tentang apa itu SEO untuk Anda. Sedikit lebih panjang jika membahas tentang SEO secara lengkap, di sini terdapat Sub judul lainnya yang mungkin Sepokat Indonesia rasa singkat untuk dibaca. Selengkapnya silahkan dibaca sampai habis.`

Apa itu SEO?

SEO berarti "optimisasi mesin pencari". Praktik ini melibatkan peningkatan kualitas dan kuantitas lalu lintas situs web, serta paparan merek Anda. Ini tentang memahami apa yang dicari orang secara online, jawaban yang mereka cari, kata-kata yang mereka gunakan, dan jenis konten yang ingin mereka temukan.

Manfaat SEO

SEO dapat membantu Anda meningkatkan peringkat Anda dalam hasil mesin pencari. Ini dapat memiliki dampak signifikan pada sasaran paling penting dari bisnis Anda, seperti meningkatkan prospek dan penjualan Anda.

SEO menargetkan traffic berkualitas

Salah satu keuntungan utama dari SEO adalah bahwa itu merupakan strategi pemasaran inbound. Tidak seperti iklan untuk menjangkau pengunjung, metode inbound dirancang untuk memudahkan audiens Anda untuk menemukan informasi. Ketika Anda fokus untuk menarik pengguna yang secara aktif mencari informasi tentang industri, produk, dan layanan Anda, Anda akan jauh lebih efektif dalam menjangkau audiens target Anda.

Anda tidak perlu membayar iklan dengan SEO

Peringkat organik Google didasarkan sepenuhnya pada apa algoritma menentukan sebagai hasil terbaik untuk setiap query yang diberikan. Ini dapat terus menarik lalu lintas ke situs Anda selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun) setelah publikasi.

Tentu saja, mencari dan menulis konten berkualitas tinggi membutuhkan investasi. Investasi ini akan mengambil bentuk waktu, jika Anda memilih untuk membangun sendiri, atau uang, jika Anda memilih untuk menyewa agen pemasaran digital untuk melakukan itu untuk Anda.

SEO mendapat lebih banyak klik daripada PPC

Meskipun iklan PPC muncul di atas peringkat organik, lebih dari 70% pencarian menghasilkan klik pada hasil organik di halaman pertama. Sulit untuk mengatakan mengapa ini terjadi, meskipun kesimpulan paling logis adalah bahwa pengguna mempercayai algoritma Google.

Mereka tahu iklan apa yang dibayar oleh pengiklan dan mereka memilih untuk mengunjungi halaman yang dianggap terbaik oleh mesin pencari. Tetapi apa pun alasan di baliknya, faktanya adalah mayoritas klik untuk setiap pencarian dikaitkan dengan hasil organik.

SEO membantu hubungan dengan pengunjung

Meskipun SEO dan hubungan pengunjung mungkin tampak seperti strategi pemasaran yang sepenuhnya terpisah, Anda dapat menggunakannya bersama untuk memaksimalkan hasil yang Anda capai.

Anda dapat mengalahkan banyak kompetitor

Saat ini, SEO secara luas dianggap sebagai subjek dari strategi pemasaran apa pun. Faktanya, lebih dari 60% pemasar mengatakan meningkatkan SEO dan kehadiran online mereka adalah prioritas utama.

Cara kerja SEO

Crawling

Ini adalah proses mengekstraksi semua halaman web yang terkait dengan situs web. Tugas ini dilakukan oleh software yang disebut crawler atau spider maupun Googlebot di search engine Google.

Indexing

Pengindeksan (Indexing) adalah proses pengindeksan untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan dalam database search engine. Pada dasarnya, proses ini adalah pengidentifikasian kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang memungkinkan halaman memasuki seach engine dengan kata kunci tertentu.

Processing

Ketika mesin pencari menerima permintaan dari pengguna, misalnya dengan kata kunci "manfaat SEO", mesin pencari melanjutkan dengan membandingkan kata kunci dari berbagai situs web yang sudah dilihat dan diindeks dalam seach engine.

Calculating Relevancy

Mesin pencari memproses dengan menghitung relevansi setiap halaman yang diindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

Retrieving Result

Langkah terakhir dari sistem mesin pencari adalah mengekstraksi hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang diproses sebelumnya dan kemudian menampilkannya dalam daftar hasil mesin pencari pada browser pengguna mesin pencari tersebut.

Dasar-dasar pada mesin pencari

Mesin pencari adalah mesin penjawab. Mereka menjelajahi jutaan konten dan mengevaluasi ribuan faktor untuk menentukan konten yang paling mungkin menjawab pertanyaan Anda.

Mesin pencari melakukan semua ini dengan mencari dan membuat katalog semua konten yang tersedia di Internet (halaman web, gambar, video, PDF dll.) melalui proses yang disebut analisis dan pengindeksan.

Hasil pencarian mana yang organik?

Hasil pencarian organik adalah yang diperoleh melalui SEO yang efektif dan tidak dibayar (bukan iklan). Sekarang, halaman hasil mesin pencari yang sering disebut "SERP" - penuh dengan format iklan yang lebih dinamis dan hasil organik hingga hari ini.

Penting untuk diingat bahwa mesin pencari menghasilkan uang dengan iklan. Tujuan mereka adalah untuk lebih baik menyelesaikan permintaan pencarian (di SERP), untuk mendapatkan kembali peneliti dan menjaga mereka lebih lama di SERPs.

Beberapa fitur SERP di Google bersifat organik dan dapat dipengaruhi oleh SEO. Perlu dicatat bahwa ada banyak fitur pencarian lain yang biasanya tidak dapat dipengaruhi oleh SEO. Fitur-fitur ini seringkali memiliki data yang diperoleh dari sumber data berpemilik, seperti Wikipedia.

Mengapa SEO itu penting?

Sebagian; iklan berbayar, media sosial, dan platform online lainnya dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web. Tetapi yang terbesar, lalu lintas online dihasilkan oleh mesin pencari. SEO menawarkan peluang lalu lintas sekitar 20 kali lebih banyak daripada PPC di gadget dan desktop.

Jika Anda memberikan konten padat yang layak di urutan teratas untuk kata kunci tertentu, lalu lintas Anda dapat meningkat seiring waktu, sementara iklan memerlukan dana berkelanjutan untuk mengirimkan lalu lintas ke situs Anda.

Mengoptimalkan situs Anda akan membantu memberikan informasi yang lebih baik ke mesin pencari sehingga konten Anda dapat diindeks dan ditampilkan dengan benar di hasil pencarian.

Haruskah membayar seseorang yang profesional atau jasa SEO untuk ini?

Anda dapat melakukan beberapa pekerjaan dasar SEO sendiri. Atau, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih suka bantuan ahli. Bagaimanapun caranya, tidak apa-apa!

Jika Anda akhirnya mencari bantuan seorang ahli, penting untuk mengetahui bahwa banyak organisasi dan konsultan "menyediakan layanan SEO", tetapi kualitasnya dapat sangat bervariasi. Mengetahui cara memilih perusahaan SEO yang baik dapat menghemat banyak waktu dan uang karena teknik SEO yang buruk sebenarnya dapat merusak situs Anda lebih daripada yang akan mereka bantu.

Apa itu White Hat dan Black Hat dalam SEO?

Secara umum, White Hat SEO mengacu pada praktik apa pun yang meningkatkan peringkat Anda di halaman Hasil Mesin Pencari (SERP) sambil tetap menjaga integritas situs web Anda dan sesuai dengan ketentuan layanan mesin pencari. Taktik ini tetap dalam batas yang ditentukan oleh Google.

Black Hat SEO paling sering didefinisikan sebagai praktik yang tidak disetujui yang dapat meningkatkan peringkat halaman pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Praktik ini bertentangan dengan peraturan dan pedoman mesin pencari yang dapat mengakibatkan situs web dilarang dari mesin pencari maupun situs afiliasi. Daftar taktik dan strategi yang digunakan oleh para praktisi Black Hat SEO telah dikritik secara publik dalam Pedoman Webmaster Google dan Bing Webmaster.

Mesin pencari akan membantu Anda dalam SEO

Mesin pencari ingin membantu Anda sukses. Bahkan, Google menawarkan panduan pemula untuk optimasi mesin pencari, Mereka juga sangat mendukung upaya komunitas SEO dan Konferensi pemasaran digital.

Google membantu webmaster dan para pegiat SEO melalui Forum Bantuan Pusat Webmaster dan sering juga menyelenggarakan Hangouts. Tetapi, Sepokat Indonesiangnya terdapat pula Bing yang menutup Forum Webmaster Bing pada tahun 2014.

Meskipun pedoman webmaster bervariasi dari satu mesin pencari ke mesin pencari lainnya, prinsip dasarnya tetap sama: jangan mencoba membodohi mesin pencari. Sebagai gantinya, beri pengunjung Anda pengalaman online yang luar biasa. Untuk melakukan ini, ikuti instruksi mesin pencari dan hormati niat pengguna.

Pedoman untuk Google Webmaster

Prinsip dasar:

  • Buat halaman khusus untuk pengguna, bukan mesin pencari.
  • Jangan menyesatkan pengguna Anda.
  • Hindari kiat untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.

Hal-hal yang harus dihindari:

  • Konten yang dihasilkan secara otomatis
  • Berpartisipasi dalam program tukar link
  • Buat halaman dengan sedikit atau tanpa konten asli (misalnya, disalin dari tempat lain)
  • Teks dan tautan tersembunyi

Pedoman untuk Bing Webmaster

Prinsip dasar:

  • Berikan konten yang jelas, mendalam, menarik, dan mudah didapat di situs Anda.
  • Buat judul halaman tetap jelas dan relevan.
  • Pengaruh sosial dan pembagian sosial adalah sinyal positif dan dapat berdampak pada peringkat organik jangka panjang Anda.
  • Kecepatan halaman itu penting, serta pengalaman pengguna yang positif dan berguna.
  • Gunakan atribut alt untuk menggambarkan penjelasan dengan gambar, sehingga Bing dapat lebih memahami konten.

Hal-hal yang harus dihindari:

  • Konten yang sedikit, halaman yang terutama menampilkan iklan atau tautan afiliasi.
  • Pastikan struktur URL baik, ringkas, dan bahwa kata kunci juga tersedisa pada URL. Pengaturan dinamis dapat mencemari URL Anda dan menyebabkan masalah duplikat konten.
  • Jadikan URL Anda deskriptif, pendek, kaya kata kunci bila memungkinkan, dan hindari karakter selain huruf.
  • Mengubur tautan dalam Javascript / Silverlight / Flash dan jauhkan konten dari itu juga.

Petunjuk untuk bisnis lokal Anda di Google

Untuk bisnis lokal seperti ini, Google telah menetapkan aturan untuk apa yang harus Anda lakukan dan tidak lakukan.

Prinsip dasar:

  • Pastikan Anda memenuhi syarat untuk indeks Google Bisnisku. Anda harus memiliki alamat fisik, bahkan jika itu adalah alamat rumah Anda, dan Anda harus melayani pelanggan secara langsung, baik di rumah (seperti toko ritel) atau di alamat mereka (seperti tukang ledeng).
  • Jujur dan akurat mewakili semua aspek data bisnis lokal Anda termasuk nama, alamat, nomor telepon, alamat situs web, kategori bisnis, jam operasi dan lainnya.

Hal-hal yang harus dihindari

  • Membuat daftar Google Bisnisku untuk entitas yang tidak memenuhi syarat
  • Representasi yang salah dari informasi bisnis inti Anda, seperti mengisi nama perusahaan Anda dengan kata kunci atau layanan geografi
  • Menggunakan kotak PO atau desktop virtual alih-alih alamat asli
  • menggunakan bagian ulasan Pemberitahuan Bisnis Google Sepokat Indonesia secara tidak tepat, melalui komentar positif palsu dari bisnis Anda atau negatif palsu dari pesaing Anda.
  • Kesalahan pemula yang berasal dari ketidakmampuan membaca detail pedoman Google

Tanggapi niat pengguna

Fokus pada pemahaman dan mewujudkan niat pengguna. Ketika seseorang mencari sesuatu, dia mendapatkan hasil yang diinginkan. Entah itu jawaban, tiket wisata, atau foto artis. Pekerjaan Anda dalam SEO adalah dengan cepat mengirimkan konten yang diinginkan kepada pengguna dalam format yang diinginkan.

Pastikan juga untuk mengevaluasi konten yang disediakan oleh pesaing teratas yang saat ini tidak Anda miliki. Menyediakan konten berkualitas tinggi yang relevan di situs web Anda akan membantu Anda mencapai peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian dan yang lebih penting membangun kredibilitas serta kepercayaan dengan audiens online Anda.

Sebelum melakukan semua ini, Anda harus terlebih dahulu memahami tujuan situs web Anda untuk menjalankan rencana SEO strategis.

Ketahui tujuan situs web maupun klien Anda

Setiap situs web berbeda, jadi luangkan waktu untuk memahami tujuan bisnis spesifik situs tersebut. Ini tidak hanya akan membantu Anda menentukan domain SEO yang perlu Anda fokuskan, melacak konversi dan menetapkan tolok ukur, tetapi juga menghapus poin percakapan untuk menegosiasikan proyek SEO dengan pelanggan, manajer, dll.

Berikut adalah beberapa indikator kinerja utama umum untuk membantu Anda memulai:

  • Penjualan
  • Download
  • Pendaftaran melalui email
  • Formulir kontak
  • Panggilan telepon

Dan jika perusahaan Anda memiliki komponen lokal, Anda juga ingin untuk mencantumkan Google Bisnisku. Ini bisa termasuk:

  • Klik untuk menelepon
  • Klik untuk membuka situs
  • Klik tombol panah untuk ke lokasi

Sampai disini pengertian tentang SEO Sepokat Indonesia rasa sudah cukup untuk dapat memberi Anda wawasan dan pandangan yang luas mengenai ini. Semoga bermanfaat.